Ayat Al Quran tentang sabar

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dan bahkan setiap manusia di muka bumi di hadapkan pada berbagai macam ujian dan tantangan yang berbeda-beda. Dalam kehidupan penuh dengan perubahan dan ketidakpastian, sabar adalah salah satu aspek kunci dalam menghadapi semua itu. Hal ini di tuangkan dan tertulis Di dalam ayat Al Quran tentang sabar.

Ajaran Islam mengajarkan tentang sabar tidak hanya di anggap sebagai sifat yang baik, melainkan juga sebagai landasan kokoh dalam memahami dan menjalani kehidupan. Nah kita sering, Meluapnya amarah dengan cepat akan suatu hal, tak kala banyak yang menyebutkan bahwa sabar itu adalah diam. Namun, sabar itu tentang hati yang senantiasa tenang dan bersabar meski jiwa ditimpa berbagai “kesakitan”dan cobaan dalam hidup.

Tahukah Anda, bahwa Sabar dan bersyukur adalah dua nilai yang sering kali melengkapi perjalanan hidup kita. Dengan melewati tingkat sabar dan selalu bersyukur akan membawa kita pada pada tingkat kemuliaan dan kemenangan di dunia hingga akhirat.

Seperti kisah para inspirasi Islam di Dunia yang menggambarkan tingkat kesabaran dan rasa syukur mereka dalam menjalani kehidupan yang penuh ujian dan tantangan, namun kisah Inspiratif Islam  ini melewati rintangan dengan mengahayati kedua nilai tersebut.

Dalam artikel ini kami tidak hanya memberikan pandangan mendalam tentang konsep sabar dalam Islam, akan tetapi juga membawa kita semua lebih dekat kepada ayat-ayat Al-Quran yang menyuratkan tentang sabar.

Ini adalah serangkaian ayat yang dapat Anda baca untuk mendapatkan pencerahan dan keberkahan di jalan kita dalam menghadapi cobaan dan ujian yang Allah SWT berikan kepada kita sebagai bentuk ujian iman dan ketaqwaan.

 7 Ayat-Ayat Al Quran Tentang Sabar

7 ayat Al Quran tentang sabar yang akan kita bahas bersama-sama ini, menjadi jalan pencerahan spiritual untuk meningkatkan kesabaran dalam menjalani kehidupan yang lebih mendapatkan ketenangan, kebijakan, dan keyakinan dalam kehendak Allah.

Berikut ayat-ayat tentang sabar di dalam Al-Quran.

1. Surat As Sajdah Ayat 24

yang berbunyi :

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا ۖ وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ

Bahasa Latin: Wa ja’alna min-hum aimmatay yahdụna bi amrina lamma ṣabarụ, wa kanụ bi ayatina yụqinụn

Artinya : “Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.”

Ayat di atas, mengingatkan kita bahwa Allah menciptakan hidup dan mati untuk menguji siapa di antara kita yang lebih baik dalam perbuatan. Ayat ini mengajarkan kita untuk bersabar dalam menghadapi ujian hidup.

2. Surat Az Zumar Ayat 53

Yang berbunyi :

۞ قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ

إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Bahasa latin :

Artinya : “Katakanlah : Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat di atas mengajarkan kita bahwa Allah tidak akan pernah menzalimi hamba-hamba-Nya. Ini adalah peringatan bahwa sabar adalah kunci untuk menghadapi kesulitan dan mencari rahmat Allah.

3. Surat Al Baqarah Ayat 153

Yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Baca juga :  Apakah Pindah Agama itu Dosa Menurut Agama yang Ada?

Bahasa latin :  Ya ayyuhallazina amanusta’inụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalah, innallaha ma’aṣ-ṣabiran

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Ketika kita membaca ayat di atas, kita merasakan lebih dekat dengan Allah yang akan memberikan pertolongan kepada hamba-Nya yang tetap teguh dan berserah diri dalam kesabaran menghadapi kesulitan di hidupnya.

4. Surat An Nahl Ayat 126

Yang berbunyi :

وَإِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوا۟ بِمِثْلِ مَا عُوقِبْتُم بِهِۦ ۖ وَلَئِن صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِّلصَّٰبِرِينَ

Bahasa latin : Wa in ‘āqabtum fa ‘āqibụ bimiṡli mā ‘ụqibtum bih, wa la`in ṣabartum lahuwa khairul liṣ-ṣābirīn

Artinya :”Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.

Ketika kita menghadapi masalah dan kesulitan, namun kita tetap melewatinnya dengan rasa sabar dan bersyukur dan selalu memberikan bantuan kepada sesama ketika kita mendapati kesulitan, maka Allah akan memberikan balasan akan kesabaran tersebut melebihi apa yang yang kamu harapkan.

5. Surat Thaha Ayat 132

Yang berbunyi :

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَٱلْعَٰقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

Bahasa latin: Wa`mur ahlaka biṣ-ṣalāti waṣṭabir ‘alaihā, lā nas`aluka rizqā, naḥnu narzuquk, wal-‘āqibatu lit-taqwā

Artinya : “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.

6. Surat Al Kahfi Ayat 28

Surat Al Kahfi ayat 28 yang berbunyi :

وَٱصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ ٱلَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِٱلْغَدَوٰةِ وَٱلْعَشِىِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُۥ ۖ

وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ

وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُۥ عَن ذِكْرِنَا وَٱتَّبَعَ هَوَىٰهُ وَكَانَ أَمْرُهُۥ فُرُطًا

Bahasa latin : Waṣbir nafsaka ma allazina yad’ụna rabbahum bil-gadāti wal-‘asyiyyi yurīdụna waj-hahụ wa lā ta’du ‘aināka ‘an-hum, turīdu zīnatal-ḥayātid-dun-yā, wa lā tuṭi’ man agfalnā qalbahụ ‘an żikrinā wattaba’a hawāhu wa kāna amruhụ furuṭā

Artinya : “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Allah SWT di pagi hari dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini

7. Ali Imran Ayat 200

Yang berbunyi :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Bahasa latin : Ya ayyuhallazina  amanusbirụ wa ṣabirụ wa rabiṭụ, wattaqullaha la’allakum tufliḥụn.

Artinya : ” Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.

Ayat Al Quran tentang sabar di atas mengajarkan kita, tentang bagaimana hikmah setelah kita membaca ayat tersebut, maka Allah SWT akan senantiasa memberikan kekuatan dan kesabaran tanpa batas terhadap hambanya yang selalu bertakwa kepada-Nya.

Sabar merupakan nilai penting dalam Islam, dan Al-quran mengajarkan banyak ayat tentang pentingnya sabar dalam menghadapi ujian hidup. Ketika kita membaca dan mengamalkan ayat-ayat di atas, dapat membantu umat Muslim menjalani kehidupan kedepannya dengan penuh kesabaran dan kepercayaan kepada Allah SWT.

Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat dalam memahami konsep sabar dalam Islam.

Sebarkan pesan tentang sabar dan bagikan pemahaman ayat Al Quran tentang sabar ini kepada sesama umat Muslim, sehingga kita semua dapat menjalani kehidupan dengan penuh keberanian dan ketenangan dalam menghadapi segala ujian yang Allah berikan kepada kita.

FAQ :

Quran surat apa yang menjelaskan tentang sabar?

Ayat Al Quran tentang sabar yang Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Apa itu sabar dalam Islam?

Sabar itu tentang sikap tabah hati yang senantiasa tenang dan bersabar meski jiwa ditimpa berbagai tantangan dan cobaan dalam hidup.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.