Halo teman-teman! Sebagai lambang dasar negara Pancasila banyak mengandung arti bagi rakyat Indonesia sebagai wujud mengenal perjuangan kemerdekaan. Tidak cuma itu, makna dan fungsi juga melekat pada lambang Pancasila yang mengenal esensi Nilai-nilai Indonesia Tanah Air.

Hari lahir Pancasila 2023, dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia tepatnya pada tanggal 1 juni 2023, sebagai rakyat Indonesia kita harus mengenal makna simbol Pancasila yang berfungsi sebagai simbol keutuhan dan keberagaman bangsa. Dalam rangka menggali pemahaman tentang lambang Pancasila yang terkandung di dalamnya. Dalam artikel ini kita akan menjelajahi arti dan fungsi dari lambang Pancasila 1 sampai 5, yang secara simbolis mencerminkan dasar filosofi negara Indonesia.

Arti Lambang Pancasila

Pancasila memiliki lambang dasar negara, arti dari lambang Pancasila yang merupakan keutuhan dan filosofi dasar negara Indonesia. Lambang Pancasila yang menyerupai burung Elang rajawali ini melambangkan arti kebijakan yang mampu menopang seluruh bagian dari tubuh Elang.

Kepala burung Garuda yang kokoh dan kuat memberikan arti kebenaran, seterusnya pada bagian tengah burung Garuda yang terdapat perisai yang terdapat simbol-simbol dari sila 1 ke sila 5. Beralih pada bagian yang dimiliki Garuda merupakan jumlah bulu burung Garuda pada bagian kanan berjumlah 17 helai, pada ekor berjumlah 8 helai, bulu bagian leher berjumlah 48 helai. Semua bulu ini mempunyai arti pada hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Bagian burung Garuda yang terakhir merupakan kaki, kaki pada Garuda mencengkram pita putih bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang dimana melambangkan garis khatulistiwa dan persatuan Indonesia walaupun berbeda-beda tapi tetap satu.

Makna 5 Simbol Pancasila

Pancasila sebagai lambang negara memiliki 5 simbol di dalamnya, selanjutnya kita akan membahas lebih detail tentang makna simbol Pancasila yang ditanamkan di Indonesia sejak tahun 1945.

Simbol Pancasila Pertama (Bintang)

LAMBANG PANCASILA

Bintang emas merupakan simbol sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”. Lambang bintang memancarkan makna sebagai cahaya yang dipancarkan oleh Tuhan yang Maha Esa.

  • Keagungan: Bintang juga melambangkan keagungan dan kemuliaan negara Indonesia. Ini mengajarkan bahwa bangsa Indonesia harus berusaha untuk mencapai prestasi dan keunggulan dalam segala bidang, serta menjunjung tinggi martabat bangsa.

Simbol Pancasila ke dua ( Rantai Emas)

SIMBOL Pancasila

Rantai adalah elemen berikutnya dalam lambang Pancasila. Rantai melambangkan persatuan, persaudaraan, dan solidaritas antar warga negara Indonesia. Rantai yang utuh mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kerukunan dan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Melalui lambang ini, Pancasila mengajarkan bahwa bangsa Indonesia, yang terdiri dari beragam etnis, agama, budaya, dan suku, harus saling menghormati, menjaga persaudaraan, dan menghargai perbedaan.

Simbol Pancasila ke tiga (Pohon Beringin)

Lambang tersebut ada di dalam Pancasila dengan simbol yang kuat dalam budaya Indonesia, adapun arti dari lambang ini merupakan :

LAMBANG PANCASILA POHON BERINGIN

  • kehidupan : pohon beringin melambangkan kehidupan dan pertumbuhan, Pancasila mengajarkan bahwa kehidupan adalah proses yang terus berlanjut dan perlu dipelihara dengan baik.
  • kekuatan : Seperti akar dari pohon beringin yang  memiliki kekuatan, Kekuatan bangsa Indonesia dalam menggapai tantangan dan menjaga keutuhan.

Makna Simbol Pancasila ke 4 (Kepala Banteng )

Lambang kepala banteng

Kepala banteng Lambang Pancasila di bagian kiri atas perisai Garuda yang berwarna hitam dengan warna dasar merah. Simbol ini memiliki makna sebagai berikut :

  • Kepala banteng melambangkan bangsa Indonesia yang suka bekerja sama, selalu bersama dalam kehidupan dan menjunjung tinggi gotong royong  serta saling membantu.
  • Warna dasar merah melambangkan keberanian bangsa Indonesia dan identitas bangsa yang selalu mementingkan musyawarah dan mufakat.

Simbol Pancasila ke Lima (Padi dan Kapas)

lambang padi dan kapas

Berbangsa dalam perpaduan dua simbol penting dalam lambang Pancasila dengan memberikan beberapa arti konsep berikut :

Kedaulatan pangan dan kebutuhan sandang bagi bangsa Indonesia. Lambang padi mengacu pada ketahanan pangan dan mengembangkan industri yang berbasis pada sumber daya alam yang ada di tanah air.

  • Kesejahteraan: Padi dan kapas juga menggambarkan cita-cita kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Melalui lambang ini, Pancasila menekankan pentingnya menciptakan kondisi sosial dan ekonomi yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia.
Baca juga :  Siapakah Yesus Kristus Menurut Alkitab?

Makna dan pesan dari lambang Pancasila ini mewakili nilai-nilai dasar pada landasan negara Indonesia, termasuk keberanian, keadilan, persatuan, persaudaraan, kehidupan, kekuatan, kedaulatan pangan, kesejahteraan, cita-cita luhur, dan keagungan.

