Apa yang dimaksud dengan Yehuwa

Apa yang dimaksud dengan Yehuwa? Pernahkah kamu mendengar tentang Yehuwa atau biasa dikenal dengan Yehova? Hanya sedikit dari kita yang akan mengenal bahasa itu.

Sejarah dunia memang sangat banyak, mengajarkan kita tentang literatur budaya, keagamaan hingga ajaran terdahulu dimasa lampau.

Yehova berasal dari bahasa terdahulu yang merupakan aksara tradisional dari kata dalam bahasa Ibrani. Konon bahasa ini muncul dalam bab-bab kitab kejadian agama Kristen.

Tertulis bahwa sebenarnya nama Yehova adalah dari Allah Israel dalam Alkitab Ibrani kuno.

Dalam bahasa Ibrani kuno, dalam kekristenan mengakui bahwa salah satu nama untuk Allah Bapa adalah Yehuwa.

Pada masa itu, hingga sekarang orang kristen atau yang di kenal dengan saksi Yehuwa percaya bahwa mereka harus beribadah secara eksklusif hanya kepada Allah Bapa. (yang kadang-kadang disebut di Alkitab sebagai “Yehuwa”).

Dibandingkan dengan istilah Kristen yang baru muncul pada saat Yesus Kristus lahir dan dianggap sebagai raja atau firman Allah yang diturunkan dalam membimbing umat manusia di kehidupan.

Seperti yang di sebutkan selama pelayanan Paulus ( Kis : 11:26 ) Paulus sering kali menegaskan kalau orang Kristen adalah orang yang menjadi saksi mengenal pribadi Yesus Kristus.

Lantas apa sebenarnya yang di ajarkan dan diamalkan oleh yang disebut dengan pengikut Yehuwa?

Dalam artikel ini, cerita berkat telah merangkum ulasan terperinci dari sebuah kata Yehuwa yang di kenal juga dengan Yehova, pemahaman ini akan menjadi pandangan yang menarik akan stikma yang sering kali kita dengar tentang pengikut dari Yehuwa tersebut.

Sebelum mengenal lebih lebih jauh,  dan penting untuk kita ketahui apa sebenarnya Yehuwa dalam bahasa Ibrani hingga pengertian saat ini

Apa yang Dimaksud dengan Yehuwa

Apa yang ada di balik nama “Yehuwa”? Nama ini merujuk pada Allah dalam keyakinan Yehuwa. Namun, darimana asal usul nama ini?

Menurut sejarah, nama Yehuwa berasal dari bahasa Ibrani יְהֹוָה‎ (Yahweh), yaitu empat huruf יהוה (YHWH) dalam pengucapan tetrammaton. Dan sering diartikan sebagai “Aku ada” atau “Dia Yang Ada.” Nama ini pertama kali muncul dalam Kitab Keluaran di Alkitab Ibrani dan juga Alkitab Kristen.

Alkitab Ibrani
Alkitab Ibrani
Tahun Peristiwa
1870 SM Yehuwa menunjukkan diriNya kepada Nabi Abraham dan membentuk perjanjian dengan dia.
1513 SM Pada saat orang Israel pergi dari Mesir, Yehuwa menampakkan diriNya kepada Nabi Musa dan memberikan perintah kepada dia untuk memimpin orang Israel.
33 M Yehuwa menunjukkan kasihNya kepada umat manusia dengan mengutus AnakNya, Yesus Kristus, untuk menebus dosa manusia.

Penggunaan nama ini kemudian menjadi penting dalam tradisi Yahudi dan Kristen, dan juga dalam kepercayaan Yehuwa. Di kalangan Yehuwa, nama Yehuwa dipandang sebagai nama yang paling suci karena mengacu pada Allah yang sebenarnya.

Itulah sejarah singkat tentang asal usul nama Yehuwa. Namun, penting untuk diingat bahwa arti nama ini jauh lebih penting daripada sekadar sejarahnya. Nama ini menjadi penting karena merujuk pada Allah yang dipercayai oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Siapa Yehuwa Itu

Berdasarkan propoganda yang mungkin kita dengar adalah apakah Yehuwa adalah nama tuhan yang sebenarnya?

