Bangunan bersejarah di kota Semarang

Kota-kota besar memiliki sejarahnya masing-masing, diantaranya cerita-cerita yang tertuang pada bangunan kuno hingga candi-candi dengan arsitektur yang mempesona. Seperti kota Solo dan Yogyakarta yang memiliki keraton hingga candi-candi menawan yang terkenal di Indonesia. Kota Bandung dengan bangunan gedung sate yang berada di pusat kota, hingga bangunan kota tua yang berada di pusat ibu kota Jakarta. Sama halnya dengan kota yang saya sebutkan tadi, bangunan bersejarah di kota Semarang juga tak kalah menarik untuk kita jelajahi.

Kota Semarang yang menjadi ibu kota Jawa Tengah, bukan hanya menjadi pusat industri di Jawa Tengah, namun kota ini juga menjadi pusat keindahan arsitekturnya dan pesona zaman kolonialnya. Karena kota besar Jawa Tengah ini memiliki motto Kota Atlas yang merupakan kependekan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat. Maka dari itu, dengan motto tersebut kota ini sangat banyak di kunjungi oleh para pelancong untuk berwisata menikmati keindahan kota Semarang dengan berbagai bangunan wisata bersejarah.

Jika Anda berkunjung ke kota Semarang, Anda akan merasakan kembali kisah-kisah yang tak lekang oleh waktu pada masa penjajahan Kolonial. Kali ini cerita berkat akan memperkenalkan sembilan bangunan peninggalan bersejarah di Kota Semarang yang tak hanya ikonik, tetapi juga menjadi jendela penginggat bagi para pengunjung menuju waktu yang telah berlalu.

9 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang

Jika kamu berkunjung ke kota Semarang. Berikut Rekomendasi liburan wisata bangunan bersejarah di kota Semarang.

Kota Lama Semarang

Yang pertama adalah ikonik dari kota Semarang dan menjadi bangunan paling paling populer hingga saat ini yaitu Kota lama Semarang yang di kenal dengan bangunan-bangunan ala eropa jaman dulu kala. Tak kalah dengan Kota Tua yang ada di Jakarta, Kota Lama Semarang juga akan membuat mu merasa kembali ke masa lampau.

Kawasan wisata Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan wisata sejarah dengan berbagai bangunan kuno ala Eropa. Di bangun sejak abad ke-18 pada masa Hindia Belanda. Awalnya, Kota Lama merupakan pusat pemerintahan Semarang dan pusat permukiman para masyarakat Belanda.

Berlokasi di pusat kota Semarang dan bangunan tersebut dikelilingi kanal-kanal dengan bangunan khas Eropa menjadikan Kota Lama Semarang mirip sebuah kota yang berada di Belanda, karena itulah Kota Lama Semarang mendapat julukan Little Netherland.

Tak hanya bisa melihat-lihat dan mengagumi keindahan bangunannya. Sekitaran lokasi kota lama Semarang ini, kamu juga akan menemukan beberapa obyek wisata menarik dan instagenic seperti bangunan museum Semarang Contemporary Art Gallery, 3D Trick Art Museum Semarang Gereja Blenduk, dll.

Rute Kunjungan ke kota lama Semarang

Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu, siapa sih yang tidak tahu dengan tempat wisata ini?

Lawang Sewu adalah tempat wisata sejarah yang ada di Kota Semarang dan juga menjadi salah satu ikon kota Semarang yang terkenal. Lawang Sewu sangat terkenal akan kemistisannya yang selalu membuat penasaran para pengunjung wisatawan.

Jika Anda berkunjung ke Lawang Sewu ini, Anda juga ikut merasakan aura mistis di lokasi tersebut. Dengan bangunannya yang megah dan khas Belanda itu, ditambah lagi lokasinya yang sangat strategis membuat Lawang Sewu selalu banyak di datangi oleh pengunjung.

Orang mungkin banyak mengagumi bangunan Lawang Sewu yang sangat klasik dan membawa kita pada sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa lalu. Namun tahukah Anda bagaimana sejarah Lawang Sewu jaman dulu, yang merupakan sebuah gedung pusat perkantoran untuk mengurus perkeretaapian milik NISM yang di kendalikan oleh kolonial Belanda pada pada penjajahan.

Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong atau biasa di kenal oleh masyarakat setempat adalah Kelenteng Gedung batu, merupakan salah satu lokasi wisata sejarah sekaligus tempat peribadatan bagi masyarakat keturunan Tionghoa.

Bangunan ini adalah vihara yang didirikan oleh Cheng Ho, seorang penjelajah Tiongkok terkenal. Dengan arsitektur yang memukau dan nuansa spiritual yang kuat, Sam Poo Kong adalah tempat yang layak dikunjungi.

Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa bangunan, diantaranya yaitu bangunan kelenteng utama atau Sam Poo Kong, kelenteng Kyai juru Mudi, Kelenteng Dewa Bumi, serta gua yang berbentuk relief patung pemujaan Sam Poo Kong pada dinding luar bangunan kelenteng utama.

Baca juga :  Apa itu yang Dimaksud Dengan Makhluk Peta Dalam Agama Buddha?

