Malaikat agung

Mendalami agama Kristen Anda akan bertemu dengan ajaran agama yang berbeda diantaranya yakni Kristen Protestan dan Kristen katolik, walaupun kedua ajaran memiliki perbedaan namun berasal dari satu ajaran yang sama yakni Kristen. Sama halnya dengan agama yang lain, agama Kristen memiliki malaikat agung yang dikenal sebagai para pemimpin tingkat tertinggi dari malaikat-malaikat lainnya.

Didalam ajaran agama Katolik, keberadaan malaikat merupakan hal yang sangat penting. Malaikat di anggap sebagai makhluk spiritual yang memiliki tugas istimewa dalam hubungan Tuhan dan umat manusia.  Setiap malaikat memiliki peran dan tugas khusus yang berpengaruh besar dalam pelaksanaan rencana ilahi. Maka dari itu, sebagai umat Kristen kita wajib mengenal 7 malaikat agung ini beserta tugas-tugas yang mereka lakukan dalam ajaran agama katolik.

7 Nama-Nama Malaikat Agung dan Tugasnya

Siapa sajakah yang dimaksud dengan ketujuh malaikat agung di atas?

Malaikat agung Katolik merupakan pelayan Tuhan yang di tugaskan khusus dalam mengatur dan menjaga setiap umat manusia. Keberadaan malaikat merupakan kebenaran iman, kesaksian kitab suci. Seperti yang di jelaskan dalam alkitab berikut tentang Malaikat agung dalam agama Katolik.

Matius 16:27

Sebab anak manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya, pada waktu itu ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Lukas 4:10

Sebab ada tertulis “Mengenai Engkau, ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau”.

Inilah 7 nama-nama malaikat agung di dalam agama Katolik beserta peranan masing-masing:

1. Malaikat Agung Mikhael

Malaikat Agung Mikhael
sumber : shutterstock

Malaikat Agung Mikhael merupakan salah satu malaikat yang memiliki kedudukan tertinggi di antara semua malaikat. Namanya sendiri memiliki arti “siapa yang seperti Allah?” yang  mencerminkan kesetiaan dan pengabdian Mikhael kepada Sang Pencipta.

Mikhael juga dikenal sebagai malaikat keadilan, Ia adalah malaikat perang yang melawan iblis dan pengikutnya. Tugas utamanya adalah sebagai pemimpin dari pasukan surga yang melawan kekuatan jahat, yang dipercayai akan menjadi pemimpin bala tentara surga pada saat pertempuran akhir di akhir zaman melawan kekuatan jahat.

Dalam Wahyu 12:7  “Dan terjadilah perang besar di surga, Mikhael dan malaikat malaikatnya bertarung melawan naga”.
Ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Kerub yang menjaga pohon kehidupan. Ia dapat di mohon untuk bertarung melawan iblis, menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka pada saat ketika manusia akan meninggal.

2. Malaikat Agung Rafael

Malaikat Rafael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Di kenal sebagai malaikat penyembuh, Ia adalah penjaga sakramen Tobat, Rafael di gambarkan membawa waduk minyak pengurapan dan ikat yang melambangkan penyembuhan bagi umat manusia melalui sakramen pengakuan dosa.

Rafael bertanggung jawab atas penyembuhan rohani dan jasmani bagi umat manusia. Dalam kitab Tobit, Rafael membimbing mereka dalam proses penyembuhan, dengan mengajarkan tentang pentingnya doa, cinta kasih dan kasih sayang.

3. Malaikat Agung Gabriel

Malaikat Agung Gabriel
sumber: shutterstock

Malaikat Agung Gabriel adalah malaikat yang sering kali dihubungkan dengan misi istimewa dari Allah. Nama Gabriel itu sendiri adalah membawa kebenaran, harapan dan perubahan.

Gabriel adalah malaikat yang tugasnya menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia, salah satu pesan yang Ia sampaikan adalah berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria (Lucas 1:19,26)

Baca juga :  5 Kegiatan Penting Saat Lebaran Idul Adha 2023 di Indonesia

Malaikat Gabriel adalah malaikat Inkarnasi, penjaga sakramen Baptis dan malaikat belas kasihan, Ia seringkali di gambarkan memegang bunga lili yang melambangkan jiwa murni yang dihasilkan dari sakramen baptis dan taubat.

