Halo teman-teman! Menghitung hari kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha untuk mayoritas umat Islam di dunia. Hari Raya Idul Adha salah satu moment penting dalam merayakan peristiwa penting agama Islam ini, umat Muslim terutama di Indonesia juga ikut menyambut hari raya Idul Adha 2023 dengan penuh suka cita untuk menjalankan sholat Idul Adha 2023, namun mungkin kamu yang masih bingung kapan hari raya Idul Adha 2023 dilaksanakan? Nah berikut informasi shalat Idul Adha lebih jelas.

Di Indonesia, Idul Adha biasanya diperingati dengan sholat Id. Meskipun beberapa organisasi Islam di Indonesia kadang memiliki perbedaan hari dalam menentukan tanggal hari raya, tetapi tidak ada perbedaan tata cara pelaksanaan sholat Id. Biasanya, sholat Id dilakukan di Masjid. Tetapi, banyak juga yang melakukannya mushola, lapangan, bahkan alun-alun. Jika jumlah jamaah banyak, biasanya sholat Id dilakukan di lapangan, meskipun kebanyakan orang mengikuti pemerintah dalam penetapan hari raya ini, banyak juga yang memperingatinya lebih awal ataupun lebih akhir.

Setelah melaksanakan sholat Id, biasanya dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Meskipun ada juga yang menyembelih hewan kurban pada hari berikutnya sampai batas maksimal penyembelihan hewan kurban. Di beberapa daerah, warga mengumpulkan hewan kurbannya di masjid tempat mereka melaksanakan sholat Idul Adha. Tak lupa, takbir terus berkumandang dengan merdu dan lantang.

Kapan Shalat Idul Adha 2023 Menurut Pemerintah?

Di Indonesia, pemerintah ikut berperan penting dalam menentukan tanggal pelaksanaan shalat Idul Adha setiap tahunnya. Tanggal ini di tetapkan berdasarkan hasil pengamatan hilal atau atau bulan sabit sebagai penanda awal bulan Hijriyah. Pada tahun ini 2023, pemerintahan Indonesia menetapkan bahwa shalat idul Adha akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2023, namun perkiraan dari pemerintahan tetap perlu menunggu kepastian dari kementrian agama yang akan mengumumkan secara resmi.

Shalat Idul Adha Versi Muhammadiyah?

Selain penetapan dari pemerintah, terdapat pula organisasi keagamaan yang memiliki panduan tersendiri mengenai ketetapan shalat Idul Adha 2023. Salah satunya adalah Muhammadiyah, dilansir dari situs resmi Muhammadiyah bahwa berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, disebutkan bahwa tanggal 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023, sehingga Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Keputusan ini berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Hari Raya Idul Adha 2023 Menurut Nahdlatul Ulama (NU)?

Organisasi lainnya yang berpengaruh besar dalam pemutusan ketetapan hari besar di Indonesia adalah (NU) Nahdlatul Ulama, organisasi keagamaan ini juga memiliki ketetapan tersendiri dalam menentukan hari raya Idul Adha. Namun sejauh ini penetapan Idul Adha tahun 2023 NU belum menetapkan tanggal berapa Hari Raya Idul Adha 2023 dilaksanakan. Biasanya NU akan menunggu hasil keputusan sidang isbat yang yang dilakukan kemenag.

Panduan tentang penetapan kapan hari raya Idul Adha 2023 dilaksanakan dari pemerintahan hingga organisasi lainnya yang ada di Indonesia merupakan hasil dari riset yang dilakukan setiap lembaga dengan memperhitungkan hilal atau bulan sabit sebagai penanda awal bulan hijriyah dengan spesifikasi dari masing-masing lembaga yang terkait.

Baca juga :  Apa Fungsi Agama Dalam Kehidupan Manusia? Cari Tahu 5 Hal ini

NU merupakan salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia yang memiliki pengikut yang banyak, panduan dari NU menjadi acuan bagi jamaah yang mengikuti panduan dan fatwa dari organisasi ini.

Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha 2023

Selain mengetahui kapan shalat Idul Adha di laksanakan khususnya di Indonesia, juga penting bagi umat Muslim untuk mengetahui beberapa sunnah yang sebaiknya dianjurkan sebelum melaksanakan shalat tersebut. Berikut adalah beberapa sunnah yang di anjurkan sebelum shalat idul Adha :

1. Mandi Besar

Melaksanakan shalat haruslah seorang Muslim dalam keadaan bersih lagi rapi. Begitupun dengan shalat Idul Adha yang di lakukan sekali dalam setahun, yang merupakan shalat di hari yang penting bagi umat Muslim. Sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, disarankan untuk mandi besar. Mandi besar ini merupakan salah satu persiapan spiritual yang bisa membersihkan diri dari dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan semasa hidup.

2. Memakai Parfum

Memakai parfum atau wewangian adalah sunnah yang dianjurkan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha. Hal ini menjadi tanda bahwa umat Muslim sedang berusaha untuk tampil dengan penampilan terbaik di hadapan Allah.

3. Memakai Pakaian Bagus

Selain memakai parfum, memakai pakaian yang bagus juga menjadi sunnah sebelum shalat Idul Adha. Pakaian yang bersih dan rapi mencerminkan kehormatan dan rasa syukur umat Muslim dalam menjalankan ibadah.

4. Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha Selesai

Menghindari makan atau berpuasa sebelum shalat Idul Adha selesai adalah sunnah yang dianjurkan. Hal ini sebagai penghormatan pada ibadah shalat yang sedang dilaksanakan. Dengan menahan diri untuk tidak makan, umat Muslim menunjukan ketaatan dan kesabaran dalam menjalankan ibadah serta mengikuti tata cara yang telah ditentukan.

5. Mengumandangkan Takbir

Adapun sunah terakhir yang dianjurkan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha merupakan mengumandangkan takbir, seluruh kota di Indonesia mayoritas di momen ini akan serentak untuk mengumandangkan takbir sebelum masuk waktu shalat Idul Adha, biasanya shalat Idul Adha dilaksanakan pukul 6.30 tergantung pada wilayah masing di Indonesia. Takbir merupakan ungkapan syukur dan pengagungan kepada Allah yang biasanya dilantunkan secara bersama-sama oleh jamaah sebelum memulai shalat.

Sholat Idul Adha 2023sumber: unsplash.com

Dengan mengumandangkan takbir, umat Muslim mengingatkan diri mereka sendiri dan mengumumkan kebesaran Allah di hadapan orang lain.

Mengetahui kapan Hari Raya Idul Adha 2023 dilaksanakan? Secara universal yang telah tercantum pada kalender Indonesia mengacu pada tanggal 29 juni 2023, umat Muslim di Indonesia akan melaksanakan shalat Idul Adha di tahun 2023. Setelah kita membahas tentang tanggal pelaksanaan shalat Idul Adha 2023 dan panduan dari beberapa organisasi keagamaan terkait.

Shalat Idul Adha adalah momen yang sangat berarti bagi umat Muslim, dimana mereka merayakan pengorbanan Nabi Ibrahim dan menunjukkan kesetiaan dan ketaatan mereka kepada Allah SWT. Selain itu, sunnah-sunnah yang disebutkan sebelum shalat Idul Adha juga memberikan pedoman untuk persiapan dan penghormatan dalam menjalankan ibadah ini.

Semoga menjelang perayaan Idul Adha 2023, kita semua dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menjalankan shalat Idul Adha dengan khidmat, penuh keikhlasan, dan rasa syukur. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Selamat merayakan Idul Adha dan semoga kita selalu dalam lindungan dan rahmat-Nya.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.

One thought on “Wajib Tahu! Kapan Sholat Idul Adha 2023 Dilaksanakan”

Comments are closed.