Walaupun unsur dan sejarah pada bangunan ini melekat pada tradisi Tionghoa, namun bangunan ini menjadi tempat destinasi wisata sejarah yang terbuka untuk umum dan siapa pun yang  ingin menikmati nuansa sejarah Tionghoa tersebut.

Gereja Blenduk

Seperti yang saya bilang di atas, jika Anda ingin mencari bangunan kuno di semarang, cobalah datang ke kawasan kota lama Semarang, di kawasan tersebut Anda akan menemukan bangunan peninggalan pada masa penjajahan yang masih bertahan hingga sekarang.

Gereja Blenduk berada di kawasan kota lama Semarang. Dibangun pada tahun 1753, gereja ini memiliki arsitektur unik dengan bentuk atap bulat yang menonjol. Gereja Blenduk adalah saksi bisu dari sejarah kolonial di Semarang.

Tugu Muda

Tugu muda di Kota Semarang
Tugu muda di Kota Semarang

Tugu muda sebuah monumen  yang berada di sebuah bundaran pusat kota yang mempertemukan jalan-jalan besar di Semarang. Tugu Muda di buat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan serta peringatan penghormatan para pahlawan nasional yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Monumen ini memiliki patung Pangeran Diponegoro yang berani dan kuat, yang mengingatkan kita akan perjuangan panjang bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Masjid Kauman Semarang

Masjid Kauman Semarang
Masjid Kauman Semarang

Masjid Kauman, salah satu mercu suar keislaman Kota Semarang, adalah titik fokus yang penuh dengan makna dan keindahan arsitektur yang bernilai tinggi. Terletak di kawasan Kota Lama, masjid ini tidak hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga sebuah saksi bisu dari perjalanan panjang Kota Semarang melalui zaman kolonial hingga kemerdekaan.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1829 dengan gaya arsitektur Jawa klasik, detail arsitektur dengan pintu-pintu mesjid dihiasi ukiran kayu khas Jawa yang rumit, menciptakan kesan dan keanggunan kekayaan budaya Jawa.

Ada satu hal yang membuat Masjid Kauman semakin unik. Di dalam kompleks masjid ini, terdapat makam Syekh Jumadil Kubro, seorang ulama terkenal yang menjadi tokoh sentral dalam pengembangan agama Islam di Jawa Tengah.

Mercusuar Pelabuhan Tanjung Emas

Bangunan Mercusuar ini sudah termasuk tua, karena berdasarkan tulisan yang terdapat di atas pintu masuk Mercusuar ini, dapat diketahui bahwa tahun pembangunannya adalah  pada tahun 1884. Namun pelabuhan ini tentu ada kaitannya dengan pengembangan pelabuhan pada masa kolonial penjajahan. Dimana pelabuhan ini sebagai pelabuhan export hasil bumi pemerintahan kolonial pada masa tersebut.

Pada masa sekarang, Mercusuar di gunakan untuk memberikan panduan penting bagi kapal-kapal yang masuk dan keluar dari pelabuhan. Dengan ketinggian yang mengesankan, mercusuar ini adalah salah satu mercusuar paling mengesankan di Indonesia.

Pasar Johor

Pasar Johor adalah salah satu pasar tradisional terbesar di Semarang. Dimulai pada tahun 1860 pasar ini menempati bagian timur pasar tradisional yang terkenal di Jawa Tengah.

Meskipun bukan bangunan bersejarah dalam arti tradisional, pasar ini memiliki nilai sejarah sebagai tempat perdagangan yang penting di masa lalu. Anda dapat menjelajahi pasar ini, menikmati keramaiannya, dan menemukan berbagai barang unik dan makanan lezat.

Jembatan Berok

Jembatan tua yang berada di kawasan kota lama Semarang ini merupakan jembatan tua yang menghubungkan wilayah kota lama Semarang dengan daerah lainnya.

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan tertua di Semarang dan menjadi bagian integral dari sejarah transportasi kota, yang saat ini banyak di kunjungi orang-orang Semarang untuk di jadikan spot photo yang mempesona dengan background bangunan khas eropa di kawasan kota lama Semarang.

Itu lah beberapa bangunan bersejarah di kota Semarang yang hingga saat ini masih menjadi salah satu primadona wisata sejarah yang terkenal di Indonesia. Bangunan kuno khas eropa memang membuat kita ingin sekali untuk mengunjungi nya.

Jika Anda mengunjungi Semarang, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi sembilan bangunan bersejarah ini yang telah menjadi bagian integral dari identitas kota ini. Karena banyak cerita yang menarik di balik setiap bangunan kuno di kota Semarang ini.

FAQ

1. Apakah semua bangunan bersejarah di Semarang terbuka untuk umum?

Jawab : Ya, sebagian besar bangunan bersejarah di Semarang terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh wisatawan

2. Berapa Biaya masuk ke gedung Lawang Sewu?

Biaya tiket masuk untuk destinasi wisata Lawang Sewu terbilang sangat terjangkau, dimana tiket untuk dewasa : Rp 20.000 – / Orang, dan untuk anak-anak dan pelajar : Rp 10.000- / Orang. Sedangkan untuk wisatawan Mancanegara : Rp 30.000 – /Orang.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.