Tempat Wisata Bersejarah di IndonesiaTempat Wisata Bersejarah di Indonesia

Sebagai seorang warga Indonesia, saya memiliki keinginan besar bisa menjelajahi banyak keajaiban yang tersebar di tanah air tercinta ini. Salah satu impian yang paling di sukai oleh setiap orang termasuk saya, yaitu menikmati perjalanan wisata yang memukau dengan mengunjungi berbagai tempat wisata bersejarah di Indonesia.

Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memang terkenal dengan keindahan alam dan tradisi peninggalan situs bersejarah yang tidak hanya mempesona dari sudut pandang mata, tetapi juga menyimpan cerita-cerita kuno yang begitu menarik perhatian para pengunjung dan menjadi pengalaman berharga untuk setiap pengunjung wisata tersebut.

Kesempurnaan peninggalan bersejarah masa lalu salah satunya terletak pada ribuan candi yang tersebar di Indonesia, dan inilah 11 Candi menawan yang wajib Anda kunjungi, jika Anda seorang pecinta sejarah dan keindahan Arsitektur.

Kita akan membahas lebih lanjut tentang destinasi wisata bersejarah lainnya yang tersebar di Indonesia, meskipun Anda telah berkunjung pada artikel kami tentang 11 candi menawan, negeri ini masih menyimpan banyak rahasia bersejarah yang sudah seharusnya kita bahas dan menjadi rekomendasi untuk perjalanan wisata yang mengesankan. Dengan mengeksplorasi lebih dalam, Anda akan menemukan pesona dan keberagaman tempat wisata bersejarah Indonesia yang masih belum banyak diketahui.

9 Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia

Berikut sembilan tempat wisata bersejarah di Indonesia yang menakjubkan. Candi kuno, bangunan kolonial, dan situs bersejarah lainnya yang menarik untuk dikunjungi  :

Candi Prambanan

Daerah Jawa memang terkenal banyak peninggalan candi dari kerajaan masa lalu. Terletak di Yogyakarta candi ini dikenal candi Roro Jonggrang yang memiliki kisah legendaris dan terkemuka di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

Terletak hanya beberapa kilometer dari Candi Borobudur, Candi Prambanan adalah bukti luar biasa dari kemajuan peradaban Hindu di masa lalu yang di bangun pada abad ke-9 oleh dinasti Mataram.

Candi ini memiliki cerita kuno yang berkaitan dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Jika Anda belum pernah mendengar kisah tersebut, artikel kami pernah membahas kisah sejarah Candi Prambanan dan menceritakan kisah legenda Candi Prambanan.

Candi Borobudur

Tidak ada daftar candi bersejarah di Indonesia yang lengkap tanpa menyebutkan Candi Borobudur. Candi ini adalah salah satu keajaiban dunia, dan strukturnya yang megah serta relief-reliefnya yang indah menggambarkan perjalanan menuju pencerahan dalam ajaran Buddha.

Candi Borobudur peninggalan monumen kerajaan Hindu-Buddha terbesar di dunia, di bangun pada abad ke 9 M, hingga saat ini masih menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Lawang Sewu

Semarang, Jawa Tengah, juga memiliki peninggalan sejarah yang mempesona yang tidak boleh dilewatkan. Berdirinya bangunan arsitektur kolonial Belanda yang di kenal dengan “Lawang Sewu”, yang artinya “seribu pintu”.

Bangunan megah dan memiliki sejarah yang unik ini telah menjadi ikon kota Semarang dan menyimpan berbagai kenangan dari masa lalu yang penuh warna. Dibangun oleh Belanda pada awal februari tahun 1904 dan selesai tahap kedua pada tahun 1918.¬† Lawang Sewu awalnya adalah kantor pusat kereta api Swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Matschappij (NISM). Nama Lawang Sewu sendiri, yang berarti “seribu pintu” dalam bahasa Jawa, bukanlah sekadar nama. Meskipun hanya memiliki beberapa ratus pintu, bangunan ini memiliki banyak jendela kaca yang besar, yang memberikan kesan seakan memiliki ribuan pintu ketika Anda melihatnya dari luar.

Hingga saat ini Lawang sewu menjadi tempat wisata sejarah. Selain itu, Gedung lawang Sewu juga disewakan untuk kegiatan pameran, ruang pertemuan, pemotretan, shooting, festival, pentas seni dan workshop lain sebagainya.

Gedung Sate

Gedung sate adalah salah satu ikon arsitektur di Bandung, Jawa barat. Dibangun pada tahun 1920-an oleh arsitek terkenal, Gedung Sate memiliki tampilan unik dan memiliki ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya.

Bangunan ini dulunya digunakan sebagai markas pemerintahan Hindia Belanda dan sekarang menjadi pusat administrasi pemerintahan Provinsi Jawa Barat, tetapi juga sebagai salah satu tempat wisata bersejarah yang populer di Bandung.

Klenteng Sam Poo Kong

Semarang menarik perhatian lagi tentang destinasi wisata bersejarah. Bangunan yang di sebut dengan Klenteng Sam Poo Kong, juga dikenal masyarakat daerah sebagai Klenteng Gedung Batu karena bentuknya merupakan gua batu besar yang berada di sebuah bukut batu. Bangunan ini merupakan tempat ibadah umat Tiongkok yang bersejarah di Semarang.

