Kegiatan natal yang menarik

Merencanakan kegiatan natal yang menarik memang menjadi keinginan yang antusias setiap umat Kristen untuk memeriahkan perayaan di momen hari yang penting itu.

Mengingat hari raya natal yang diperingati umat Kristen di seluruh dunia sebagai bentuk penghormatan dalam mengenang dan merayakan kelahiran Yesus.

Setiap tahunnya di bulan Desember, menjadi bulan yang identik dengan liburan natal dan tahun baru dalam kalender Masehi.

Saat Natal tiba, semangat dan suka cita mulai menjadi  momen yang ditunggu-tunggu, di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan hari perayaan Natal.

Namun, Sudahkah Anda memiliki ide untuk perayaan Natal tahun ini? Jika  belum dan ingin mencoba merayakan Natal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mungkin terlihat lebih klise dan kurang meriah, maka cerita berkat punya beberapa contohnya untuk kamu.

Kegiatan Natal yang Menarik Dilakukan

Perayaan Natal tahun 2023 mendatang akan sangat berbeda dengan perayaan yang Anda lakukan di tahun-tahun sebelumnya, mengingat  2 tahun belakang pemerintahan menganjurkan kita untuk aktivitas di rumah saja yang terkendala dengan adanya covid 19 di Indonesia.

Namun, pada tahun ini, pemerintahan juga sudah mengumumkan kebijakan kebebasan untuk beraktivitas di luar rumah.

Lantas apa saja kegiatan baru yang bisa dilakukan untuk mengisi perayaan Natal di tahun 2023 mendatang? Mari simak selengkapnya.

Mendekor Rumah Bersama

Tahapan pertama dalam perayaan natal tentu mendekorasi rumah berdasarkan konsep yang bernuansa Natal.

Mendekorasi rumah bukan sekedar perayaan saja, melainkan semangat baru dalam menyambut kehidupan di tahun berikutnya.

Cobalah untuk berkreasi dengan ide-ide dekorasi yang unik. Anda bisa membuat hiasan Natal sendiri atau membeli hiasan yang unik dan artistik. Jangan lupa untuk memasang pohon Natal di ruang tamu dan menggantungkan lampu-lampu berkilauan di sekitarnya

Dekosari yang unik dan nyaman ini akan menciptakan atmosfer yang hangat dan akrab ketika berkumpul bersama keluarga dan juga teman-teman.

Bertukar Kado

Acara Natal tentu tidak lengkap tanpa adanya momen tukar kado. Nah, ini bisa menjadi momen keakraban Anda bersama keluarga tentunya bersama anak-anak yang sangat menantikan momen pertukaran kado di perayaan Natal.

Agar lebih menarik dan membuat penasaran siapa yang memberikan kado tersebut, anda bisa memainkan ide seperti “Secret Santa”.

Dimana pertukaran kado dengan mendapatkan satu undian nama dari kotak undian yang memberikan hadiah khusus untuk orang itu  dan tidak diketahui siapa pemberi kado tersebut, kemudian si penerima harus menebak siapa yang memberi kado itu pada nya.

Membuat Kue Natal

membuat kue Natal bersama keluarga
membuat kue Natal bersama keluarga

Siapa yang tidak suka makanan lezat selama Natal? Tentu makanan khas di saat Natal akan selalu menjadi makanan yang nikmat untuk dihidangkan.

Salah satu kegiatan yang paling menarik adalah membuat kue Natal bersama keluarga. Anda bisa mencoba resep tradisional seperti kue buah, kue stollen, atau gingerbread cookies.

Atau, jika Anda lebih suka yang modern, Anda dapat bereksperimen dengan kreasi kue Natal yang unik, seperti kue Natal khas Italia, yang biasa di kenal dengan panettone (roti manis dengan kismis) dan pandoro (kue Natal yang lezat) sangat populer.

Membuat kue bersama adalah cara yang sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga sambil menikmati makanan lezat.

Baca juga :  Apa yang Dipercaya dan Tidak Dipercayai oleh Ateis?