Makna dan Arti 5 Sila Pancasila

Mengacu fungsi Pancasila sebagai dasar negara, maka Pancasila memiliki makna dari setiap isi dari lima sila Pancasila, guna mengatur cara pemerintahan dan kehidupan masyarakat Indonesia. Berikut artikel ini akan membahas singkat mengenai makna dan arti dari isi 5 sila Pancasila, berikut:

Sila ke 1 ( Ketuhanan yang Maha Esa)

Sila pertama memberikan makna untuk mengakui dan mempercayai adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai sumber segala kehidupan dan keberadaan. Dengan artiannya, Sila ini mengajarkan pentingnya memiliki keyakinan dan penghormatan terhadap Tuhan, serta menjadikan-Nya sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan bermasyarakat.

Sila Ke 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)

Makna pada sila ke dua mengandung tentang penghormatan dan perlindungan martabat serta hak asasi manusia tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Ini artinya,  Sila ini mengajarkan pentingnya memperlakukan semua orang dengan adil, menghargai keragaman, dan membangun sikap saling menghormati antarwarga negara.

Sila Ke 3 ( Persatuan Indonesia)

Mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, serta menghormati kebhinekaan sebagai kekayaan dan kekuatan bersama. Ini artinya sila ke 3 mengajarkan pentingnya menjaga persatuan, memperkuat solidaritas, tanpa memandang perbedaan suku, agama dan ras.

Makna Sila ke 4 ( Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan).

Sila yang memberikan makna untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, berdasarkan persamaan kedudukan, serta kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan.

Sila ke 5 ( Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia)

Makna pada sila terakhir ini menekankan untuk mewujudkan keadilan sosial dan kehidupan yang adil, merata, serta memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya dalam kehidupan pentingnya untuk kita membangun keadilan, mengurangi kesenjangan sosial dan memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Makna dan arti dari 5 sila Pancasila ini mewakili nilai-nilai landasan kehidupan bernegara, yang mencangkup hubungan dengan tuhan, hubungan antar manusia, persatuan bangsa hingga pemerintahan yang demokratis.

Bagaimana Penerapan Pancasila Dalam Konteks Kehidupan Bangsa?

Mengulik tentang konteks Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia melibatkan banyak aspek diantaranya mulai dari politik, sosial, ekonomi, budaya, hingga pendidikan.

Pancasila dalam politik berperan untuk mendorong sistem demokrasi, di mana rakyat memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan melalui mekanisme pemilihan umum dan partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Pancasila yang berperan dalam sosial kehidupan mengajarkan pentingnya membangun persatuan dan kesatuan antara berbagai kelompok sosial dalam masyarakat Indonesia, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

Aspek kehidupan selanjutnya yang berkaitan dengan Pancasila merupakan aspek ekonomi, penerapan sistem ekonomi yang berkeadilan, di mana kekayaan dan sumber daya alam dikelola secara adil dan merata untuk kesejahteraan seluruh rakyat. Dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia serta meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan kesatuan budaya, Pancasila berperan penting dalam memelihara keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Penerapan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat dengan saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan kesejahteraan bersama.
Budaya

Peran Pancasila dalam masyarakat ini sangat berpengaruh pada kesejahteraan kehidupan rakyat di Indonesia,maka sebagai dasar negara Pancasila harus di amalkan oleh setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Fungsi Dalam Pendidikan dan Pembentukan Karakter Siswa

Upacara bendera pada hari Pancasila juga dilakukan oleh tingkatan sekolah di Indonesia. Ini artinya Pancasila berperan penting dalam pendidikan dan pembentukan karakter siswa, sila Pancasila memiliki membangun karakter siswa melalui pembelajaran dan pendidikan, dengan membantu membantu siswa dalam membentuk kepribadian yang baik, moral yang kuat, dan sikap yang positif.

Melalui peran Pancasila dalam pendidikan, siswa diharapkan dapat mengembangkan sikap positif, kepedulian sosial, kemampuan berfikir kritis, keberanian, dan moral yang baik. pendidikan Pancasila yang juga merupakan bagian dari kurikulum pendidikan bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang memiliki kekuatan karakter yang kokoh.

Kontribusi Pancasila Dalam Sejarah Negara Indonesia

Mengenang sejarah Pancasila upaya dasar pembentukan negara Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai filsafat negara yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, sebagai bukti Pancasila sebagai konstitusi Indonesia Hingga saat ini.

Pancasila berperan penting dalam sejarah Indonesia, yang di mana upaya untuk menyatukan, mengarahkan, dan memberikan landasan ideologis bagi negara Indonesia. Nilai-nilai Pancasila menjadi pijakan moral, sosial, politik, dan budaya yang mengikat bangsa Indonesia dalam perjalanan Sejarahnya.

Kesimpulan

Setelah kita membahas tentang makna, arti hingga peranan Pancasila dalam kehidupan bernegara, maka Pancasila sangat penting dikenang dan dirayakan setiap tahunnya. Pancasila merupakan dasar filsafat negara dan ideologi yang mengangkat persatuan, keadilan sosial, dan keberagaman negara Indonesia.

Fungsi Pancasila sebagai dasar negara akan terus menjadi pijakan moral dan arah yang memandu bangsa Indonesia dalam membangun masyarakat yang adil, demokratis, berkeadilan sosial dan berkepribadian baik. Semoga kita semua yang telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan, mampu membangun karakter yang baik terhadap diri sendiri. Semoga artikel ini membantu anda mengenal makna dari sila Pancasila yang dilambangkan dengan Garuda Indonesia. Sampai jumpa.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.