Seorang umat muslim sedang berdoa di samping masjid saat matahari terbenam

Semua orang pasti mengenal apa arti ibadah puasa.

Ibadah puasa adalah suatu ibadah yang mengharuskan umat Muslim untuk menahan diri dari makan, minum dan kegiatan-kegiatan tertentu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari selama bulan Ramadhan.

Ibadah puasa biasanya hanya dilakukan oleh umat Muslim 1 bulan penuh dan dimulai dari bulan kesembilan dalam kalender Hijriah.

Puasa menurut syariat Islam disebut dengan Shaum berasal dari kata Arab, berarti Ibadah yang bersifat wajib dilaksanakan ketika bulan ramadhan tiba, dan puasa ini akan ditutup dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Sebenarnya puasa memiliki tujuan,  yaitu membentuk umat-nya memiliki sikap teladan dan meningkatkan ketaqwaan seorang umat Muslim kepada Allah SWT.

Lalu apakah puasa memiliki hikmah dan manfaat? Tentu saja, menjalankan ibadah puasa terdapat banyak sekali hikmah dan manfaat di bulan ramadhan menurut Islam.

Dibawah ini, ada 9 hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari dan manfaat yang dapat di ambil dan juga dipelajari pada saat menjalankan ibadah puasa agar dapat menyempurnakan ibadahnya.

9 Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan

kedua tangan berdoa menghadap langit senja
source: freepik.com

1. Kesabaran

Hikmah pertama yang didapatkan saat berpuasa adalah meningkatkan kesabaran.

Hal itu dikarenakan puasa melibatkan menahan diri dari makan, minum dan aktivitas tertentu selama waktu puasa.

Sebenarnya, ini dapat membantu umat Muslim untuk mengembangkan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Kendali Diri

Pada bagian kedua ada namanya meningkatkan kendali diri.

Puasa juga melibatkan pengendalian diri, termasuk mengendalikan nafsu dan emosi, serta menghindari perilaku yang tidak bermanfaat atau berdampak buruk bagi seorang umat Muslim.

Hal ini tentunya dapat membantu seorang umat Muslim untuk mengembangkan kemampuan mengendalikan dirinya dan juga mengelola perilaku dengan bijaksana.

3. Kualitas Ibadah

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan tujuan mengikhlaskan niatnya hanya kepada Allah SWT.

Dengan melakukan puasa dengan niat yang benar, umat Muslim dapat memperbaiki kualitas ibadah mereka dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Hal ini juga di sebut sebagai meningkatkan kualitas ibadah seorang umat Muslim.

4. Kesehatan

Puasa juga memiliki manfaat meningkatkan kesehatan, termasuk membantu membersihkan tubuh dari racun, memperbaiki pencernaan, mengurangi risiko penyakit kronis, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Kepedulian Sosial

Puasa juga mengajarkan umat Muslim untuk lebih peka terhadap kondisi sosial mereka, terutama bagi semua umat yang kurang beruntung.

Hal itu dikarenakan puasa dapat mendorong umat Muslim untuk memberikan sedekah, berbagi makanan, dan juga membantu sesama yang sedang membutuhkan, serta meningkatkan rasa empati dan juga meningkatkan kepedulian sosial.

6. Rasa Syukur

Dalam bulan puasa, umat Muslim diajarkan untuk bagaimana caranya bersyukur atas nikmat makanan, minuman, dan juga kenikmatan lainnya yang seringkali diambil sebagai hal yang biasa-biasa saja.

Umat Muslin yang sedang menjalani puasa, mereka akan tahu bagaimana caranya menghargai nikmat-nikmat tersebut dengan lebih dalam dan juga meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

7. Kualitas Hidup Spiritual

Puasa juga dapat membantu umat Muslim untuk lebih fokus pada aspek spiritual dalam hidup mereka, serta meningkatkan hubungan mereka dengan Allah SWT.

Selain itu, umat Muslim juga akan mendapatkan peningkatan pemahaman mereka tentang agama Islam.

8. Kualitas Hubungan Sosial

Pada saat menjalankan ibadah puasa, umat Muslim juga dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial.

Baca juga :  3 Alasan Zakat Fitrah Dikeluarkan Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Hal itu dikarenakan dalam agama Islam di ajarkan nilai-nilai penting seperti toleransi, pengampunan, dan penghormatan terhadap sesama manusia.

Menjalankan ibadah puasa juga dapat memperbaiki hubungan dengan keluarga, teman, dan tentunya juga dengan masyarakat secara umum.

9. Disiplin Diri

Bagian terakhir ada namanya meningkatkan disiplin diri.

