Hari lahir pancasila

Hallo teman-teman! Berhubung sebentar lagi kita akan memasuki hari lahir Pancasila 2023 yang di peringati di Indonesia tepatnya pada tanggal 1 juni 2023, sebagai warga negara Indonesia kita mesti mengenal dan memahami tentang Pancasila di negara kita ini. Kali ini kita akan membahas tentang hari lahirnya Pancasila dan prinsip dari Pancasila itu sendiri, tentu kita sudah mempelajari dasar-dasar Pancasila mulai dari sejak bangku sekolah dasar. Kita juga melaksanakan upacara hari lahir Pancasila pada tanggal 1 juni setiap tahunnya.

Pancasila memiliki 5 prinsip yang menjadi dasar negara Indonesia yang di umumkan pada tanggal 1 Juni 1945 oleh Ir. Soekarno. Nah, teman-teman ada yang tau tidak isi dari prinsip dasar Pancasila itu apa? Diantaranya merupakan, Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan yang terakhir merupakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

Hari lahir Pancasila atau dikenal juga sebagai hari kesaktian Pancasila, hari lahir Pancasila  diperingati setiap tanggal 1 juni di Indonesia untuk memperingati pengesahan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada tahun 1945. Pada tahun 1945 dimana Indonesia berada  dalam proses memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan belanda, pada tanggal  29 mei 1945 Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang mengadakan sidang di Gedung Pancasila, Jakarta, dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Sidang BPUPKI yang menghasilkan diskusi dan beberapa perbaharuan mengenai dasar-dasar negara, Pada tanggal 1 juni 1945, penyampaian gagasan mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara yang disampaikan oleh Soekarno pada kesempatan Pidato sidang BPUPKI dengan bertajuk “lahirnya Pancasila”.

Pada tanggal yang sama, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang saat itu merupakan pimpinan BPUPKI, menyampaikan teks proklamasi yang memuat Pancasila kepada hadirin di hadapan sidang BPUPKI. Pada tanggal yang sama, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang saat itu merupakan pimpinan BPUPKI, menyampaikan teks proklamasi yang memuat Pancasila kepada hadirin di hadapan sidang BPUPKI. Penyampaian ini menjadi momen penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, karena Pancasila ditetapkan sebagai ideologi negara yang akan membimbing Indonesia ke masa depan.

Hari Lahir Pancasila menjadi momen refleksi bagi seluruh warga Indonesia untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagai wujud pengakuan terhadap persatuan, keberagaman, dan keadilan sosial sebagai prinsip dasar negara.

5 Prinsip Pancasila

Prinsip Hari Lahir Pancasila mengacu pada lima prinsip dasar yang merupakan landasan ideologi bagi negara Indonesia. Prinsip-prinsip tersebut dijelaskan secara rinci dalam teks proklamasi yang dikemukakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta pada tanggal 1 Juni 1945.

Berikut adalah penjelasan mengenai kelima prinsip tersebut:

Ketuhanan yang Maha Esa

Menekankan akan kepercayaan kepada tuhan yang maha esa. Namun perlu diingat, ketuhanan ini tidak mengacu pada agama tertentu, akan tetapi mengakui adanya kebebasan beragama bagi setiap individu di Indonesia. Negara Indonesia dengan miliki agama resmi dan mengajarkan untuk saling menghormati semua agama serta memastikan untuk kebebasan dalam beragama.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradap

Pancasila ke dua ini menekankan prinsip pentingnya menghormati martabat dan nilai-nilai kemanusiaan serta memperlakukan semua orang dengan adil dan beradab. Pancasila kedua ini menuntut akan perlindungan terhadap hak asasi manusia.

Persatuan Indonesia

Isi Pancasila ke tiga menekankan untuk setiap warga negara Indonesia pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Mengajarkan akan kerukunan, kebersamaan, dan saling menghormati antar suku, ras, agama, dan golongan.

Kerakyatan yang di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Prinsip pada Pancasila ke empat menegaskan bahwa pemerintahan Indonesia didasarkan pada kedaulatan rakyat. memberikan ruang keterlibatan pada rakyat dalam pembuatan keputusan politik melalui mekanisme musyawarah yang demografis.

Baca juga :  Nick Vujicic, Motivator Dunia Tanpa Lengan dan Kaki

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Isi Pancasila ke lima menekankan pentingnya terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Negara memiliki tanggung jawab untuk memastikan distribusi yang adil dari sumber daya ekonomi dan kekayaan Negara. Mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi bagi setiap rakyat.