Dalam pandangan ini, ada benarnya dan tidak juga kita kondisikan dalam beberapa sejarah yang lampau.

Dan sebenarnya, ini tergantung pada apa yang dimaksud, karena memang benar Yehuwa nama Tuhan dalam bahasa Ingris modern, dan benar dalam bahasa Ibrani Kuno.

Baca juga :  7 Dampak Negatif Jika Terjadinya Perang Dunia untuk Negara

Ketika membahas mengenai Yehuwa, tidak dapat dipisahkan dengan penjelasan mengenai sejarahnya.

Dalam sejarahnya , Yehuwa adalah satu-satunya Allah yang benar dalam Alkitab. Dia adalah Pencipta segala sesuatu. (Penyingkapan 4:11) Yehuwa adalah Allah yang disembah nabi Abraham, nabi Musa, dan juga Yesus. (Kejadian 24:27; Keluaran 15:1, 2; Yohanes 20:17) Dia bukan Allah bangsa tertentu saja, tapi Allah semua orang di ”seluruh bumi”.—Mazmur 47:2.

Sejak zaman kuno juga,  Yehuwa telah dikenal sebagai Allah yang disembah oleh bangsa Israel. Namun, peran Yehuwa dalam sejarah tidak terbatas pada bangsa Israel saja.

Dalam sejarahnya, Yehuwa juga terlibat dalam peristiwa-peristiwa besar seperti kelahiran dan kebangkitan Yesus Kristus, yang merupakan tokoh penting dalam agama Kristen. Selain itu, Yehuwa juga diyakini memberikan ajaran dan petunjuk untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.

Apa yang menjadi kepercayaan saksi-saksi Yehuwa

Sebagain doktrin dalam agama Kristen yang mempercayai ajaran lampau tentang Yehuwa meyakinkan bahwa para mereka yang disebut dengan para saksi-saksi Yehuwa memiliki perbedaan dengan agama Kristen lainnya.

Dimana doktrin yang mereka percayai Sebagai umat Yehuwa,  bahwa Alkitab adalah kitab suci yang diilhami oleh Tuhan dan merupakan sumber dari kebenaran dan ajaran-ajaran yang benar.

Kemudian memahami bahwa Alkitab bukanlah kitab yang mudah dipahami, dan karenanya kami membutuhkan bantuan Roh Kudus untuk memahami pesan yang terkandung di dalamnya.

“Hubungan antarmanusia yang harmonis adalah hal yang sangat penting dalam praktik keagamaan Yehuwa. Mereka percaya bahwa dengan mencintai sesama dan memperlakukan orang lain dengan hormat, kita dapat menciptakan dunia yang lebih baik dan damai”.

 

Itulah beberapa hal yang kita bahas mengenai Yehuwa. Melalui penjelasan mengenai arti, asal usul, ajaran, kepercayaan terhadap Alkitab, pandangan terhadap kehidupan dan moralitas  kami berharap dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai Yehuwa dan apa yang diyakininya.

Dari berbagai penjelasan tentang Yehuwa, dapat dilihat bahwa keyakinan ini sangat fokus pada Alkitab, cinta kasih, dan kehidupan yang harmonis.

Dalam praktiknya, Yehuwa menekankan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesimpulan ini, kami ingin menyampaikan bahwa meskipun Yehuwa memiliki kepercayaan dan praktik yang berbeda dari agama lainnya, namun semangat kebersamaan dan cinta kasih dapat dipelajari oleh semua orang.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

FAQ

1. Asal Usul Nama Yehuwa?

Jawab : Nama Yehuwa berasal dari bahasa Ibrani “YHWH” yang merupakan nama pribadi Allah. Asal usul nama ini dapat ditelusuri dalam sejarah dan tradisi agama Yahudi.

2. Apa saja Ajaran-Ajaran Yehuwa?
Jawab : Yehuwa mengajarkan beberapa keyakinan dasar yang dipegang oleh komunitas mereka, antara lain adalah keimanan pada satu Allah, pentingnya Alkitab sebagai sumber ajaran, dan penolakan terhadap perang dan kekerasan.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.