Puasa selalu melibatkan jadwal makan dan minum yang terbatas, serta aturan-aturan tertentu yang harus diikuti pada saat melakukan ibadah puasa.

Hal ini bertujuan untuk membantu umat Muslim untuk mengembangkan disiplin diri dalam menjalani rutinitas puasa dan mengatur pola makan serta minum dengan bijaksana.

9 Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan Menurut Islam

keluarga muslim sedang melihat pemandangan di gunung langkawi
source: flickr.com

Manfaat berpuasa dalam agama Islam tidak hanya sebatas manfaat fisik semata saja, tetapi juga memiliki arti spiritual yang mendalam.

Dalam ajaran Islam puasa memiliki tujuan utama, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa dan kesalahan, serta meningkatkan kualitas iman dan taqwa seseorang.

Selain itu, berpuasa juga memiliki manfaat sosial dan moral yang dapat diambil.

Hal tersebut adalah, dapat membantu meningkatkan kepedulian sosial terhadap orang yang kurang beruntung, meningkatkan empati dan toleransi terhadap sesama, serta membentuk sikap sabar dan tawakal dalam menghadapi berbagai tujuan hidup.

1. Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan hanya dengan niat ikhlas untuk Allah SWT.

Dengan menjalani puasa, umat Muslim dapat meningkatkan kesadaran dan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT.

2. Ketaatan Kepada Allah SWT

Puasa memiliki makna yang sangat penting dalam agama Islam.

Saat berpuasa, umat Muslim menahan diri dari makan, minum, dan juga menahan diri dari hubungan suami-istri dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT dalam Al-Quran.

Selain itu, umat Muslim juga diwajibkan untuk memperbanyak amal ibadah dan meningkatkan kualitas taqwa dan kesadaran spiritualnya.

3. Pembersihan Diri

Berpuasa memiliki manfaat yang besar dalam pembersihan diri dari berbagai bentuk perilaku dan kebiasaan buruk.

Puasa dianggap sebagai ibadah yang dapat membantu seseorang untuk membersihkan hati dan pikiran dari segala dosa dan kesalahan yang dilakukannya di masa lalu.

Dalam agama Islam, berpuasa diwajibkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan sebagai bentuk pembersihan diri secara spiritual.

Saat berpuasa, seseorang diharapkan untuk menghindari segala bentuk perilaku dan tindakan yang tidak berkenan kepada Allah SWT, seperti berbicara dusta, memfitnah, mencela, dan melakukan perbuatan yang merugikan orang lain.

Selain itu, berpuasa juga dapat membantu seseorang untuk membersihkan diri dari kebiasaan buruk, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan makanan atau minuman yang tidak sehat.

Puasa dapat membantu seseorang untuk memperkuat niat dan tekad dalam menjauhi berbagai bentuk perilaku buruk serta membentuk kebiasaan berbuat baik dan sehat.

4. Kesehatan Fisik

Manfaat puasa bagi kesehatan fisik itu sangat banyak sekali, yaitu tubuh mengalami perubahan metabolik yang signifikan sehingga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan fisik.

Kesehatan fisik yang didapatkan pada saat berpuasa di antara lain turunnya berat badan, meningkatnya metabolisme tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan otak dan juga memperbaiki kualitas tidur.

5. Kualitas Ibadah yang Lebih Baik

Puasa dapat membantu umat Muslim untuk memperbaiki kualitas ibadah mereka, seperti meningkatkan kualitas shalat, dzikir, dan tilawah Al-Qur’an, serta merenungkan makna dan hikmah puasa itu sendiri.

6. Penyucian Hati dan Jiwa

Puasa juga dapat membantu membersihkan hati dan jiwa dari sifat-sifat negatif seperti kemarahan, kebencian, kedengkian, dan meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai moral dan etika Islam.

7. Solidaritas Sosial

Saat melakukan ibadah puasa, rasa empati dan kepedulian juga meningkat terhadap sesama yang sedang membutuhkan,

Karena umat Muslim diajarkan untuk berbagi makanan, memberikan sedekah, dan membantu mereka yang kurang beruntung.

8. Mengasah Kualitas Mental

Puasa dapat membantu umat Muslim untuk mengasah kualitas mental seperti ketahanan mental, keberanian, dan kegigihan dalam menghadapi tantangan hidup.

9. Pembentukan Kebiasaan Baik

Puasa adalah ibadah yang dilakukan secara rutin selama bulan Ramadhan, sehingga dapat membantu umat Muslim untuk membentuk kebiasaan baik seperti menjaga pola makan yang sehat, meningkatkan ibadah lainnya dan juga mengatur waktu dengan bijaksana.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.