Mengapa kita harus sholat 5 waktu

Halo teman-teman! Setiap orang yang beriman, wajib untuk menunaikan sholat lima waktu. Karena sholat merupakan salah satu pilar utama dalam agama Islam. Sebagai kewajiban yang ditetapkan oleh Allah SWT, sholat menjadi ibadah yang tidak bisa diabaikan oleh umat Muslim. Sholat tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi juga merupakan cara untuk menghubungkan diri dengan Allah SWT dan menjaga kedekatan dengan-Nya. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lima alasan mengapa kita harus menjalankan sholat 5 waktu, yang meliputi perintah Allah, hubungan spiritual, disiplin, refleksi, dan manfaatnya untuk menjaga kedekatan dengan Sang Pencipta.

Mengapa Kita Harus Sholat 5 Waktu?

Sholat adalah kewajiban bagi umat Islam, maka kita harus melaksanakannya. Rasulullah bersabda,”barang siapa yang melaksanakan sholat maka dia telah menegakkan agamanya dan barang siapa yang merobohkannya, berarti ia telah merobohkan agamanya”.

Sholat menurut bahasa artinya adalah doa. Sholat 5 waktu adalah shalat yang dikerjakan pada waktu tertentu, sebanyak lima kali sehari. Ibadah ini merupakan salah satu dari rukun Islam dan hukum shalat dalam agama Islam adalah fardu ain (wajib). Lima waktu sholat tersebut adalah Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Sholat lima waktu termasuk wajib di laksanakan, akan ada dosa besar jika seorang Muslim dengan sengaja meninggalkannya. Al-Quran dan hadist juga telah menjelaskan mengenai dosa dan kerugian seorang Muslim jika meninggalkan sholat. Berbeda dengan sholat sunnah sebagai anjuran yang menekankan bahwa “jika di kerjakan dapat pahala, namun jika tidak di kerjakan tidak berdosa”. Sholat sunnah ini termasuk juga pada sholah hari raya Idul Adha, dan sholat sunnah lainnya.

Ibadah sholat lima waktu ini memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam, karena merupakan bentuk komunikasi langsung antara hamba dan Sang Pencipta. Selain itu, masih banyak alasan yang menguatkan kita sebagai umat Muslim untuk tetap beribadah dan menunaikan shalat lima waktu dalam kehidupan kita diantaranya :

Perintah Allah

Dalam Islam, setiap umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan sholat 5 waktu sesuai dengan perintah yang di turunkan Allah melalui Rasulullah.

Dalil menunaikan sholat tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 149, yang berbunyi :

“Dan dari mana saja engkau keluar (untuk mengerjakan solat) hadapkan lah mukamu ke arah Masjidil Haram (Kaabah). Sesungguhnya perintah berkiblat ke Kaabah itu benar dari Allah (tuhanmu) dan ingatlah Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan”.

Bahkan, menunaikan sholat lima waktu tersebut merupakan amalan pertama kali dihisab atau di hitung di hari akhir nanti setelah kita meninggal.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda :

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ

فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى انَظَرُوْا هَلْ

لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ .

وَفِي رِوَايَةٍثُمَّ الزَّكَاةُ مِثْلُ ذَلِكَ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ حَسَبَ ذَلِكَ

Artinya : “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.” Dalam riwayat lainnya, ”Kemudian zakat akan (diperhitungkan) seperti itu. Kemudian amalan lainnya akan dihisab seperti itu pula.” (HR. Abu Daud no. 864, Ahmad 2: 425, Al-Hakim 1/262, Baihaqi 2/386).

Baca juga :  Apa itu Buah Nipah? Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Maka berdasarkan hadist tersebut, seorang muslim wajib dalam menunaikan sholat berdasarkan ketentuan waktu yang telah di tentukan dan dilaksanakan dengan kedisiplinan sebagai seorang muslim yang taat.

Menghubungkan Diri Dengan Allah

Sholat juga memiliki peran penting dalam membentuk disiplin diri, dimana sholat merupakan sarana komunikasi bagi jiwa manusia dengan Allah SWT sebagai tempat pengaduan dan meminta pada Yang Maha Kuasa.

Setiap gerakan sholat mengajarkan kita tentang kehinaan dan ketergantungan diri pada-Nya. Dalam setiap sujud, kita merendahkan diri dihadapan-Nya, mengakui segala kekurangan dan kesalahan. Melalui sholat, kita dapat mencurahkan isi hati, dan memohon ampunan, dan memperkuat hubungan batin dengan Sang Pencipta.

Menjaga Kedekatan Dengan Allah

menjaga kedekatan diri pada allah

Sholat lima waktu memainkan peran penting dalam menjaga kedekatan dengan Allah. Ketika kita meluangkan waktu untuk beribadah dan menghadap hingga berkomunikasi dengan-Nya secara rutin, kita akan merasakan kehadiran-Nya yang semakin dekat dalam setiap aspek kehidupan.

Saat seorang muslim menjalankan sholat, kita diberikan kesempatan untuk memperkuat hubungan batin dengan Allah SWT dan merenungkan nikmat serta karunia yang di berikan-Nya dalam kehidupan kita.

Disiplin dan Konsisten

Seperti yang di sebutkan di atas, sholat merupakan fardu ain, itu artinya dalam menunaikan sholat haruslah disiplin dan konsisten di setiap waktu yang telah di tentukan.

Sholat lima waktu mengajarkan kita tentang nilai disiplin dan konsisten dalam beribadah. Kedisiplinan umat Muslim dalam mengatur jadwal harian yang baik dapat membantu menghindari diri dari kebiasaan menunda-nunda ibadah dan menempatkan sholat dalam prioritas utama.

Dengan menjalankan sholat lima waktu secara konsisten, kita dapat melatih diri untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan teratur dalam menjalani kehidupan.

Refleksi dan Introspeksi

Sholat lima waktu memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk merefleksikan dan berintrospeksi diri. Dalam kehidupan yang penuh dengan kesibukan dan distraksi, sholat menjadi momen untuk merenungkan perbuatan serta niat dalam kehidupan yang kita jalani.

Saat melaksanakan wudhu dan menunaikan sholat dengan berdiri di hadapan-Nya, kita diingatkan untuk meninggalkan dunia sementara dan fokus pada introspeksi diri serta hubungan dengan Sang Pencipta. Sholat menjadi sarana untuk memperbaiki diri dan bertumbuh dalam keimanan.

Itu lah beberapa alasan mengapa seseorang yang beragama Islam wajib dalam menunaikan sholat lima waktu dalam keseharian.

Sholat lima waktu memiliki banyak alasan mengapa harus diutamakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari perintah Allah hingga manfaat spiritual dan kehidupan, sholat menjadi tiang agama dan wujud kesetiaan seorang Muslim kepada Sang Pencipta. Dengan melaksanakan sholat lima waktu, kita menghubungkan diri dengan Allah, menjaga kedekatan dengan dalam setiap langkah hidup, dan memperkuat ikatan batiniah dengan Allah SWT.

Selain itu barang siapa umat Muslim yang menunaikan sholat menjadi obat hati sebagai wadah merefleksikan diri sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dekat dengan Allah SWT.

Mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita dengan menjalankan sholat lima waktu dengan sepenuh hati dan kesadaran. Dengan begitu, kita akan merasakan kehadiran-Nya yang penuh kasih dalam setiap langkah kehidupan kita.

Semoga artikel ini Bermanfaat dan memberikan ketenangan hari bagi kita sebagai umat Muslim.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.