Kumpulan ayat Alkitab tentang bersyukur

Hallo sobat Kristus! Diantara nilai-nilai yang diajarkan agama Kristen, bersyukur adalah salah satu sikap yang di tekankan dalam agama ini. Ayat-ayat doa yang diajarkan dalam agama Kristen menjadi landasan spiritual  yang mengajarkan kita untuk selalu menghargai kasih karunia Tuhan dan berterima kasih kepada-Nya. Melalui doa bersyukur, umat Kristen dapat menyatakan pengakuan akan kuasa, kemurahan, dan kasih-Nya yang tiada terbatas.

Ada banyak Ayat alkitab dalam kehidupan, seperti ayat Alkitab tentang berjuang, dan kali ini kita akan membahas 7 ayat Alkitab tentang bersyukur dalam ajaran Kristen yang tentunya juga bisa anda baca, sehingga kita bisa memperdalam hubungan kita dengan Tuhan melalui rasa syukur yang tulus.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Bersyukur

alkitab dalam Kristen

1 Tawarikh 16:8

Berbunyi :

Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya, perkenalkan lah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!

Ayat ini mengajarkan kita untuk memiliki rasa syukur kepada Tuhan, mengakui dan memuji nama-Nya. Dengan bersyukur dan mengenal perbuatan Tuhan, kita dapat menjadi saksi hidup yang memperkenalkan-Nya kepada dunia di sekitar kita.

1 Tawarikh 29:13

Berbunyi :

Sekarang, ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu.

Ayat ini menekankan bahwa sebagai umat Tuhan hendaknya kita mengakui dan menyatakan rasa syukur kita kepada-Nya. Mengakui bahwa Tuhan adalah sumber sebagai kebaikan dan berkat dalam hidup kita. Dalam melafalkan ayat ini, kita mengakui dan menghormati keagungan nama Allah yang agung.

Dengan bersyukur dan memuji nama Allah yang agung, kita mengakui bahwa segala yang kita miliki berasal dari-Nya dan kita hidup dari rasa syukur yang tulus.

2 Tawarikh 7:6

Para imam telah siap berdiri pada tempat mereka. Begitu pula orang-orang Lewi  telah siap dengan alat-alat musik untuk memuliakan TUHAN, yakni alat-alat musik yang dibuat raja Daud untuk mengiringi nyanyian syukur bagi Tuhan: “Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!” setiap kali mereka ditugaskan Daud menyanyikan puji-pujian. Dalam pada itu para imam berdiri berhadapan dengan mereka sambil meniup nafiri, sedang segenap orang Israel berdiri.

Ayat ini mengingatkan kita akan pentingnya memuliakan Tuhan melalui musik dan nyanyian syukur. Musik dapat menjadi sarana yang kuat untuk menyampaikan rasa syukur dan mengungkapkan penghormatan kita kepada Allah. Ketika kita menggunakan musik dan nyanyian untuk memuliakan Tuhan, kita mengakui dan mengungkapkan bahwa kasih setia-Nya abadi.

2 Tawarikh 5:13

5:13 Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada TUHAN. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji Tuhan dengan ucapan: “Sebab Ia baik!

Ayat ini mengajarkan kita untuk mengunakan musik sebagai sarana untuk memuji Tuhan dan menyatakan rasa syukur kepada-Nya. Saat kita menyanyikan puji-pujian rasa syukur kepada Tuhan dengan mengunakan suara dan alat musik yang kita miliki, kita mengakui kebaikan-Nya dan menyampaikan penghormatan kita kepada-Nya.

2 Samuel 22:50

Berbunyi :

Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu, ya Tuhan, di antara bangsa-bangsa, dan aku mau menyanyikan mazmur bagi nama-Mu.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengunakan nyanyian, mazmur, atau bentuk ekspresi lainnya untuk mempersembahkan pujian dan rasa syukur kepada Tuhan.

Ulangan 8

Berbunyi :

Segenap perintah, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, haruslah kamu lakukan dengan setia, supaya kamu hidup dan bertambah banyak dan kamu memasuki serta menduduki negeri yang dijanjikan Tuhan dengan sumpah kepada nenek moyangmu.

Ayat ini mengingatkan umat Kristen tentang pentingnya hidup dengan setia dan taat kepada Tuhan serta memperoleh berkat-Nya. Ayat ini mengajak kita untuk memahami janji Tuhan yang terkait dengan taat dan setia kepada-nya, dengan harapan agar kita dapat mengalami hidup berkelimpahan dalam Yesus.

Mazmur 28:7 

Berbunyi :

Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya

Ayat ini mengajak umat Kristen untuk memiliki keyakinan yang kokoh dalam Tuhan dan untuk hidup dengan hati yang penuh sukacita dalam menghadapi setiap aspek kehidupan.

Matius 5:16

Berbunyi :

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Ayat ini mengajarkan kita pentingnya menjadi saksi cahaya yang bersinar di dunia, memperlihatkan perbuatan yang baik kepada orang lain, dan memuliakan Bapa yang di sorga melalui hidup kita di bumi.

1 Samuel 12: 24

Berbunyi :

Hanya takutlah akan Tuhan dan setialah beribadah kepada-Nya 1 dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

Ayat ini mengajarkan kita untuk takut kepada Tuhan, dan memuliakan rasa kagum, hormat dan ketundukan yang tulus kepada-Nya. Serta menghargai perbuatan-perbuatan besar Tuhan dalam hidup kita sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada-Nya.

