Candi yang paling menawan

Candi di Indonesia bisa di bilang amat banyak, karena Indonesia merupakan Negara yang kaya akan warisan sejarah dan budaya dari abad terdahulu. Indonesia memiliki beberapa candi yang paling menawan dan eksotis di dunia, dan banyak di antaranya berusia ratusan tahun. Dari candi Bahal peninggalan kerajaan Maritim di pulau Sumatera hingga candi Prambanan yang terkenal di Pulau Jawa tepatnya Yogyakarta.

Anda mungkin lebih familiar dengan Candi Prambanan dan candi Borobudur yang menjadi wisata sejarah yang paling populer dan belum ada candi lainnya yang menandingi kemegahan dan kepupuleran dari candi tersebut. Namun dari segi sejarah, ada banyak candi lainnya yang tak kalah berharga untuk kita pelajari sejarah hingga latar belakang dari kedua candi terkenal. Karena itu Indonesia telah memberikan beragam pilihan destinasi wisata bagi para pecinta sejarah dan spiritualitas.

Detail unsur batu dan ukuran pada candi ini membaca cerita lama pada masa Kerajaan dan mengajak kita merenung tentang masa lalu yang penuh misteri dan pesona. Dalam artikel, Saya telah merangkum dari 11 Candi yang paling menawan di Indonesia, dan memberikan Anda pandangan tentang masing-masing candi dalam segi pandangan sejarah candi  hingga menjadi objek wisata sejarah yang terkenal. Yuk! Simak beberapa candi-candi yang telah Saya rekomendasi sebagai wisata sejarah dan alam yang masih asri.

11 Candi yang Paling Menawan di Indonesia

Anda dapat menemukan candi-candi paling yang paling menawan di Indonesia dengan berkunjung ke pulau Jawa, Bali Hingga Sumatera. Saya akan mengajak Anda menjelajahi secara online sebelum Anda benar-benar berkunjung ke candi- candi tersebut dan menjelajahi secara nyata.

1. Candi Borobudur

candi borobudur
sumber : shutterstok

Anda pernah berkunjung ke Candi Borobudur? jika belum berdasarkan pengalaman Saya akan memberikan informasi tentang destinasi wisata terkenal di Indonesia.  Di bangun pada abad ke-9 Masehi. Terletak di Jawa Tengah, Borobudur memiliki 9 tingkatan yang melambangkan 9 alam kehidupan menurut ajaran Buddha. Informasi ini di beritahukan oleh pemandian wisata sejarah yang ada di Candi Borobudur tersebut.

Kemudian candi ini peninggalan sejarah Buddha pada masa dinasti kerajaan Syailendra ini terletak di Jawa Tengah. Keindahan arsitekturnya yang megah dan ratusan relief yang menggambarkan ajaran Buddha dan serta kehidupan pada masa lampau, serta reinkarnasinya dalam bentuk cerita yang menakjubkan.

2. Candi Prambanan

candi prambanan
tampilan candi prambanan

Berlokasi tidak jauh dari Candi Borobudur, candi ini juga memiliki pesona yang banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke Candi Prambanan tersebut. Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Berlokasi di Jawa Tengah, Prambanan memiliki 3 candi utama yang melambangkan Trimurti dalam agama Hindu yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa.

Arsitekturnya yang elegan dan detil ukiran yang halus  hingga Kompleks candi ini menjadi objek wisata yang memukau, memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan seni kuno Indonesia kepada pada pengunjung. Dari struktur bangunan yang megah hingga cerita dibalik bangunan candi memberikan pengalaman yang mendalam bagi siapa saja yang datang berkunjung.

3. Candi Gedong Songo

Penduduk pulau Jawa pasti kenal dengan candi yang satu ini  Candi Gedong Songo,  dianggap sebagai salah satu candi yang paling menawan di Indonesia, yang terletak di lereng Gunung Ungaran di Jawa Tengah. Kompleks candi Hindu ini terdiri dari sembilan candi batu terpisah yang dibangun pada abad ke-9.

Candi-candi ini memiliki gaya arsitektur yang khas, dengan garis-garis vertikal dan sedikit ornamen. Mereka memiliki atap piramida dan dibangun dari batu andesit vulkanik tanpa menggunakan adukan semen. Candi-candi ini berorientasi ke arah timur-barat, dengan pintu masuk utama menghadap ke timur.

Lingkungan alam di sekitar Candi Gedong Songo, termasuk hutan hujan tropis yang rimbun, menambah suasana mistis di situs ini. Pendakian ke lereng bukit untuk mencapai candi, dengan pemandangan pedesaan yang menakjubkan di bawahnya, menambah pesona dan keajaiban mengunjungi tempat ibadah bersejarah ini.

4. Candi Bahal

Berdasarkan situs resmi Wikipedia tentang Candi Bahal, menyatakan bahwa candi ini menjadi bukti keberadaan agama Buddha di wilayah kepulauan Sumatera Utara tepatnya di desa Bahal pada masa lalu. Dengan Arsitektur yang menggabungkan unsur-unsur aliran Vajrayana, Candi Bahal memberikan pandangan berharga tentang bagaimana kepercayaan dan budaya berdampingan dalam kemegahan kerajaan.

Candi ini tidak hanya memberikan pengalaman sejarah pada masa kerajaan, namun berdasarkan pengalaman wisatawan yang telah Saya rangkum, berkunjung ke candi ini Anda bakal di suguhi dengan pemandangan sawah dan pedesaan yang indah, dengan berkunjung ke candi ini pengunjung merasakan kedamaian dengan nuansa hening sehingga situasi ini menawarkan wawasan ke dalam praktik-praktik ibadah sehari-hari yang tetap menjadi bagian integral dari kehidupan penganut agama Buddha.

