hadits belajar al quran

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Karena di dalamnya banyak sekali ayat dan hadits-hadits sebagai petunjuk bagi kita umat Islam untuk menjalani kehidupan di dunia. Oleh karena itu cara memperlakukan Al Quran yang benar adalah dengan membaca untuk memahaminya kemudian menerapkannya dalam setiap aspek kehidupan seseorang. Inilah yang diperintahkan Allah. Sesuai dengan sabda Rasulullah dalam beberapa hadits keutamaan belajar Al Quran.

Karena Al-Quran adalah petunjuk bagi kita yang telah di siapkan oleh Yang Maha Kuasa, dengan kurung waktu yang lama membutuhkan 22 tahun lamanya Al-Quran di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk pertama kalinya. Maka sudah tentu kita wajib untuk mempelajarinya.

Dalam hadits Rasulullah SAW dan para Sahabat telah memberikan penekanan yang kuat terhadap pentingnya belajar Al-Quran. Dalam artikel ini, kami akan membahas 9 hadits keutamaan belajar Al Quran yang penuh makna. Dengan mengetahui dan memahami hadits-hadits ini di harapkan para pembaca dapat semakin termotivasi untuk lebih meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SAW dengan melantunkan surat-surat Al-Quran.

9 Hadits Keutamaan Belajar Al Quran

Setiap amalan yang kita lakukan tentu Allah SWT telah mempersiapkan balasan atau ganjaran bagi siapa saja yang mengamalkan amalan tersebut. Termasuk dengan amalan belajar Al-Quran, Berikut 9 hadits keutamaan belajar Al Quran bagi umat Muslim yang mengamalkannya.

kewajiban seorang muslim membaca Al-Quran
kewajiban seorang muslim membaca Al-Quran

1. Belajar Al-Quran Merupakan Orang Baik

Rasulullah pernah bersabda yang diriwayatkan dalam hadits Iman Al-Bukhari yang berbunyi :

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Latin : Khayrukum man ta’allamal Quran wa a’llahu”

Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Belajar A-Quran bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk berbagi ilmu dengan orang lain. Dalam hadits ini, Rasulullah mengajarkan bahwa mereka yang belajar dan mengajar Al-Quran adalah orang-orang yang paling baik di antara kita.

2. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ

اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

Dari Abu Umamah al Bahili iya berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (Hadis Shahih diriwayatkan oleh imam Muslim).

Hadits di atas menjelaskan bahwa kita sebagai Umat Muslim harus menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama hari kita. Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah mendekatkan diri bersamanya di dunia. Jika kita menjaganya di dunia, niscaya Al-Quran akan menjaga kita dengan memberikan syafaat/pertolongan di akhirat kelak.

3. Mendapatkan Pahala yang Berlipat

Membaca Al-Quran membawa pahala yang berlipat-lipat. Bahkan membaca satu huruf saja kita memiliki pahala yang besar.

Semua itu telah di jelaskan dalam sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi :

وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران » متفقٌ عليه

“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim).

4. Orang yang Membaca Al-Quran Memiliki Bau Mulut yang Harum

Nabi Muhammad juga telah menyampaikan tentang perumpamaan pada umat Muslim yang membaca Al-Quran. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Permisalan orang yang membaca Al Qur’an dan mengamalkannya adalah bagaikan buah utrujah, rasa dan baunya enak. Orang mukmin yang tidak membaca Al Qur’an dan mengamalkannya adalah bagaikan buah kurma, rasanya enak namun tidak beraroma. (HR. Bukhari, no. 5059).

Membaca Al-Quran dengan tekun memberikan manfaat fisik, seperti yang Rasulullah jelaskan bahwa dengan membaca Al-Quran kita memiliki bau wangi seperti buah utrujah.

5. Dijanjikan Allah Akan Bersama dengan Malaikat

Allah telah menjanjikan untuk bersama para malaikat kepada mereka yang membaca dan memahami Al-Quran. Ini adalah kehormatan yang besar bagi seorang Muslim.

Baca juga :  Doa Sebelum Baca Surat Yasin yang Perlu Kamu Ketahui!

