Kenapa kita harus sholat

Bagi umat muslim yang telah mengenal agama Islam pastilah sudah mengetahui dan bertanggung-jawab akan kewajibannya sebagai seorang penganut agama Islam, yaitu Shalat.

Namun, bagaimana dengan anak-anak yang masih belum mengerti tentang kewajiban shalat, atau bahkan seseorang yang ingin memperdalam ilmu agama Islam, hal yang paling utama yang akan mereka  tanyakan kepada kita yang lebih mengerti adalah, Kenapa kita harus sholat?

Pernahkah ayah bunda mendengar sang buah hati menanyakan hal tersebut? Hal ini tentu menjadi pendidikan dasar bagi sang buah hati untuk menjelaskan tentang agama Islam dan kewajiban sebagai umat Muslim secara perlahan.

Dan acap kali juga kita menemukan seseorang yang berbeda agama dan ingin mengenali agama Islam mempertanyakan hal tersebut, sebagai seorang muslim kita wajib untuk menjelaskan berdasarkan tanggung jawab dan ajaran Rasulullah, tanpa memandang siapa yang bertanya. Karena itu lah yang dinamakan toleransi dalam beragama.

Lantas, untuk menjawab kenapa kita harus shalat kepada anak kita nantinya, dan juga kepada seseorang yang ingin mendalami ilmu agama Islam, maka simak artikel ini hingga tuntas.

Alasan Kenapa Kita Harus Sholat

Rasulullah pernah bersabda yang berbunyi  :

Shalat adalah tiang agama, sehingga siapa pun yang mendirikan shalat, sejatinya ia telah mempertahankan pondasi agama. Sebaliknya, mereka yang meninggalkan shalat, sesungguhnya telah merusak dasar-dasar agama.” Oleh karena itu, mari kita tetap teguh dalam menjalankan ibadah shalat, agar kita tidak termasuk golongan yang menghancurkan pondasi agama.

Kemudian, Kenapa shalat itu tak boleh ditinggalkan? Karena shalat adalah amal yang akan ditanyai di hari perhitungan nanti. Kutipan ini juga terdapat di dalam Al-Quran tentang hari pembalasan.

Norkholis juga mengutip Dari Abu Hurairah ra berkata: “Aku mendengar Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal hamba adalah shalat. Jika shalatnya baik ia benar-benar telah beruntung dan sukses. Dan jika shalatnya rusak benar-benar telah celaka dan merugi.”(HR. at-Tirmidzi dan an-Nasa’i).

Sebagai kewajiban yang ditetapkan oleh Allah SWT, sholat menjadi ibadah yang tidak bisa diabaikan oleh umat Muslim, di artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang lima alasan seseorang umat Muslim harus mengerjakan shalat lima waktu.

Dengan kewajiban tersebut,  penting bagi kita untuk menjaga kualitas dan ketaatan dalam menjalankan shalat sebagai salah satu kewajiban dalam agama Islam.

Shalat bukan sekadar rutinitas harian, melainkan ikatan spiritual yang menghubungkan kita dengan Allah SWT dan juga ujian pada hari akhir. Ketika seseorang umat Muslim mengerjakan  ibadah shalat shalat lima waktu, maka sangat banyak keutamaan dan keberkahan yang diperoleh dalam kehidupan di dunia hingga tiba hari perhitungan akhirat yang merupakan kehidupan paling kekal bagi manusia.

Keutamaan Shalat

Koneksi dengan Allah

Di tengah kesibukan dunia yang menjadi faktor utama seseorang bisa saja melupakan tanggung jawab  sebagai umat Muslim.

Namun, pada kenyataannya sudah seharusnya kita sebagai umat Muslim melakukan tanggung jawab ibadah shalat lima waktu di tengah kesibukan dunia.  Dengan begitu, menjalin hubungan dengan berkomunikasi secara spiritual meminta kepada Allah, maka keberkahan dalam kehidupan yang sedang kita jalani.

Penyucian Diri

Shalat bukan hanya sekedar gerakan semata. Bagi umat Islam shalat sebagai penyucian diri, berserah diri kepada Allah dalam setiap gerakan yang di iringi dengan bacaan doa-doa Al-Quran, sebagai penyucian hati dan pikiran kita.

