Malaikat Mikhael

Dibalik kehidupan manusia di muka bumi, ada keyakinan akan adanya makhluk halus atau goib yang berada di alam semesta. Dalam berbagai agama, malaikat adalah salah satu entitas rohaniah yang menduduki peran penting sebagai perantara antara Tuhan dan makhluk-Nya. Salah satu malaikat yang diakui dan dihormati dalam agama besar saat ini adalah Malaikat Mikhael.

Anda mungkin belum mengenal nama Michael. Namun siapakah Ia sebenarnya dan bagaimana kedudukannya di hadapan Tuhan dalam agama Kristen? Malaikat Mikhael adalah salah satu dari 7 malaikat agung yang ditugaskan Tuhan untuk membantu kehidupan manusia, Ia adalah malaikat yang memiliki kedudukan paling tinggi diantara malaikat lainnya di hadapan Tuhan. Mikhael sering di gambarkan sebagai malaikat perang dengan pedang dan perisai, yang siap untuk bertempur melawan kejahatan

Mengetahui tentang malaikat pemimpin dari semua malaikat dan pemimpin bala tentara Tuhan, sangat penting bagi umat Kristen. Malaikat Mikhael sangat relevan dengan kehidupan kita di bumi.

Kitab Perjanjian Lama

Kitab perjanjian lama merupakan bagian penting dari Alkitab Kristen, yang di temukan dalam kitab Ibrani. Malaikat Mikhael dalam Alkitab Ibrani (perjanjian lama) disebutkan sebanyak dua kali, semuanya dalam kitab Daniel. Kitab Daniel merupakan salah satu kitab dalam perjanjian lama, Alkitab Kristen.

Dalam kitab Daniel, St Mikhael di sebutkan dua kali, Pertama kali sebagai orang yang membantu Daniel.

Daniel 10:13-12, Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku, tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.

Dan berikutnya kali kedua Mikhael disebutkan sehubungan dengan akhir zaman, ketika dia akan berdiri untuk “umatnya”.

Daniel 12:1, Daniel di beritahu bahwa Mikhael akan bangkit selama”akhir zaman” mendampingi anak-anak bangsamu.

Kitab Perjanjian Baru

Peran malaikat Mikhael juga terdapat dalam kitab perjanjian baru dalam Alkitab Kristen. Dalam perjanjian baru namanya dapat di temukan pada surat Yudus 1:9 “Mikhael disebut sebagai “malaikat utama” ketika perselisihan bertengkar dengan iblis”.

dan selanjutnya Mikhael juga di sebutkan dalam kitab perjanjian baru surat wahyu 12:7-9 “menggambarkan perang di sorga dan Mikhael berperang melawan naga yang disebut Satan (iblis), dalam perperangan Mikhael dapat mengalahkan Satan”.

Setelah perperangan tersebut Satan (iblis) dilemparkan ke bumi, dimana dia yang disebut Satan (iblis) masih mencoba untuk menyesatkan manusia di seluruh dunia.

Malaikat Mikhael Sang Penghulu Malaikat

Kata “Penghulu malaikat” hanya muncul dalam dua ayat Alkitab, yang pertama Tesolanika 4:16 mengatakan “sebab waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru, dan Allah mengatakan, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit.”

Mikhael adalah satu-satunya malaikat yang diperkenalkan sebagai penghulu malaikat (Yudas 9). Namun, Daniel 10:13 menggambarkan Mikhael sebagai salah satu “pemimpin-pemimpin terkemuka”. Ini mungkin menyatakan bahwa ada lebih dari satu penghulu malaikat, karena pernyataan ini menempatkan Mikhael pada derajat yang sama dengan para “pemimpin terkemuka” lainnya.

Mikhael di anggap sebagai Sang Penghulu Malaikat, yang memiliki tanggung jawab penting dalam mengembangkan tugas-tugas istimewa Tuhan.

Pemimpin Pasukan

malaikat Mikhaer pemimpin pasukan surga
sumber :shutterstock

Mikhael sebagai pemimpin pasukan yang diberi julukan “Sang penjuru”, Mikhael disebutkan dalam Alkitab pada kitab Daniel, Yudas, dan Wahyu, sebagai malaikat pendekar yang bertempur secara rohani. Mikhael juga dijuluki sebagai Sang penjuru malaikat berarti malaikat yang tertinggi. Sebagian besar malaikat dalam Alkitab digambarkan sebagai pembawa pesan, namun Mikhael digambarkan sebagai pemimpin pasukan dalam berjuang, bertempur, atau menentang roh jahat dan kuasa-kuasa gelap (Daniel 10:13,21; Yudas 1:9; Wahyu 12:7).

Baca juga :  7 Hal Tentang Sejarah Gereja Protestan yang Perlu Kamu Tahu

Sebagai komandan bala tentara surga, tugas malaikat Mikhael memimpin pasukan malaikat di Surga. Dia dikatakan sebagai seorang pejuang, melindungi Surga dari kejahatan. Malaikat Tertinggi Mikhael telah memimpin para malaikat dalam pertempuran melawan Iblis dan para malaikat yang jatuh, mengusir mereka dari Surga. Dia terus memimpin perang melawan kejahatan dan melindungi Surga hingga pertempuran akhir zaman.

Meskipun Mikhael sangat kuat, Mikhael masih sepenuhnya tunduk pada Tuhan. Ketaatannya kepada Tuhan sangat jelas dalam Yudas 1:9. Malaikat mempunyai urutan pangkat dan mereka tunduk terhadap otoritas Tuhan. Penjelasan ini juga di gunakan sebagai kiasan akan ketundukan seorang istri kepada suaminya. Jika kita mempertimbangkan kekuatan malaikat Mikhael, maka ketundukannya kepada Tuhan semakin mengharukan. Jika ketundukan para malaikat merupakan kiasan bagi ketundukan wanita terhadap suaminya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ketundukan tidak akan pernah membuat seseorang merendahkan kekuatan, kegunaan hingga nilai seorang wanita.

Dalam ayat wahyu 12:8, juga menyebutkan Mikhael sebagai pemimpin pasukan yang terjadi dalam peperangan rohani dalam merebut hati dan jiwa manusia. Mikhael dalam kepemimpinannya untuk melindungi Israel dan tunduk melayani Tuhan dengan memerangi setan. Iblis dan antek-anteknya berusaha dalam peperangan tersebut, namun mereka tidak dapat bertahan melawan pasukan surgawi.

Sekarang Anda mengetahui siapa Mikhael yang merupakan bagian dari 7 malaikat agung dalam agama Kristen, ia adalah malaikat yang paling terkenal dan paling berkuasa di surga. Dia juga merupakan pemimpin pasukan malaikat dan pelindung umat manusia. Mikhael dikenal karena keberanian dan kesetiaannya dalam melawan kejahatan.

Sekarang Anda telah mengetahui pentingnya malaikat Mikhael dalam agama Kristen dan sebagai umatnya kita wajib dalam mengingat dan menghormati malaikat Mikhael. Dengan begitu kita dapat meminta pertolongan dan perlindungan kepadanya. Berdoalah kepada malaikat agung Mikhael dan percayalah bahwa doa Anda akan di dengar dan disampaikan pada Tuhan-Nya.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

 

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.