Doa sebelum baca surat Yasin

Hallo Teman-teman! Salah satu surat dalam Al-Quran yang sering kita bacakan untuk mendapatkan permohonan ampun dan keselamatan yaitu surat Yasin. Sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui, bahwa dianjurkan untuk membaca doa sebelum baca surat Yasin. Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki kedudukan yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makiyah, yang berarti diturunkan di Makah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Surat Yasin terdiri dari 83 ayat dan 5.056 kata.

Maka dari itu, agar kita mendapatkan berkah dan rezeki  jangan lupa untuk melantunkan doa sebelum baca Yasin. Belum tahu doa apa yang harus Anda baca? Yuk cari tahu bacaan doa sebelum baca Yasin dalam artikel ini.

Doa Sebelum Baca Surat Yasin

bacaan doa sebelum baca surat yasin

Sebelum membaca surat Yasin, sebaiknya kita memperhatikan doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca. Doa ini akan membantu kita memperoleh manfaat penuh dari surat Yasin yang kita baca.

Yasin biasanya di bacakan disaat malam jumat dan juga di bacakan ketika saat malam pengajian orang meninggal, amalan bacaan Yasin ini ditujukan untuk almarhum atau orang yang sudah meninggal dunia, doa sebelum membaca Yasin bisa dilantunkan secara mandiri atau pun secara bersamaan ketika mengikuti pengajian. Sebaiknya Anda membaca doa yang satu ini .

Berikut adalah bacaan doa sebelum baca Yasin dalam Bahasa arab, latin beserta artinya :

 

Bismi llāhi r-raḥmāni r-raḥīm

Artinya :  “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ

عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

“Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad kama shollaita ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ala Muhammad wa ala ali Muhammad kama barokta ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid”.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji, lagi Maha Mulia. Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberikan keberkahan kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Setelah Anda membaca doa kemudian Anda bisa melanjutkan dengan pembacaan surat Yasin.

Manfaat Doa Sebelum Kita Membaca Surat Yasin

Sebagai umat Muslim surat Yasin merupakan bacaan yang paling sering baca di saat pengajian atau pun pada malam jumat. Membaca doa pengantar surat Yasin berniatlah dengan ikhlas semata-mata untuk mendapatkan berkah dari Allah SAW, dengan doa ini kita dapat meraih keberkahan dan perlindungan dari Allah ketika kita membaca surat Yasin. Selain itu doa ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk menggapai pengampunan Yang Maha Kuasa.

Membuka Pintu Rahmat dan Berkah dari Allah SWT

Ketika seseorang melantunkan doa sebelum membaca surat Yasin, maka kita telah berserah diri untuk memohon ampun kepada Allah SWT dalam menggapai pintu rahmat dan berkah-Nya untuk kehidupan kita. Doa tersebut diyakini mengandung pujian dan permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan dan kebaikan dalam setiap langkah kehidupan umat muslim.

Baca juga :  10 Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

Perkuat Koneksi Spiritual dengan Allah SWT

Doa yang tertulis di atas juga dipercaya bisa memperkuat koneksi seseorang dengan Allah SWT

Dalam doa tersebut, terdapat permohonan kepada Allah SWT, untuk memberikan limpahan rahmat-Nya pada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Hingga di teruskan pada umat Muslim di seluruh dunia.

Kemudian doa ini juga mengandung makna, permohonan agar umat muslim di jauhkan dari kesulitan dan kesengsaraan dunia akhirat.

Mendapatkan Pahala dan Keberkahan

Barang siapa yang membaca doa surat Yasin beserta surat Yasin niscaya kebesaran Allah untuk umat-Nya agar mendapatkan keberkahan yang tinggi.

Hal ini, karena doa tersebut termasuk dalam bacaan surat Yasin yang merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk umat Islam.

Rasulullah SAW. Bersabda :

“Barang siapa membaca surat Yasin, maka Allah akan mencatat baginya (pahala) seperti membaca seluruh Al-Qu’ran sepuluh kali atas bacaannya” [H.R. at-Tirmidzi No 2812]”.

Memperbaiki Kualitas Membaca Surat Yasin

Doa sebelum membaca surat Yasin juga dapat membantu seseorang untuk memperbaiki kualitas membaca surat Yasin.

Karena dengan membaca doa ini sebelumnya,  maka kita akan lebih siap secara mental dan spiritual untuk membaca surat Yasin dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Apa Keutamaannya ?

Seperti yang kita baca sebelumnya di atas. Yasin merupakan surat yang istimewa bagi umat muslim.

Berdasarkan hadist Rasulullah SAW, membaca doa dan surat Yasin di malam jumat akan mendatangkan cahaya di antara dua jumat. Dan kita berpeluang mendapatkan syafaat dari Nabi pada hari kiamat.

Selain itu, keutamaan dalam membaca doa dan surat Yasin ini menjadikan pelebur dosa bagi umat Muslim.

Luangkan waktumu untuk mendekatkan diri bersama Allah SWT melalui bacaan doa sebelum baca Yasin dan membaca surat Yasin berikutnya pada jumat malam di setiap minggu nya.

Dengan doa sebelum membaca, kita dapat meraih keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Mari tingkatkan ibadah kita dengan membaca Surat Yasin secara rutin dan penuh penghayatan.

Semoga artikel ini memberikan informasi dalam mengejar berkah di kehidupan kita.

Terima kasih.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.