Baca juga :  Ketahui Cara Beribadah Agama Hindu untuk Pengetahuan

Bangunan Klenteng ini didirikan oleh seorang penjelajah Tiongkok, Zheng He/ Cheng Ho, pada abad ke-15. Selain sebagai tempat ibadah, Klenteng Sam Poo Kong juga menjadi tempat wisata yang menarik dengan arsitektur khas Tiongkok.

Masjid Istiqlal

mesjid Istiqlal di Jakarta
mesjid Istiqlal di Jakarta

Umat Muslim di Indonesia sudah pasti mengenal Masjid Istiqlal, yang terletak di Jakarta, mesjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dan mesjid terbesar keenam di dunia dalam hal kapasitas jamaah. Dibangun pada tahun 1978, masjid ini adalah simbol persatuan dan kemerdekaan Indonesia. Arsitekturnya yang megah dan lingkungannya yang luas menjadikannya tempat yang indah untuk beribadah dan menjelajahi sejarah Indonesia.

Berkunjung ke Masjid Istiqlal adalah pengalaman yang tak terlupakan. Begitu Anda memasuki halamannya yang luas, Anda akan segera terpesona oleh arsitektur yang mengagumkan. Kubahnya yang besar dan menara tinggi menghadap langit membentuk pemandangan yang sangat mengesankan.

Di dalam masjid, Anda akan merasakan ketenangan yang mendalam saat Anda berjalan di bawah kubah-kubah yang indah dan melihat mozaik yang menghiasi dinding-dindingnya.

Pengalaman spiritual yang Anda rasakan di sini, ditambah dengan keunggulan arsitektur yang megah, membuat Masjid Istiqlal menjadi tempat yang begitu istimewa dan berkesan.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah istana kerajaan yang masih dihuni oleh Sultan Yogyakarta hingga saat ini. Terletak di pusat Yogyakarta, Keraton ini adalah salah satu saksi hidup sejarah Jawa. Anda dapat menjelajahi kompleks istana yang indah, museum, dan menikmati pertunjukan seni tradisional di sini.

Pilihan keraton Yogyakarta menjadi destinasi wisata sejarah merupakan pengalaman yang mengesankan. Bangunan bersejarah ini menghadirkan pesona kebudayaan Jawa yang kaya dengan megahnya arsitektur khas kraton, taman-taman yang hijau, dan paviliun-paviliun yang indah. Dinding-dindingnya yang bermotifkan relief, warna-warna tradisional yang mencolok, serta tata letak yang simetris menciptakan suasana yang khusyuk dan penuh keagungan.

Keunggulan sejarah dan kebudayaan yang tertanam dalam dinding-dinding Keraton Yogyakarta menjadikannya salah satu destinasi bersejarah yang tidak hanya memukau mata, tetapi juga meresap dalam hati.

Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu kebanggaan Palembang. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dengan menara setinggi 63 meter. Dibangun pada tahun 1738, Masjid Agung Palembang adalah situs bersejarah yang mencerminkan kekayaan budaya Palembang.

Berkunjung ke Masjid Agung Palembang merupakan pengalaman yang mempesona. Terletak di tepi Sungai Musi, masjid ini menawarkan pemandangan sungai yang menakjubkan. Keindahan arsitektur masjid ini juga memukau. Kubah megah dan menara tinggi menciptakan siluet yang mengagumkan di langit Palembang.

Pengalaman untuk sholat di Mesjid ini dengan arsitekturnya yang megah, menjadikannya tempat yang tak hanya memberi damai di hati Anda, tetapi juga memberi inspirasi akan kebesaran agama dan seni.

Benteng Rotterdam

Tempat wisata bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Benteng Rotterdam, terletak di Makassar, adalah benteng bersejarah yang dibangun oleh Belanda pada abad ke-17. Benteng ini adalah salah satu peninggalan kolonial yang paling terkenal di Indonesia. Anda dapat menjelajahi dinding-dinding benteng, merasakan atmosfer bersejarah, dan menikmati pemandangan indah dari atas bangunan benteng.

Terletak di pesisir Pantai Losari, benteng ini memancarkan pesona bersejarah yang tak tertandingi. Benteng ini menarik perhatian dengan dinding-dinding batu megahnya yang tegap dan jendela-jendela berbingkai kayu yang khas. Dari atas benteng, Anda dapat menikmati pemandangan indah laut Makassar yang membentang luas.

FAQ

1.Apakah tiket masuk ke tempat Wisata bersejarah di Indonesia ini mahal?

Jawab : Harga tiket masuk bervariasi, tetapi sebagian besar tempat ini memiliki harga yang terjangkau.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata bersejarah di Indonesia?

Jawab : Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat ini adalah selama musim liburan atau cuaca yang baik.

Itulah beberapa wisata terkenal dari sekian banyak lagi wisata sejarah di Indonesia. Negara kita kaya akan warisan sejarah yang menakjubkan, dari candi kuno hingga bangunan kolonial, tempat-tempat wisata bersejarah ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan sehingga memikat setiap orang berkunjung dan merasakan kesempatan untuk merenung, belajar dari kesalahan masa lalu, dan menerapkan pelajaran tersebut dalam kehidupan saat ini.

Jika Anda berkunjung ke salah satu daerah di yang telah kita bahas di atas, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata Bersejarah di Indonesia yang telah kami sebutkan di atas.

Selamat menjelajahi Indonesia dengan beragam budaya dan sejarah.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.