5 prinsip dasar ideologi negara Indonesia dan dijadikan landasan dalam pembentukan undang-undang, kebijakan pemerintahan dalam menjaga kesatuan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan Apa Saja Yang Biasa Dilakukan di Hari Pancasila

Di hari Pancasila yang diperingati oleh setiap rakyat di Indonesia, Biasanya diikuti dengan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperingati dan menghormati Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Adapun diantara kegiatan yang sering dilakukan oleh rakyat Indonesia :

Upacara Bendera

Salah satu kegiatan utama tanggal 1 juni upacara bendera hari lahir Pancasila diberbagai tingakatan, mulai dari nasional, provinsi, kota, hingga sekolah-sekolahan. Kegiatan upacara bendera ini dilakukan pengibaran dan penurunan bendera merah-putih, pembacaan teks proklamasi, dan pidato saat hari lahir Pancasila, untuk pengingat tentang nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Upacara bendera hari lahir pancasila
sumber : sosiologis.com

Pemutaran Film dan Dokumenter

Bagian kegiatan ini sering kali kita jumpai di tingkatan provinsi, kota yaitu di berbagai lembaga-lembaga yang memutarkan film dokumenter sejarah perjuangan para pahlawan kita dalam memperjuangkan kebebasan, serta di iringi dengan dokumeter sejarah pembacaan naskah Pancasila yang dibacakan oleh Soekarno.

Tema hari lahir pancasila 2023
sumber : sosiologis.com

Seminar dan Diskusi

Pada hari Pancasila, seringkali diadakan diskusi dan seminar yang membahas tentang nilai Pancasila, implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi ini melibatkan berbagai pihak termasuk akademis, tokoh masyarakat hingga pemangku kepentingan lainnya.

Seringkali juga seminar ini di adakan dalam lembaga-lembaga yang di ada di bawah naungan pemerintahan, seperti perpustakaan nasional, dan seminar nilai pancasila ini terbuka untuk umum hingga rakyat siapapun bisa mengikutinya. Menambah ilmu bukan? Nah, tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda untuk kegiatan sejarah Pancasila yang di adakan oleh lembaga-lembaga nasional.

Lomba dan Pertunjukan Budaya

Untuk menambahkan kemeriahan hari lahir Pancasila 2023, kegiatan yang satu ini tidak akan terlupakan setiap tahunnya di tanggal 1 juni, lomba dan pertunjukan budaya yang berkaitan dengan tema hari lahir Pancasila 2023 diantaranya sering dilakukan kegiatan kreatif, lomba pidato, melukis, hingga pertunjukan Budaya dengan mengunakan pakaian berbagai adat Indonesia yang ada. 

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempromosikan pemahaman dan apresiasi yang lebih luas terhadap Pancasila di kalangan masyarakat sehingga rakyat lebih menanamkan nilai-nilai yang tersirat pada Pancasila.

Tema dan Logo Pancasila

Tema hari lahir Pancasila 2023 termuat dalam pedoman penyelenggaraan Upacara Bendera peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 yang di rilis kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Tema Pancasila umumnya sering dikaitkan dengan pancasila adalah “Bhinneka Tunggal Ika” yang berasal dari sansekerta berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.  Tema Pancasila ini menekankan pentingnya persatuan dalam keragaman, kesatuan dalam perbedaan, dan keharmonisan antara berbagai suku, agama, ras, dan budaya di Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi memiliki logo secara resmi dengan “Garuda Pancasila”. Logo ini  terdiri gambar burung Garuda yang menggambarkan kekuatan dan keberanian, dengan sembilan sayap dan sembilan ekor yang melambangkan sembilan sila atau prinsip dalam Pancasila.

LOGO GARUDA INDONESIA

Setiap helaian daun di perisai tersebut mewakili satu sila, dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Daun pertama menggambarkan Ketuhanan yang maha Esa
  2. Daun kedua menggambarkan Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Daun ketiga menggambarkan Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Daun kelima menggambarkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Logo Garuda Pancasila sering digunakan dalam berbagai acara resmi dokumen pemerintahan, tempat-tempat umum dan kegiatan yang berkaitan dengan pancasila sebagai simbol dan identitas negara Indonesia yang melambangkan persatuan dan kesatuan.

Sejak sejarah lahirnya Pancasila yang dimulai pada periode perjuangan kemerdekaan Indonesia tanggal 1 juni 1945, hingga sekarang kita hingga seluruh rakyat Indonesia merasakan kebebasan dalam mengekpresikan ideologi, kreasi dan setiap langkah yang memajukan Indonesia. Dengan mengenang perjuangan para pahlawan di masa perjuangan, pancasila sebagai pedoman negara dan rakyat dalam menjalankan kehidupan bermusyawarah dan bertoleransi dalam kemajuan bangsa Indonesia.

Itu dia tentang sejarah hari lahirnya pancasila dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan, apa diantara kamu sudah memikirkan seperti apa kegiatan tema hari lahir Pancasila 2023 mendatang? yuk meriahkan hari lahir Pancasila di wilayah tempat tinggal Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.