Tahun baru Islam 2023

Hallo teman-teman! Sebentar lagi, kita akan memasuki tahun baru Islam 2023, kamu pasti sudah tidak sabar untuk menyambut tahun baru Islam yang dikenal juga dengan awal Muharram. Awal Muharram jatuh pada 1 Muharram bulan pertama dalam kalender Islam, biasanya diperingati sebagai perayaan untuk menyambut tahun baru dalam kalender Hijriyah. Pada tahun 2023 awal Muharram atau tahun baru Hijriyah diperkirakan akan di mulai pada tanggal 19 Juli mendatang.

Tahun baru Islam merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia, awal Muharram adalah momen yang sakral dan penuh makna. Selain sebagai pertanda pergantian tahun, awal Muharram juga di anggap sebagai awal dari tahun baru spiritual. Makna aktualisasinya merupakan bahwa kita harus meninggalkan kebiasaan buruk di masa lalu dan memulai kehidupan yang lebih baik di tahun baru.

Bagi umat Islam sejarah tentang 1 Muharram telah menjadi pembelajaran spiritual dalam kehidupan di dunia, dengan adanya kisah sejarah yang berdasarkan peristiwa hijrah-Nya Nabi Muhammad SAW meninggalkan makna yang mendalam dan mengandung peristiwa penting akan sejarah Islam. Dalam artikel ini kita akan membahas dan menambah pengetahuan Anda tentang tahun baru Hijriyah atau 1 Muharram.

Apa itu Tahun Baru Hijriyah

Tahun baru Hijriyah adalah perayaan tahun baru yang di rayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Penandaan tahun baru Hijriyah merujuk pada kalender Hijriyah, yang merupakan suatu hari perayaan pada bulan Muharram yaitu bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Tahun baru Hijriyah dimana peristiwa memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Tahun baru Hijriyah adalah waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk merenungkan iman mereka dan memulai tahun baru dengan hati yang tulus. Selain itu tahun baru Islam juga menjadi penghormatan terhadap sejarah dan nilai-nilai agama, selama bulan Muharram, umat Muslim sering melibatkan diri dalam kegiatan keagamaan seperti meningkatkan iman dengan pengajian dan ceramah, serta berpuasa sunnah. Berpuasa sunnah selama bulan Muharram dianggap sebagai amal yang mulia dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Umat Muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan lebih banyak ibadah sunnah seperti shalat tahajjud, membaca Al-Qur’an, dan memperbanyak doa.

Sejarah Tahun Baru Hijriyah

sejarah pada saat bulan Muharram
Sumber : freepict.com

Tahun Baru Islam jatuh pada 1 Muharram, bulan pertama dalam kalender Islam Hijriyah. Kalender ini dimulai sejak Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi. Di gunakannya sistem perhitungan tahun baru Hijriyah bermula di masa kepemimpinan Umar bin Al-Khattab r.a. atau 6 tahun pasca wafatnya Nabi SAW. Salah satu riwayat menyebutkan, yaitu ketika khalifah mendapat surat balasan yang mengkritik bahwa suratnya terdahulu dikirim tanpa angka tahun. Beliau lalu bermusyawarah dengan para sahabat dan mereka bersepakat untuk menjadikan peristiwa hijrah Nabi SAW dari Mekah ke Madinah sebagai awal mula perhitungan tahun dalam Islam.

Kalender baru tersebut disusun oleh sahabat Umar bin Khattab, yaitu Abdullah bin Umar. Kalender ini menggunakan peristiwa hijrah sebagai titik awalnya dan menjadi dasar penghitungan tahun dalam kalender Hijriah. Maka, tahun 1 Hijriyah dimulai pada saat hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Baca juga :  6 Konsep Kehidupan Dan Ajaran Buddha Gautama

Apa Itu Muharram?

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Pada tahun ini 1 Muharram 1445 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 29 Juli 2023. 1 Muharram 2023 yang akan dimeriahkan berselang 1 bulan setelah kita merayakan hari Idul Adha di bulan Dzulhijah yang telah kita bahas sebelumnya di sini.

Bagaimana, apakah Anda bersemangat untuk menyambut tahun baru Hijriyah?

Tentu saja! Ada banyak kegiatan peringatan pada hari yang bermakna ini, sebagian umat Islam berpuasa selama bulan Muharram, terutama pada hari Asyura, biasanya juga ada kegiatan amal dan pembacaan doa-doa khusus. Selain itu, umat Muslim berkumpul dengan keluarga dan orang terkasih dalam praktiknya menyebarkan kebaikan di kehidupan.

Kenapa Bulan Muharram Sangat Istimewa

Bulan Muharram sangat penting bagi umat Islam, karena terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada bulan ini. Salah satu peristiwa yang sangat bersejarah adalah peristiwa Ashura. Ashura adalah hari kesepuluh bulan Muharram, di mana terdapat dua peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada hari itu.

  1. Peristiwa pembebasan Bani Israel oleh Nabi Musa AS dari penindasan Fir’aun. Nabi Musa AS dan umatnya keluar dari Mesir dan melintasi Laut Merah pada hari Asyura.
  2. Pada hari Asyura, pada tanggal 10 Muharram, adalah hari untuk menghormati kesyahidan Husein bin Ali, cucu Nabi Muhammad. Umat Muslim yang taat berkabung dan berpuasa untuk memperingati peristiwa tragis ini. Peristiwa ini menjadi momen penting dalam sejarah Islam yang mengajarkan nilai kesabaran, keberanian, dan pengorbanan.
  3. Memperkuat komunikasi dengan keluarga dan memperkuat iman pada praktik keagamaan yang lebih baik.

Makna Dari Bulan Muharram

Bulan Muharram menandai sukacita bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan Muharram mengajarkan tentang pentingnya keberanian dalam mempertahankan kebenaran, kebenaran dalam menghadapi cobaan, dan pengorbanan dalam membela nilai-nilai keadilan. Peristiwa-peristiwa penting ini terjadi pada bulan Muharram mengingatkan umat Muslim akan keteguhan iman, semangat perjuangan, dan pengorbanan para tokoh agung dalam sejarah Islam.

Tahun Baru Islam 2023

Tahun Baru Islam hampir tiba! Saatnya kita merayakan dengan penuh sukacita.

Tahun baru Islam menandai dimulainya tahun kalender Islam yang baru. Pada tahun 2023 tahun baru Islam akan dimulai pada tanggal 19 juli. Acara yang penuh sukacita ini dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk ruang refleksi pikiran terlebih pada sebuah pemikiran spiritual yang baru dan lebih optimal.

Biasanya, di Indonesia perayaan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah umat Muslim merayakan tahun baru Islam dengan menghormati sejarah, meningkatkan ibadah, dan merefleksikan diri. Yang terpenting dalam peningkatan spiritual adalah bagaimana seseorang dapat berkembang untuk melihat masa depan! Tahun baru Islam juga merupakan waktu untuk menatap ke masa depan dengan penuh harapan, yang dijadikan sebagai pertumbuhan dan kemajuan baik dalam tingkatan keimanan seseorang menjadi lebih kuat hingga resolusi langkah dalam memperbaiki diri menjadi Muslim yang terbaik.

Dalam menjalani tahun baru Islam 2023, semoga umat Muslim dapat terus mempertahankan nilai-nilai kebaikan, kesabaran, dan pengorbanan yang diajarkan oleh bulan Muharram. Semoga tahun yang baru ini membawa berkah, kebahagiaan, dan kesuksesan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Selamat menyambut tahun baru Islam 2023!

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.