Menghias Pohon Natal

Dari tahun ke tahun Pohon Natal selalu menjadi ikonik utama dalam perayaan Natal.

Namun teknik menghias pohon natal lah yang harus kita kreasikan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Anda bisa melibatkan seluruh keluarga untuk menghias pohon secara, hal ini akan menjadi momen yang menyenangkan dan hangat sebelum menyambut perayaan Natal.

Memberikan kesempatan pada setiap anggota keluarga untuk mengeluarkan kreatifitasnya untuk memilih ornamen favorit mereka dan menghias pohon bersama-sama. Ini adalah momen yang penuh canda tawa dan kebahagiaan.

Jangan lupa untuk memutar lagu-lagu Natal yang meriah sambil menghias pohon  sebelum merayakan perayaan Natal di hari esok.

Beribadah Bersama

Persiapan menyambut perayaan Natal menjadi sempurna dengan mengikuti ide-ide yang telah kita bahas di atas.

Nah, Natal sebagai perayaan hari mengenang Yesus Kristus sebagai sang Juru selamat manusia, maka kegiatan terpenting dalam perayaan Natal adalah beribadah bersama keluarga.

Beribadah bersama keluarga dan teman-teman adalah kegiatan yang penuh makna untuk mengenang pengorbanan Yesus Kristus.

Anda bisa menghadiri  Gereja pada hari Natal dan mengikuti tata cara ibadah Natal sesuai dengan ajaran Alkitab Kristen.

Ini adalah kesempatan untuk bersatu dalam iman dan merayakan Natal dengan penuh rasa syukur.

Sehingga dengan beribadah di Gereja dapat meningkatkan makna kebahagiaan dan perjuangan baru yang akan lebih baik untuk umat Kristen.

Makan Malam Bersama

makan bersama keluarga di perayaan Natal
makan bersama keluarga di perayaan Natal

Pada malam harinya, setelah melakukan perayaan dan mengikuti ritual dan tradisi ibadah Natal di Gereja, umat Kristen selalu menutup perayaan dengan makan malam bersama keluarga.

Momen istimewa tersebut,  di mana semua orang berkumpul di sekitar meja untuk menikmati hidangan lezat.

Anda bisa mencoba hidangan tradisional seperti kalkun panggang, ham glaze, atau hidangan khas negara Anda.

Namun, Anda juga bisa mencoba sesuatu yang berbeda dengan menciptakan menu kreatif khusus Natal.

Jangan lupa untuk membuat hidangan penutup yang lezat seperti pudding Natal atau mince pie.

Mempersiapkan Hampers Natal

Selain bertukar kado bersama keluarga di saat acara perayaan Natal, mempersiapkan hampers untuk teman dan rekan kerja yang jauh menjadi ide perayaan yang menarik.

Karena, pada perayaan tidak semua orang bisa untuk selalu berkumpul dengan keluarganya, maka hampers Natal dapat menjadi penyambung silaturahmi dan menghadirkan kebahagiaan yang tulus lewat hampers Natal.

Maka persiapkan jauh-jauh hari atau di awal bulan Desember untuk merancang hampers Natal terbaik untuk kesayangan kamu.

Tentu saja, tidak ada jarak yang terlalu jauh sebagai penghalang menjaga hubungan dan kedekatan.

Selain itu, Hampers untuk kebaikan juga menjadi ide yang memberikan cinta dan kebaikan kepada mereka yang membutuhkan. Anda bisa mengumpulkan makanan, pakaian, atau barang-barang lain yang berguna dan memberikannya kepada mereka yang kurang beruntung.

Tentunya perayaan Natal dengan berbagi bersama mereka yang membutuhkan semakin hangat melalui cinta kasih yang disalurkan lewat donasi online atau berkunjung ke yayasan di lingkungan kita untuk berbagi keberkahan.

Itu tadi beberapa ide kegiatan natal yang menarik bisa menjadi istimewa untuk merayakan bersama keluarga dan teman-teman.

Tujuh kegiatan di atas bisa jadi pengisi waktu saat Natal tiba. Kamu sudah kepikiran mau melakukan yang mana saja?

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.