Baca juga :  Kenali Arti Makna dan Fungsi Simbol Pancasila 1 Sampai 5

5. Candi Gambar Wetan

Tak kalah menarik candi yang berada di tengah hutan ini selalu menjadi incaran bagi para pengunjung dari berbagai daerah. Candi Gambar Wetan yang berada di lereng Gunung kelud, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Di kenal sebagai candi misterius dan mistis karena candi ini berada di nuansa hutan yang jauh dari pemukiman warga.

Pada musim liburan, jika Anda bagian dari orang-orang yang mencari kedamaian dalam mengisi waktu liburan, candi ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Karena keindahan dari reruntuhan bangunan candi ini yang unik. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung kesini, coba deh berkunjung ke sini dengan panduan Google Maps berikut.

6. Candi Dieng

candi dieng
sumber : shutterstok

Masih di kepulauan Jawa, Candi Dieng menjadi rekomendasi destinasi wisata sejarah dengan nuansa pegunungan yang ada di sekitar candi tersebut. Candi Dieng juga merupakan ke dalam candi peninggalan Hindu di Indonesia yang di bangun pada abad ke-8 hingga 9 Masehi. Kompleks candi Dieng ini terletak di daratan tinggi Dieng, dengan terdiri dari delapan candi hindu kecil lainnya.

Candi-candi di daratan tinggi Dieng merupakan beberapa contoh terbaik dari arsitektur Hindu-Buddha jawa Kuno. Jika Anda sedang berlibur ke Dieng maka kunjungilah candi bersejarah ini, dengan atap piramida yang menjulang tinggi ke langit memberikan pengalaman yang berharga bagi pengunjung.

7. Candi Sewu

Setelah Anda berkungjung ke Candi Prambanan jangan lupa juga untuk mengunjungi Candi Sewu yang terletak masih dalam komplek candi Prambanan tersebut. Candi yang dibangun pada abad ke-8 Masehi berjarak sekitar delapan ratus meter di sebelah utaran Candi Prambanan. Namun jangan salah sebut penamaan candi ya! Walaupun candi ini berada dalam satu kompleks tapi kedua candi ini memiliki perbedaan dari segi arsitektur bangunan.

Candi Prambanan memiliki bangunan lebih tinggi meruncing sedangkan Candi Sewu cenderung melebar. Walaupun terbilang lebih kecil candi ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Karena candi tersebut masih erat kaitannya dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Sembari berwisata, kalian bisa bersantai dan mengamati keindahan bangunan peninggalan Budha tersebut. Banyak hal unik dan menarik dari Candi Sewu yang tak kalah dari candi-candi lainnya. Kunjungi Candi Sewu dengan panduan lokasi berikut.

 8. Candi Kalasan

Di desa Kalibening, Kabupaten Sleman, ada sebuah candi peninggalan Hindu-Buddha, Candi Kalasan didirikan pada masa pemerintahan Raja Rakai Panangkaran dari Mataran Kuno. Yang menarik dari candi ini terdapat pada arsitektur bangunannya, tubuh dan atap candi ini dihiasi dengan ukiran-ukiran yang sangat indah, terdiri dari relung-relung, sulur-sulur, arca-arca Buddha, dan dagoba-dagoba.

9. Candi Penataran

Kita masih berputar di daerah Jawa, seperti yang Saya bilang di awal bahwa candi-candi ini kebanyakan berdiri di daerah kepulauan Jawa. Candi selanjutnya adalah Candi Penataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Berwisata ke candi ini Anda akan disuguhi komplek percandian yang tersusun sangat unik dan tidak tersusun simetris. Hal ini yang menjadi daya tarik pengunjung untuk melihat bangunan candi bersejarah tersebut.

10. Candi Muara Takus

Candi ini merupakan peninggalan peradaban Buddha dari masa Kerajaan Sriwijaya. Bangunan ini terletak di Desa Muara Takus kabupaten Kampar, Riau. Candi Muara Takus ditemukan pertama kali pada tahun 1860 oleh seorang arkeolog bernama Cornet D. Groot asal Belanda. Yang membuat candi ini begitu istimewa adalah konstruksinya yang terdiri dari berbagai jenis batu, termasuk batu bata, batu pasir, dan batu sungai.

11. Brahu

Candi yang terakhir adalah Candi Brahu, Dibangun dengan arsitektur Buddha pada abad ke 15 Masehi, Candi ini memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata karena arsitektur bangunan yang mengagumkan, bagian dasar candi ini terdiri dari kaki candi, tubuh candi, dan atap candi. Candi ini wajib menjadi kunjungan wisata sejarah jika Anda sedang berada di kota Riau.

Demikian Beberapa rekomendasi dari candi-candi yang paling menawan dan eksotis di Indonesia. Mengenal sejarah kebudayaan Indonesia dengan berkunjung pada peninggalan yang memberikan pengalaman berharga. Jelajahi negeri ini dan nikmati keindahan alamnya yang luar biasa, sejarahnya yang kaya hingga penduduk setempat yang ramah.

FAQ

Candi apakah yang paling megah di Indonesia?

Candi Borobudur Dengan keindahan arsitekturnya yang megah dan ratusan relief yang menggambarkan ajaran Buddha dan serta kehidupan pada masa lampau, serta reinkarnasinya dalam bentuk cerita yang menakjubkan.

Semoga bermanfaat dan mulailah kenali sejarah-sejarah terkenal di Indonesia.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.