Jangan tinggalkan sholat 5 waktu

Halo sobat Muslim! Jangan biarkan kesibukan dunia membuat Anda melupakan sholat, karena hanya di dalam-Nya kita menemukan ketenangan.

Sholat merupakan tiang agama dalam Islam dan menjadi kewajiban bagi setiap umat Muslim untuk melaksanakannya dalam lima kali sehari semalam. Ada banyak keberkahan bagi seorang Muslim dalam menjalankan kewajibannya dengan kita harus menunaikan sholat 5 waktu. Namun, sayangnya, tidak semua orang sadar akan pentingnya menjalankan sholat secara tepat waktu. Beberapa mungkin meremehkan kewajiban ini karena berbagai alasan, seperti kesibukan, kelalaian, atau kurangnya pemahaman tentang manfaatnya.

Padahal, meninggalkan sholat 5 waktu dapat membawa kerugian yang besar bagi kehidupan kita sebagai umat Muslim. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas alasan mengapa meninggalkan sholat 5 waktu dapat merusak kehidupan seorang Muslim di dunia.

Alasan Jangan Tinggalkan Sholat 5 Waktu

Tidak ada alasan yang membenarkan bagi seorang Muslim untuk meninggalkan kewajibannya di kehidupan ini. Sholat merupakan panggilan Allah, sebagai umat Muslim wajib melaksanakan perintah Allah SWT. Dengan sholat secara tepat waktu, kita meneguhkan ketaatan dan ketaqwaan kepada-Nya.  Menunaikan sholat memiliki manfaat yang luar biasa seperti, memberikan ketenangan batin, perlindungan dari godaan syoiton serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Dalam sholat, kita berdoa dan memohon ampun-Nya. Maka, jika seseorang meninggalkan sholat berarti kita melepaskan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengabaikan salah satu kewajiban utama sebagai seorang Muslim.

Adapun bagi mereka umat Muslim yang dengan sengaja meninggalkan sholat, maka Allah telah memberikan ganjaran yang setimpal untuk mereka yang menghianati Allah SWT. Beberapa alasan bagi seorang Muslim untuk jangan tinggalkan sholat 5 waktu, jika Anda seorang Muslim tidak ingin mendapatkan ganjaran seperti yang berikut ini.

Menjadi Bagian Orang Kafir

Salah satu konsekuensi serius dari meninggalkan sholat 5 waktu adalah menjadi bagian dari golongan orang kafir. Sholat adalah tanda ketaatan seorang Muslim kepada Allah SWT dan menolak untuk melaksanakannya berarti menolak untuk tunduk kepada perintah-Nya.

Dalam Al-Quran, Allah sangat menekankan pentingnya sholat dan menyatakan bahwa orang-orang kafir adalah orang-orang yang lalai dalam ketaatan kepada-Nya. Jadi, dengan meninggalkan sholat, seseorang berisiko mendekatkan diri pada gelanggang kekafiran.

Rasulullah SAW bersabda:

اَلْعَهْدُ الَّذِيْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلَاةُ ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ.

Yang artinya : “Perjanjian antara kita dengan mereka adalah shalat. Barang siapa meninggalkannya, maka ia telah kafir”.

Tidak Diselamatkan Saat di Akhirat

Sholat memiliki peran penting dalam menyelamatkan seseorang di akhirat. Rasulullah SAW bersabda bahwa sholat adalah “pemisah antara iman dan kekafiran.” Artinya, sholat adalah batas antara keselamatan dan kebinasaan.

Pada hari akhir kelak segala amal perbuatan manusia akan diperhitungkan termasuk perkara sholat. Karena sholat menjadi ibadah paling utama dihisab di hari kiamat kelak. Maka, jika seseorang meninggalkan sholat tanpa alasan yang dibenarkan, dia tidak akan mendapatkan perlindungan dari Allah di akhirat nanti. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak ulama menganggap meninggalkan sholat sebagai tanda kelemahan iman dan ketidaktaatan.

Doa Tidak Dikabulkan

Seperti yang kita ketahui setiap manusia memiliki hasrat yang ingin di panjatkan dalam sebuah doa yang ditunjukkan kepada Allah, dan Allah SWT sangat penyayang dan murah hati dalam menjawab segala doa hamba-Nya.

Ketika seseorang enggan untuk berkomunikasi dengan Allah melalui sholat, itu mencerminkan ketidakseriusan dan ketidakpedulian terhadap hubungan dengan Sang Pencipta. Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa doa seseorang tidak akan dikabulkan jika dia meninggalkan sholat. Jadi, bagi yang ingin doa-doa mereka dikabulkan, sholat adalah kunci utamanya.