 Ibrani 12:28

Berbunyi :

Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Ayat ini mengajarkan kita untuk menghargai dan bersyukur atas kerajaan Allah yang telah diterima oleh kita melalui imam dalam Yesus Kristus. Ayat ini juga menekankan untuk pentingnya sikap penghormatan, kerendahan hati, dan ketundukan kita dalam menghadapi Allah melalui ibadah kita.

1 Tesalonika 5:16-18

Berbunyi :

5:16 Bersukacitalah senantiasa. 5:17 Tetaplah berdoa 1 . 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Ayat ini mengajarkan kita hidup dalam sukacita yang berkelanjutan, menjaga kehidupan doa yang terus-menerus, dan mengucapkan syukur dalam segala hal sebagai bentuk ketaatan kepada kehendak Allah di dalam Kristus Yesus.

Baca juga :  9 Hikmah dan Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan Menurut Islam

 Yakobus 1:17

Berbunyi :

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Ayat ini mengajarkan kita untuk mengenali bahwa setiap pemberian yang baik dan anugerah berasal dari Allah, Bapa yang adalah sumber segala terang.

1 Raja Raja 2:3

Berbunyi :

Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kau tuju

Ayat ini mengingatkan kita bahwa dengan hidup dalam ketaatan kepada Tuhan, kita akan mengalami berkat dan keberhasilan dalam hidup.

Kejadian 49:25

Berbunyi :

Oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan.

Ayat ini mengajarkan kita bahwa Allah sebagai Bapa dan mahakuasa, adalah sumber keberkahan dan pertolongan bagi umat-Nya.

2 Tesalonika 1:3

Berbunyi :

Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu.

Ayat ini mengajarkan umat Kristen untuk selalu mengucapkan syukur kepada Allah karena pertumbuhan iman dan kasih di antara kita. Ayat ini juga mengingatkan umat Kristen untuk meningkatkan iman dam memperkuat ikatan dalam komunitas Gereja.

Ibrani 13:15-16

Berbunyi :

13:15 Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. 13:16 Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.

Praktik dalam menyembah Allah melalui ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya, ayat ini juga mengingatkan kita untuk tidak melupakan tindakan baik dan memberikan bantuan kepada sesama.

 1 Tawarikh 16:35

Berbunyi :

Dan katakanlah: ”Selamatkanlah kami, ya Tuhan Allah, Penyelamat kami, dan kumpulkanlah dan lepaskanlah kami dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu.”

Ayat ini mengajarkan kita dengan berdoa kepada Tuhan untuk menyelamatkan kita, melindungi kita dari ancaman. Dengan berharap dan bersyukur kepada Tuhan yang kudus dan memuji-Nya dengan sukacita, kita mendapatkan perlindugangan-Nya.

 Lukas 16:10

Berbunyi :

”Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Kolose 3:16

Berbunyi :

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Ulangan 8:8

Berbunyi :

Tetapi haruslah engkau ingat kepada Tuhan, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Ayat ini mengajarkan umat Kristen untuk mengingat Allah adalah sumber kekuatan kita dan bahwa segala sesuatu yang kita peroleh adalah anugerah-Nya.

Mazmur 50:22-23

Berbunyi :

50:22 Perhatikanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah, supaya jangan Aku menerkam, dan tidak ada yang melepaskan. 50:23 Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.”

Ayat ini mengingatkan kita untuk pentingnya mengutamakan hubungan yang benar dengan Allah dan hidup dalam kesetiaan terhadap-Nya.

Mazmur 44:6-8

Berbunyi :

44:6 Sebab bukan kepada panahku aku percaya, dan pedangku pun tidak memberi aku kemenangan, 44:7 tetapi Engkaulah yang memberi kami kemenangan terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu. 44:8 Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian sepanjang hari, dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya.

 Yesaya 46:9-10

Berbunyi :

46:9 Ingatlah hal-hal  yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, 46:10 yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan.

Yakobus 4:2b-3

Berbunyi :

4:2 Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh, kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. 4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

2 Korintus 1:11

karena kamu juga turut membantu mendoakan kami, supaya banyak orang mengucap syukur atas karunia yang kami peroleh berkat banyaknya doa mereka untuk kami.

Filipi 4:6

Berbunyi :

4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Yunus 2:9

Berbunyi :

Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban-Mu: apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari Tuhan.

Ayat ini mengajarkan umat Kristen untuk mengakui dan berserah diri kepada Tuhan sebagai sumber keselamatan dan memberikan ucapan syukur dalam hidup kita.

Imamat 9:22

Berbunyi :

Harun mengangkat kedua tangannya atas bangsa itu, lalu memberkati mereka,  kemudian turunlah ia, setelah mempersembahkan korban penghapus dosa, korban bakaran dan korban keselamatan.

Dalam agama Kristen, ayat-ayat bersyukur dan mengingat kebaikan Tuhan memiliki tujuan untuk mengingatkan umat Kristen akan pentingnya bersyukur atas semua berkat yang diberikan oleh Tuhan. Ketika seseorang membaca ayat bersyukur, kita akan lebih menghargai dan bersyukur atas kasih dan anugerah yang melimpah dari tuhan. Dengan begitu kita dapat menjalani hidup dengan sukacita, damai, dan penuh harapan.

Jadi, luangkan waktu Anda, mulai hari ini untuk bersyukur kepada Tuhan atas siapa Dia dan apa yang telah Dia lakukan untuk kita sebagai umatnya.

Bersyukurlah atas karunia keselamatan yang cuma-cuma dari-Nya.

Haleluya, Tuhan Yesus Memberkati.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.