Apa itu tahun baru Hijriyah

Halo Teman-teman muslimah! Tahun baru Hijriyah, juga sering kali di kenal sebagai awal Muharram, merupakan perayaan yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Peristiwa pada Tahun baru Hijriyah memiliki makna dan sejarah yang mendalam bagi umat Islam, momen ini memberikan kesempatan untuk memperkuat keimanan, memulai kembali dalam spiritual yang lebih baik, dan mengambil inspirasi dari sejarah Islam. Sebagai umat Muslim yang akan terlibat dalam perayaan Islam ini, tentu Anda harus tau sebenarnya apa itu tahun baru Hijriyah, dan kenapa umat Islam sangat menantikan Hari perayaan Islam tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kebermaknaan dan kegembiraan di balik perayaan Tahun Baru Hijriyah yang segera tiba.

Apa itu Tahun Baru Hijriyah?

Pengertian Tahun Baru Hijriyah disebut juga Tahun Baru Islam. Tahun baru Hijriyah adalah tahun baru dalam kalender Islam. Adapun penetapan awal tahun baru Hijriyah adalah setiap tanggal 1 Muharram. Tahun Baru Hijriyah atau tahun baru Islam merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Kalender Hijriyah memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan sistem penanggalan dalam kalender Masehi yang sebagaimana kita kenal dan digunakan di seluruh dunia. Sistem penanggalan dalam kalender Islam adalah ditentukan berdasarkan siklus bulan, awal dari setiap bulan ditandai dengan munculnya bulan baru untuk pertama kalinya.

Sejarah Tahun Baru Hijriyah

Tahun Baru Hijriah juga dikenal sebagai awal Muharram, adalah tahun baru dalam kalender Islam yang di mulai pada tahun 622 Masehi ketika Nabi Muhammad pindah dari Mekah ke Madinah. Kalender ini didirikan oleh Umar bin Khattab pada masa kekhalifahan beliau. Tahun Baru Hijriyah diperingati sebagai peringatan untuk mengenang peristiwa penting dalam Islam.

Perpindahan Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah, juga dikenal sebagai Hijrah, menandai awal dari pembentukan masyarakat Muslim yang lebih terstruktur dan kemandirian yang lebih besar dari umat Muslim. Hijrah juga menandai awal dari pengembangan Islam sebagai agama yang kuat dan penting di seluruh dunia.

Asal-usul Tahun Baru Hijriyah ini berasal dari kalender Hijriyah yang digunakan oleh umat Islam. Kalender ini berdasarkan pada siklus bulan yang berbeda dari kalender Masehi yang digunakan secara Internasional. Hal ini yang mengakibatkan Tahun Baru Hijriyah jatuh pada tanggal yang berbeda-beda di setiap tahunnya jika di bandingkan dengan tahun baru Masehi.

Makna dan Pengertian Tahun Baru Hijriyah

Tahun baru Islam merupakan hari libur Nasional. Maka, sebagai umat Islam memiliki waktu untuk fokus dalam merenung dan beribadah sangatlah penting. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh kesibukan Perayaan Tahun Baru Hijriyah memberikan kesempatan yang berharga untuk meluangkan waktu secara khusus untuk mengarahkan pikiran dan hati kepada Allah.

Selain itu, Tahun Baru Hijriyah bukan hanya sekedar perayaan pergantian tahun, tetapi juga merupakan momen penting untuk merenung dan memperbarui komitmen terhadap ajaran Islam. Umat Muslim memanfaatkan kesempatan ini untuk merefleksikan perjalanan spiritual mereka, mengevaluasi amal perbuatan mereka, dan merencanakan langkah-langkah kebaikan untuk tahun baru Islam. Tahun baru Hijriyah juga memperingati perjuangan dan keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang memberikan inspirasi terhadap umat Islam dalam menjalani kehidupan yang benar.

Baca juga :  5 Perjuangan Martin Luther King Jr yang Wajib Kamu Tahu!

Umat Muslim biasanya melakukan amalan ibadah khusus selama tahun baru Hijriyah, seperti membaca doa tertentu dan memperbanyak melakukan amal kebaikan. Salah satu doa yang sering di baca pada tahun baru Hijriyah adalah doa istigfar, yang bertujuan untuk memohon ampunan Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan.

Perayaan ini juga mengingatkan umat Muslim akan nilai-nilai Islam yang mendasar, seperti keikhlasan, kasih sayang, dan ketekunan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Mari kita sambut Tahun Baru Hijriyah dengan hati yang bersih dan semangat yang baru, serta terus berusaha meningkatkan kualitas hidup kita dan memperbaiki hubungan dengan Allah terutama dengan sesama umat manusia” kata Habib Rizieq Shihab, ulama terkenal yang juga merupakan pimpinan front pembela Islam (FPI)

Tahun Baru Hijriyah 2023 Jatuh Pada Tanggal 19 Juli 2022

perhitungan kalender hijriyah

Tahun Baru Hijriyah hampir tiba! Saatnya kita merayakan dengan penuh sukacita.

Tahun baru Hijriyah diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam di seluruh dunia. Tahun baru Hijriyah jatuh pada tanggal 1 Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Seiring dengan perbedaan antara kalender Hijriyah dan kalender Masehi, tanggal tahun baru Hijriyah berbeda setiap tahunnya. Di Indonesia tahun baru Islam diperingati berdasarkan kalender Masehi jatuh pada tanggal 19 juli 2023, sedangkan dalam penanggalan Hijriyah pada tahun 2023 perayaan ini diperingati pada 29 Dzulhijah 1445 H.

Tahun Baru Hijriyah, juga dikenal sebagai awal Muharram, merupakan perayaan yang menandai awal tahun baru dalam kalender Islam. Secara keseluruhan Tahun baru Hijriyah memberikan umat Muslim kesempatan untuk memulai lembaran baru dalam ibadah mereka dan meningkatkan hubungan mereka dengan Allah.

Sudah siapkah Anda dalam menyambut tahun baru Hijriyah? Raih keberkahan dan ridho Allah pada momen yang penuh berkah ini.

Jadikan tahun baru Hijriyah sebagai momen untuk meningkatkan keimanan kita, mendalami ajaran Islam, dan memperkuat hubungan kita dengan sesama umat Islam.

Selamat Hari Tahun Baru Hijriyah 1445 M.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.