Rasulullah SAW bersabda untuk orang-orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan bersama para malaikat-Nya;

عن عائشة رضي اللَّه عنها قالتْ : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم

الَّذِي يَقرَأُ القُرْآنَ وَهُو ماهِرٌ بِهِ معَ السَّفَرةِ الكرَامِ البررَةِ » متفقٌ عليه .

Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim).

 6. Diberikan Pahala per Huruf

Hadits ini di peruntukan untuk mereka yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Quran. Namun Allah maha baik lagi maha penyayang, bagi mereka Allah tetap memberikan pahala jika umatnya mau belajar Al-Quran. Allah SWT memberikan balasan dua pahala setiap huruf yang di baca.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah yang berbunyi :

وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران » متفقٌ عليه

Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim).

Hadits keutamaan belajar Al Quran di atas menunjukkan betapa besarnya pahala yang diberikan oleh Allah SWT kepada mereka yang mau belajar membaca Al-Quran. Bahkan setiap huruf yang kita baca allah menggantikan dengan berlipat pahala.

 7. Mengangkat Derajat

عن عمرَ بن الخطابِ رضي اللَّه عنهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال

إِنَّ اللَّه يرفَعُ بِهذَا الكتاب أَقواماً ويضَعُ بِهِ آخَرين » رَوَاهُ مُسْلِمُ

Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Quran), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim).

Hadits bagi umat Muslim yang mau membaca dan mempelajari Al-Quran bukan hanya meningkatkan pengetahuan kita, tetapi juga mengangkat derajat dan mendekatkan diri kita kepada Allah SAW.

8. Mendapatkan Rahmat Allah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله  وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ،

إلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ » رَوَاهُ مُسْلِمُ.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah/masjid, untuk membaca Al-Quran dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut nama mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada didekat-Nya (para malaikat).” (HR. Muslim)

Dalam tafsir hadits lainnya juga menyebutkan membaca Al-Quran maka membawa berkah dan rahmat Allah SWT kepada kita. Ini adalah tanda kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya yang tekun memahami kitab suci Al-Quran.

9. Dicintai Allah

Mengkhatamkan Al-Quran amalam yang paling di cintai Allah SWT. Dalam hadits riwayat Iman Tarmidzi dijelaskan :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ : الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ – قَالَ :

وَمَا الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ؟ قَالَ الَّذِي يَضْرِبُ مِنْ أَوَّلِ الْقُرْآنِ إِلَى آخِرِهِ كُلَّمَا حَلَّ ارْتَحَلَ .(رواه الترمذي : 2872 – سنن الترمذي –

بَاب مَا جَاءَ أَنَّ الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ – الجزء : 10 – صفحة : 202)

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi: 2872, Sunan Tirmidzi, juz 10, hal.202)

Itu adalah beberapa hadits keutamaan belajar Al Quran yang harus kita amalkan. Karena dengan begitu kita mendapatkan  ketenangan, kedamaian hati dan penuh dengan keberkahan.

Mulailah mengamalkan dan mempelajari Al-Quran sedikit demi sedikit setiap harinya.

Jangan ragu untuk membagikan hadits keutamaan belajar Al Quran  ini kepada orang lain, karena berbagi ilmu juga termasuk dalam kebaikan yang diajarkan oleh Islam.

FAQ

Apakah kita wajib menghafal Al-Quran?

Tidak, meskipun menghafal Al-Quran sangat baik, tidak semua orang diharapkan untuk melakukannya. Karena tidak ada dalil yang menunjukan wajibnya hal tersebut. Yang penting adalah memahami dan mengamalkan pesan yang terkandung dalam Al-Quran.

Apa pahala menghafal Al-Quran?

Menghafal Al-Quran miliki banyak keutamaannya, salah satu pahala bagi seseorang yang menghafalkannya mendapat syafaat di hari kiamat, hingga Allah SWT telah menjanjikan kelak ia akan bersama para malaikat-Nya.

Semoga bermanfaat.

Salah satu sumber  : kemenag.go.id

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.