10 Malaikat dan tugasnya

Halo sobat Muslim! Terimakasih sudah mengunjungi blog kami. Sebagai seorang Muslim tentu kita selalu ingin memperbaiki diri dan menggali ilmu agama lebih dalam  lagi guna mendekatkan diri dengan Sang pencipta yaitu Allah SWT.

Salah satu pilar dalam agama Islam adalah kepercayaan akan adanya malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah yang tidak terlihat oleh mata manusia, namun memiliki peran yang sangat krusial dalam menjalankan tugas-tugas yang telah ditentukan-Nya. Ada 10 malaikat dan tugasnya di percayakan oleh Allah untuk memberikan pedoman dan ajaran kepada manusia di muka bumi. Hal ini juga tersirat dalam rukun iman yang ada di agama Islam tentang iman kepada para malaikat.

Malaikat berarti kekuatan, malaikat berasal dari bahasa arab yaitu bentuk jamak dari kata malak yang berarti “kekuatan” atau (al-alukah) yang berarti tugas atau misi. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah dari cahaya (nur) yang mempunyai kedudukan dan tugas tertentu sesuai ketetapan dan perintah Allah dengan dikaruniai kekuatan penuh untuk melaksanakannya.

Dalam artikel ini kita akan mengenal tentang 10 malaikat yang memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing yang wajib diketahui oleh umat Muslim. Berikut penjelasannya.

10 Malaikat dan Tugasnya

Penting bagi umat Islam untuk memiliki pengetahuan tentang jumlah malaikat yang wajib di ketahui. Jumlah malaikat yang pasti tidak bisa di hitung, bahkan sangat banyak melebihi jumlah manusia, tidak ada yang tahu persis berapa jumlah pasti dari malaikat kecuali Allah SWT. Namun, Allah memerintahkan ada 10 malaikat yang di tugaskan untuk mengatur urusan dunia. Dan diantara sekian banyaknya malaikat itu, terdapat 10 malaikat dan tugasnya yang wajib untuk umat Muslim ketahui.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah salah satu malaikat terkemuka dalam Islam, sebagai umat Islam kita sangat familiar dengan malaikat Jibril beserta tugasnya di dunia. Namun, sebagian umat Muslim masih ada yang belum mengenal tugas dari malaikat Jibril tersebut.

Tugas utama malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah kepada para rasul-Nya. Wahyu tersebut berupa ayat-ayat Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Malaikat Jibril juga dikenal sebagai ar-Ruhul Amin (roh yang dipercaya) karena kepercayaan dan amanah yang tinggi dari Allah.

Sementara itu, Nama Jibril termasuk dalam surat Al-Baqarah, ayat 97-98 yang berbunyi  katakanlah “barang siapa yang menjadi musuh Jibril, yang telah menurunkan (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah dengan pembenaran kitab-kitab sebelumnya yang menjadi petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Maka siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril, dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir” Tafsir Ibnu Katsir.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertanggung jawab atas urusan rezeki atau pemberian rezeki kepada seluruh makhluk Allah. Ia memiliki peran penting dalam mendistribusikan rezeki sesuai dengan ketentuan-Nya. Selain itu, Malaikat Mikail juga bertugas mengatur cuaca dan iklim di muka bumi, menjaga keseimbangan alam.

Tafsir yang menyebutkan nama Mikail juga tercantum pada surat Al-Baqarah ayat 98.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas yang sangat khusus, yaitu meniup terompet sangkakala pada hari kiamat tiba. Tugas ini adalah tanda bagi seluruh makhluk hidup bahwa kehidupan di dunia akan berakhir dan hari pembalasan telah tiba.

Adapun jumlah tiupan yang di lakukan malaikat Israfil pada hari pembalasan tiba sebanyak 3 kali, dimana tiupan pertama menimbulkan kekuatan peringatan, kemudian tiupan kedua mematikan semua makhluk hidup, dan tiupan terakhir ke 3 membangkitkan kembali semua makhluk hidup di padang mahsyar nantinya.

Baca juga :  Apa Sejarah Makna Maulid Nabi Muhammad SAW?

 4. Malaikat Izrail

malaikat pencabut nyawa
sumber : freepict

Ketika manusia berada dalam sakaratul maut di situlah malaikat Izrail melakukan tugasnya. Malaikat Izrail memiliki tugas yang tidak bisa di hindari oleh manusia. yaitu mencabut nyawa setiap makhluk yang telah di tetapkan ajalnya oleh Allah SWT.

