Setiap orang miliki kebebasan dan mempraktikan agama yang mereka yakini, kepercayaan agama seseorang biasanya di latarbelakangi oleh keluarga dan pendidikan. Ada banyak agama di dunia,  kepercayaan pada setiap agama yang berbeda pada praktek dalam ibadahnya. Termasuk pada pandangan agama Kristen yang meyakini akan peristiwa yang penting dalam agama Kristen sebagai hari Kenaikan Isa Almasih kesurga.

Oleh karena itu kenaikan yesus adalah salah satu ajaran penting dari agama ini, namun ajaran agama Kristen juga didasarkan pada ajaran-ajaran yesus dan peristiwa-peristiwa dalam kehidupannya.

Istilah “Kenaikan Isa Almasih” atau Kenaikan Kristus merujuk pada peristiwa dalam agama Kristen di mana Yesus Kristus dikatakan telah naik ke surga setelah kebangkitannya dari kematian. Kenaikan ini dianggap sebagai tanda kekuasaan dan keunggulan janji-Nya untuk kembali ke Bapa di surga setelah menyelesaikan tugas-tugasnya di dunia.  Menurut Kitab Suci, setelah Yesus bangkit dari kematian, dia muncul beberapa kali kepada murid-murid-Nya dan orang-orang lain selama 40 hari sebelum akhirnya naik ke surga.

Kenaikan Isa Almasih menjadi salah satu peristiwa penting dalam kekristenan karena menandakan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah yang diutus ke dunia untuk menebus dosa manusia dan memperkenalkan manusia kepada Allah. Kenaikan Yesus juga mengarah pada kenaikan Roh Kudus pada hari Pentakosta, yang memungkinkan para murid untuk menjadi penginjil yang efektif dan memulai penyebaran ajaran Yesus Kristus ke seluruh dunia.

Sebagai bagian dari keyakinan Kristen, kenaikan Isa Almasih diperingati setiap tahun pada Hari Kenaikan, yang jatuh pada hari Kamis ke-40 setelah Paskah. Hari tersebut adalah hari libur di beberapa negara Kristen dan dirayakan dengan ibadah dan perayaan khusus. Hari peringatan kenaikan yesus kristus sering dirayakan dengan ibadah Gereja khusus yang mencakup doa-doa, bacaan Alkitab, dan mazmur-mazmur khusus. Beberapa Gereja juga melakukan prosesi khusus untuk memperingati kenaikan Kristus. Di beberapa negara, hari peringatan ini menjadi hari libur nasional.

Perbedaan Hari Paskah Dan Kenaikan Isa Almasih

Hari paskah dan kenaikan Isa Almasih merupakan dua perayaan penting dalam agama Kristen yang di rayakan oleh umat kristiani di seluruh Dunia. Hari paskah pada umat kristiani merupakan hari yang penting dimana sebagai hari perayaan kebangkitan yesus kristus dari kematian, hari paskah jatuh pada hari minggu setelah purnama paschal (purnama paschal yang terjadi setelah 21 Maret). Selain di peringati hari kebangkitan kristus,  hari paskah juga menandai akhir dari masa pra-paskah yang dimulai hari rabu abu.

Walaupun kedua perayaan ini terkait dengan kehidupan yesus kristus, namun ada beberapa perbedaan pada kedua Hari perayaan di antaranya :

  1. Hari paskah merupakan Hari perayaan yang paling penting dalam agama Kristen, sedangkan perayaan Isa Almasih lebih jarang dirayakan
  2. Hari paskah di rayakan pada hari minggu pertama setelah bulan purnama menyusul titik awal musim semi, umumnya sekitar akhir maret hingga pertengahan April. Sedangkan kenaikan Isa Almasih dirayakan 40 hari setelahnya pada hari kamis.
  3. Hari paskah menandakan perayaan kebangkitan yesus kristus dari kematian, sedangkan  hari Isa Almasih merayakan saat yesus naik ke surga setelah berada di bumi.

Perbedaan ini menunjukan bahwa hari paskah dan kenaikan Isa Almasih memiliki makna yang unik di setiap perayaan, dan merupakan hari perayaan yang penting bagi umat Kristen.

Baca juga :  7 Ayat Alkitab Tentang berjuang yang Wajib Kamu tahu

5 Tradisi Saat Hari Peringatan

Hari peringatan kenaikan Isa Almasih merupakan salah satu hari perayaan penting dalam agama Kristen, di berbagai belahan dunia hari peringatan di lakukan dengan berbagai cara, di Indonesia masing-masing daerah miliki cara tersendiri dalam perayaan. Adapun 5 tradisi yang biasa di lakukan pada hari peringatan kenaikan isa Almasih :

Kebaktian Gereja

Tradisi yang satu ini sesuatu yang tidak asing di indonesia, sebagian umat Kristen dan katolik di indonesia merayakan Hari kenaikan Isa Almasih di Gereja. Hari peringatan penting ini biasanya dirayakan dengan pelayanan Gereja, kebaktian atau pelayanan Gereja di lakukan di pagi hari dengan dimulai membaca doa bersama, membaca kitab suci, khotbah, dan pujian kepada Tuhan.

Prosesi atau Perarakan

Tradisi ini di lakukan oleh sebagian Gereja di Indonesia, dengan melakukan pengibaran bendera Gereja dengan membawa salib, di ikuti pengibaran bendera nasional. Proses prosesi diikuti oleh jemaat dari Gereja ke tempat suci lainnya yang telah di tentukan.

Di hari yang sama, para kristiani akan melakukan perayaan liturgi bersama seorang pastur yang berperan memimpin Gereja, perayaan ini dinamakan perayaan liturgi Gereja.

Pemahaman Alkitab

Pada hari peringatan Isa Almasih, umat kristiani melakukan pemberkatan dengan mengamalkan kitab suci yang memberikan bimbingan dn penghiburan yang menguatkan hati. Pemahaman alkitab ini sebagaimana umat kristem melakukan pengampunan dosa dan meminta keselamatan pada kehidupan kedepannya.

Pujian dan Penyembahan

Beberapa Gereja mengadakan persembahan tarian atau musik sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan pada Hari Peringatan Kenaikan Isa Almasih. Biasanya, persembahan ini dilakukan oleh kelompok anak-anak dan remaja Gereja sebagai bentuk pujian  kepada tuhan.

Peringatan dalam Keluarga

Tradisi ini umumnya di lakukan banyak kristiani di Indonesia, pada hari kenaikan Isa Almasih yang di manfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, kemudian mengadakan doa bersama dengan saling mendoakan dalam keluarga dan ditutup dengan pesta makan bersama yang dilakukan setelah acara misa dari Gereja. Disuguhi dengan berbagai makanan yang lezat dan enak.

Nah, itulah beberapa tradisi yang di lakukan kristiani Saat Hari Peringatan Kenaikan Isa Almasih, semoga informasi ini bermanfaat. Selamat merayakan Hari Kenaikan yesus untuk kamu yang merayakannya!

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.