4. Malaikat Agung Uriel

Malaikat Uriel adalah malaikat yang membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus melalui sakramen krisma. Ia membawa api untuk mengingatkan akan turunnya Roh Kudus pada pentakosta dan bara yang merupakan karunia Roh. Uriel juga membawa pedang menyala yang menjaga taman Eden.

Legenda juga mengatakan bahwa Uriel berdiri di pintu gerbang The Lost Eden dengan pedang berapi-api dengan sayapnya yang beraura emas keunguan. Dikatakan Uriel merupakan salah satu malaikat yang meratakan kota Sodom dan Gomora menjadi abu berdasarkan perintah Tuhan untuk penghakiman terhadap manusia-manusia yang melanggar perintah-Nya.

5. Malaikat Agung Yehudiel

Malaikat Yuhudiel adalah malaikat yang bertanggung jawab sebagai penolong umat manusia di saat kematian, dan penjaga Sakramen Pengurapan orang sakit. Malaikat Yuhudiel di gambarkan sebagai pembawa sebuah mahkota yang penuh pengampunan dan penebusan belas kasih serta kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya.

6. Malaikat Agung Barachiel

Barachiar adalah malaikat yang dikenal sebagai malaikat berkat dan malaikat ini juga merupakan pemimpin semua malaikat penjaga.

Barachiel memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan dalam doa di hadapan Tuhan untuk orang yang membutuhkan, meminta Tuhan untuk memberi mereka berkat di semua bidang kehidupan mereka, dari hubungan mereka dengan keluarga dan teman-teman untuk pekerjaan yang mereka jalani di dunia. Umat manusia meminta bantuan Barachiel mengejar kesuksesan di dunia. Karena Barachiel juga merupakan pemimpin dari malaikat penjaga, maka manusia terkadang meminta bantuan Barachiel untuk menyampaikan berkat melalui salah-satu malaikat penjaga pribadi mereka.

Barachiel juga sering kali di gambarkan, menyebarkan kelopak mawar yang melambangkan berkat-berkat manis Allah yang menghujani orang-orang, atau memegang mawar putih ke dadanya. Kemudian, kadang-kadang gambar Barachiel menunjukan Ia memegang salah satu keranjang yang penuh roti, atau staf, keduanya melambangkan berkat-berkat menghasilkan anak-anak yang tuhan berikan kepada orang tua.

7. Malaikat Agung Sealtiel

Malaikat Sealtiel adalah salah satu dari 7 Malaikat agung dalam tradisi agama Katolik, Santo Sealtiel merupakan malaikat agung yang bertugas menghadapkan doa-doa umat manusia kepada Tuhan. Sealtiel juga di gambarkan sebagai lambang doa penghubung antara manusia dengan Tuhan, dan berperan sebagai penjaga Misa Kudus.

Melalui artikel ini, kita telah memahami mengenai 7 nama-nama malaikat beserta tugasnya menurut agama Katolik. Melalui artikel ini kita memahami tentang keberagaman iman dan keyakinan, kepercayaan akan keberadaan malaikat dan juga pengabdiannya menjadi bagian penting dalam agama Katolik. Setiap malaikat agung memiliki tugas dan peran penting dalam membantu umat manusia dan melayani Tuhan.

Kehadiran malaikat mengingatkan kita akan kasih dan perhatian Tuhan, mengajarkan pentingnya berdoa, dan meneladani sikap-sikap seperti kesetiaan, kasih, dan ketaatan kepada Tuhan.

Artikel ini mengajak kita untuk saling menghormati dalam keberagaman iman, bersyukur atas berkat dalam hidup, dan menyayangi sesama. Dengan menghayati pesan-pesan yang tersirat dalam tugas-tugas malaikat, kita dapa memperkaya pengalaman rohani dan meningkatkan keimanan spiritual kita dalam perjalanan hidup kita.

Semoga bermanfaat.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.