Malaikat Izrail bekerja dengan tugasnya secara kepatuhan dan tanpa pengecualian, dan menjadi penginggat bahwa kematian adalah bagian dari takdir-Nya.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar berperan dalam menguji roh manusia setelah kematian. Ia akan datang ke alam kubur (barzah) untuk mengajukan pertanyaan mengenai keyakinan, keimanan, dan amal perbuatan yang telah dilakukan selama kehidupan di dunia.

Tugasnya ini merupakan salah satu ujian berat bagi setiap individu di akhirat. Karena tidak ada satu pun orang atau makhluk lainnya yang dapat menolong tugas malaikat Munkar dan jika mana seseorang yang tidak pernah melakukan perintah Allah di kala kehidupannya di dunia maka Malaikat Mungkar telah mempersiapkan tempat yang bagi orang-orang kafir untuk menjadi penghuni neraka.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir juga memiliki tugas serupa dengan Malaikat Munkar. Ia datang bersama Malaikat Munkar untuk menguji roh manusia di alam kubur. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh keduanya akan membuka lembaran kehidupan seseorang di dunia setelah kematian.

Hasil dari pertanyaan yang di ajukan malaikat Mungkar dan Nakir tergantung pada amal perbuatan yang setiap manusia lakukan di muka bumi. Mereka tidak akan menjawab dengan satu panca indra seperti mulut, namun setiap pertanyaan akan diwakilkan jawabannya melalui semua panca indra yang ada pada manusia.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas mencatat segala amal perbuatan manusia. Ia berada di sebelah kanan manusia untuk mencatat amal kebaikan yang dilakukan manusia di muka bumi dalam kehidupannya, perbuatan baik sekecil apapun bahkan perbuatan baik yang berdampak besar.

Sedangkan Malaikat Atid berada di sebelah kiri untuk mencatat amal perbuatan buruk. Catatan inilah yang akan dijadikan bukti di hari pembalasan kelak.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid, seperti disebutkan sebelumnya, mencatat amal perbuatan buruk manusia. Sekecil mau pun sebesar apapun perbuatan buruk yang dilakukan manusia akan tercatat secara detail olehnya. Tugasnya adalah memberikan laporan tentang semua yang telah dilakukan oleh manusia di hadapan Allah.

Namun, jika seorang manusia berniat buruk ini tidak akan berlaku kecuali dia benar-benar melakukan sesuatu yang buruk, jika kemudian dia memutuskan untuk tidak melanjutkan niat perbuatan jahatnya, maka perbuatan itu sendiri adalah perbuatan baik dan akan di catat seperti demikian.

9. Malaikat Malik

Tugas malaikat Malik adalah penjaga neraka. Sebagai malaikat dengan tugas yang menakutkan manusia untuk mengawasi para penghuni neraka dalam menjalankan hukuman atas mereka sesuai dengan perintah Allah. Ia juga menjaga pintu neraka dan memastikan bahwa tidak ada pelanggaran hukum.

Ketika manusia melakukan tidak pernah melakukan perintah Allah semasa di kehidupan dunia dan tidak mengamalkan setiap ajaran agama Islam, maka Allah telah mempersiapkan neraka bagi mereka yang mengkhianati Allah di akhirat setelah hari pembalasan tiba.

10. Malaikat Ridwan

surga
Sumber : detik.com

Sebaliknya, tugas malaikat Ridwan adalah penjaga surga. Tugasnya adalah menjaga pintu surga dan menyambut para penghuni surga dengan penuh kasih dan kebaikan. Ia juga berperan dalam memastikan kebahagiaan dan kenikmatan bagi para penghuni surga.

Ketika manusia melakukan perintah Allah semasa di kehidupan dunia dan mengamalkan setiap ajaran agama Islam, maka Allah telah mempersiapkan surga di akhirat setelah hari pembalasan tiba, dimana kehidupan akhirat berupa surga merupakan kehidupan yang kekal dan abadi.

Malaikat adalah makhluk Allah yang memiliki peran dan tugas yang sangat penting dalam agama Islam. Setelah kita mengenal dari 10 malaikat beserta tanggung jawab besar dalam menjalankan perintah-Nya adalah hal penting bagi umat Islam dalam memperbaiki spiritual pendekatan dengan Allah SWT.

Semoga pengetahuan tentang 10 malaikat dan tugasnya ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang keagungan ciptaan Allah.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.