Baca juga :  Apa itu Buah Nipah? Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Meninggal Dengan Terhina

Kerugian meninggalkan sholat 5 waktu selanjutnya ialah Manusia akan meninggal dengan terhina, meninggalkan sholat secara terus menerus tanpa alasan yang sah maka seseorang akan mendapatkan tempat di akhirat berupa neraka.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa seseorang hamba dan kekafiran serta kesyirikan adalah meninggalkan sholat. Jika seseorang tidak mengerjakan sholat, ia berisiko menempatkan dirinya di dalam lingkaran kekafiran dan berada dalam bahaya terjerumus ke dalam api neraka.

 Menjadi Penghuni Neraka

api neraka
sumber : pexels

Barang siapa umat Muslim yang meninggalkan sholat maka pada akhir zaman (akhirat) mereka golongan orang-orang yang meninggalkan sholat menjadi bagian penghuni neraka.

Hal ini juga di jelaskan dalam Al-Quran tentang seorang Muslim yang meninggalkan sholat akan di masukan neraka qadar.

[74:42] “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam qadar (neraka)?”. [74:43] Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.” (qs. al-mudatsir ayat 42-43).

Maka dari itu, sebagai umat Muslim menjaga sholat 5 waktu secara istiqomah perlu kamu lakukan untuk menghindari menjadi bagian orang-orang yang merugi. Sebab di akhirat kelak, maka hanya penyesalan yang akan tersisa bagi orang-orang yang merugi meninggalkan sholat.

Allah Memandang Rendah

Allah SWT menginginkan yang terbaik bagi hamba-Nya dan memberikan petunjuk yang jelas melalui ajaran Islam. Sholat adalah salah satu bentuk ibadah yang paling utama dan merupakan cara bagi seorang Muslim untuk berkomunikasi langsung dengan Tuhannya.

Jika seseorang secara terus-menerus mengabaikan panggilan-Nya untuk sholat, Allah bisa saja memandang rendah hamba tersebut karena ketidaktaatannya. Menghargai sholat berarti menghargai perintah Allah, sedangkan mengabaikannya berarti mengabaikan perintah-Nya.

Selanjutnya orang-orang yang meninggalkan sholat dalam kehidupannya di dunia akan selalu hidup tanpa keberkahan dari Allah SAW.

Manfaat untuk Orang yang Rajin Shalat

Jangan tinggalkan sholat 5 waktumu selama Anda mampu dalam menunaikan ibadah tersebut!

Mendapatkan keberkahan di kehidupan kita tentang kesehatan, rezeki, dan keberkahan lainnya merupakan sebuah hasrat dari setiap manusia di kehidupan ini. Sebagai umat Muslim tentu Allah adalah sang Maha segalanya, tempat kita memohon, tempat kita mengadu dengan berkomunikasi dan meminta kerberkahan dalam kehidupan kita.

Sebaliknya, bagi mereka yang rajin melaksanakan sholat, ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh :

  • Mendapatkan kedamaian batin dan ketenangan pikiran.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Mendapatkan perlindungan dari segala bentuk godaan dan kejahatan.
  • Memperkuat hubungan dengan sesama Muslim melalui salat berjamaah.
  • Menjaga disiplin dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah dalam hidup dan rezeki.

Tidak dapat disangkal bahwa sholat 5 waktu memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seorang Muslim. Meninggalkan sholat memberikan ganjaran dan hukuman yang sangat berat bagi seorang muslim di akhirat kelak, di dunia hukuman bagi seseorang yang meninggalkan sholat adalah dosa besar, dan di akhirat seorang yang telah meninggalkan sholat dapat menjadi bagian dari orang kafir dan menjadi penghuni neraka. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk menyadari betapa besar nilai dan manfaat yang dapat diperoleh melalui pelaksanaan sholat dengan baik dan benar.

Jadi, mari kita tingkatkan kualitas sholat kita, tingkatkan kesadaran akan kewajiban sebagai umat Muslim. Dan selalu berusaha menjadi lebih baik dalam ketaatan kepada Allah SWT.

Ingatlah, sholat adalah pintu gerbang menuju kebahagiaan dan kesuksesan, baik di dunia maupun di akhirat. Jangan tinggalkan sholat 5 waktu, karena jika tidak, kita mungkin menyesali keputusan tersebut ketika telah terlambat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.