Baca juga :  Mengenal Konsep Reinkarnasi Dalam Agama Buddha

Setiap gerakan shalat memiliki makna dan arti yang mendalam, Ketika umat kita sujud, kita menunjukan kalau kita itu rendah, tidak ada yang lebih kuat daripada Dia.

Kemudian, shalat juga ajarkan tentang kebersihan. Sebelum shalat, kita wajib membersihkan badan dengan berwudhu, Ini jadi pengingat buat menjaga kebersihan dan kesehatan kita sehari-hari.

Ketaatan

Shlalat mengajarkan kita tentang ketaatan dan patuh. Suatu ajaran yang bagus untuk kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh, shalat itu buat menunjukan bahwa kita patuh sama perintah Allah. Pas azan dikumandangkan, itu merupakan tanda buat kita berhenti sejenak dari urusan dunia, dan kita patuh dengan mengikuti panggilan-Nya.

Jadi, intinya, shalat itu lebih dari sekadar gerakan-gerakan. Itu juga cara kita menunjukan ketaatan kita kepada Allah dalam hidup sehari-hari. Jadi, walaupun kita sibuk dengan urusan dunia, shalat tetap jadi prioritas buat memperlihatkan bahwa kita taat dan mengingat Allah dalam semua aspek hidup kita.

Pemeliharaan Waktu

Tidak bisa di pungkiri bahwa, dalam kehidupan modern yang semakin hektik dan sibuk, kita sering kali terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang memakan waktu dan energi.

Nah, shalat menjadi pengingat sebagai kehidupan kelak yang kekal buat kita. Setiap waktu shalat, azan memanggil, dan itu seperti alarm buat kita berhenti sejenak. Kita  meninggalkan sebentar dari rutinitas kita yang sibuk buat berkomunikasi sama Yang Maha Kuasa.

Begitu kita shalat, kita punya waktu buat introspeksi, buat merenung, dan memulihkan energi kembali untuk aktivitas selanjutnya.

Jadi, itu ini merupakan sebuah cara buat jaga keseimbangan antara rutinitas sibuk kita dengan spiritualitas dan kesehatan mental.

Kesatuan Umat

menyatukan ibadah umat Islam di mesjid
menyatukan ibadah umat Islam di mesjid

Keutamaan shalat berikutnya menyatukan setiap umat Muslim di lingkungan kita. Pada dasarnya seorang laki-laki diwajibkan untuk shalat di mesjid terdekat.

Maka dari itu, di rumah Allah, mesjid kita dapat bersilahturahmi dengan sesama umat Muslim yang ada, Setelah shalat jamaah bisa saja mendengarkan ceramah yang di bawakan oleh udztad di mesjid tersebut.

Hal ini tentu bisa menyatukan kesatuan antar hubungan dengan umat Muslim lainnya yang lebih terjalin dan harmonis di kehidupan sehari-hari.

Pembersihan Dosa

Apakah dengan shalat bisa menghapus dosa kita yang telah berlalu?

Iya, karena shalat bisa dianggap sebagai cara untuk membersihkan dosa dalam Islam. Shalat merupakan salah satu bentuk ibadah yang melibatkan pengakuan dosa dan permohonan ampun kepada Allah SWT.

Maka mengerjakan shalat dengan khusyuk dan kesungguhan, niat tulus, dan perubahan perilaku juga sangat diperlukan dalam proses tobat dan pengampunan.

Shalat hanyalah salah satu aspek dari upaya untuk membersihkan dosa dan mendekatkan diri kepada Allah.

Pengalaman Spiritual

Dalam kehidupan ada kalanya seseorang umat Muslim terkadang hilaf dan salah langkah dalam kehidupannya. Pengalaman spiritual menjadikan seseorang akan mengenal mana yang terbaik untuk kehidupannya berdasarkan ajaran Islam yang telah dianutnya.

Maka dari itu, memperkuat  ibadah dan keyakinan dalam menjalankan shalat sebagai rutinitas berdasarkan tanggung jawab dengan khusyuk, maka kita akan  menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, shalat itu benar-benar menggali dimensi spiritual dalam hidup kita.

Dengan begitu kenapa kita harus sholat dalam lima waktu merupakan kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan oleh umat Muslim.

Oleh karena itu, marilah kita tetap memegang teguh tiang agama ini dan terus memperbaiki kualitas shalat kita agar kita dapat meraih keberuntungan dan kesuksesan di akhirat.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.