Sebelumnya kita telah membahas tentang kehidupan rohani pasca kenaikan Isa Almasih dimana kehidupan umat kristiani yang mengajarkan tentang bimbingan, pengertian dan kekuatan. Tentang bagaimana Isa Almasih mempengaruhi kehidupan rohani pada Agama kristen baca Disini. Pasca Kenaikan Yesus Kristus, juga di turunkan-Nya roh Kudus kepada para rasul dan juga murid-murid-Nya. Peristiwa ini memberikan peran roh Kudus dalam kehidupan selanjutnya atau kehidupan ilahi.

Peranan roh Kudus dalam kehidupan merupakan janji Yesus kepada para rasul dan murid-murid-Nya sebagai penolong, roh Kudus adalah satu pribadi dalam Tritunggal, bersama dengan Allah Bapa dan Yesus Kristus. Yesus mengutus Roh Kudus untuk hadir di tengah-tengah orang kepercayaan dan gereja-Nya. Roh Kudus turun dalam rupa tiupan angin dan lidah-lidah api yang hinggap di atas para murid, (bdk. kisah para rasul 2:1-13). Peristiwa ini terjadi pada hari Pentakosta. Dengan menerima Roh Kudus, para murid menerima kekuatan dan semangat baru.

Roh kudus hadir dalam setiap kehidupan orang yang menerima Yesus Kristus sebagai juruselamat pribadi mereka, peran roh kudus pada seseorang yang mempercayai Kristus akan mengubah kehidupan baru yang di bimbing oleh roh kudus menjadi kehidupan baru yang rohani. Beberapa Peran kunci roh kudus yang dalam kehidupan seorang Kristen :

Roh Kudus Sebagai Pembimbing dan Penolong

Setelah beberapa hari kenaikan Yesus, para murid berkumpul dan bertekun dalam doa menantikan janji Yesus akan jiwa sebagai penolong. Turunnya roh Kudus membawa harapan baru untuk para murid-murid mewartakan Yesus keseluruh dunia. Karunia atas roh Kudus para murid-murid mampu berbicara dalam berbagai bahasa dan setiap perkataan murid mampu dipahami setiap orang. Pada hari pentakosta murid-murid mendapatkan kekuatan dari Allah dan mulai untuk mewartakan injil ke berbagai tempat.

Seperti janji Yesus sebagai penolong umat-Nya, Roh Kudus yang di turunkan Yesus Hadir sebagai penolong yang memberikan kekuatan, penghiburan dan bimbingan kepada orang percaya. Dia membantu orang alam doa, memberi kebijaksanaan, dan membimbing dalam kehidupan sehari-hari.

Transformasi Hidup dan Kemenangan atas Dosa

Roh Kudus terlibat dalam proses pembaharuan dan transformasi rohani dalam kehidupan orang percaya. Dia bekerja dalam hati dan pikiran mereka untuk mengubah karakter mereka menjadi lebih serupa dengan Kristus, menghasilkan buah Roh seperti kasih, sukacita, damai, kesabaran, kebaikan, kemurahan hati, kesetiaan.

Dalam kisah para rasul yang memberikan contoh perubahan kehidupan terhadap rasul Paulus. Sebelum dilahirkan kembali dia amat senang dalam memenjarakan orang kristen. Setelah bertemu dengan Kristus, keinginannya berubah, ia berani mengorbankan apa saja asal kehendak Tuhan terwujud dalam hidupnya. 

Roh Kudus menerangkap pada manusia tentang dosa, kebangkitan Kristus menjadi bukti kemenangan Kristus di atas kayu salib, memberikan kuasa untuk hidup menjadi pemenang atas dosa. 

Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.” (1 Korintus 15:57)

Kematian Yesus untuk menebus dosa-dosa kita dan kebangkitan-Nya membuktikan Dia telah mengalahkan dosa. Kemenangan itu ada pada diri kita yang percaya kepada Kristus sesuai dengan kebenaran, dan itu akan menjadi nyata dan menyatukan semua orang percaya menjadi satu tubuh dengan Kristus, yaitu Gereja-Nya. 

Melayani dan Membangun Tubuh Kristus

Melayani dan membangun tubuh Kristus merupakan panggilan yang diberikan kepada setiap orang kristen. Gereja menjadi acuan pada keseluruhan tubuh Kristus. Melayani tubuh kristus melibatkan tugas dan ajaran dalam peran Gereja.

Ibadah dan pengajaran Al-Kitab cara paling utama dalam membangun tubuh Kristus. Biasanya melibatkan seorang menjadi pendeta, pengajar, pemimpin ibadah. Kristiani dalam membangun tubuh kristus melakukan pelayanan sosial dengan berupa melayani orang miskin, memberikan makanan kepada orang yang kelaparan hingga merawat orang sakit.

Melayani dan membangun Tubuh Kristus melibatkan mengabarkan Injil kepada mereka yang belum mengenal Yesus Kristus. Ini dapat dilakukan melalui pelayanan misi lokal atau internasional, seperti memberikan dukungan kepada misionaris, terlibat dalam program pelayanan gereja nasional hingga luar negeri.

Baca juga :  5 Kategori Dosa Dalam Agama Kristen yang Perlu Kamu tahu

Pelayanan Keselamatan yang biasa di lakukan kristiani Membantu orang-orang mengenal Yesus Kristus sebagai Juru selamat pribadi mereka adalah inti dari pelayanan keselamatan. Ini melibatkan berbagi kesaksian pribadi, mendoakan orang-orang yang belum percaya, dan menjadi saksi kasih Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Mengalami Kasih, Damai dan Sukacita

Perubahan hidup yang di kerjakan roh Kudus dengan perubahan keinginan. Kecenderungan kita akan berbuat dosa yang disebut dengan keinginan daging, tidak akan hilang dalam kehidupan kita saat ini. Akan tetapi seseorang yang dilahirkan kembali oleh roh Kudus, dia memiliki keinginan yang berasal dari roh Kudus yang di sebut dengan keinginan roh.

Bila mana kita mengizinkan diri kita dikendalikan oleh roh kudus yang diam dalam diri kita, maka hidup kita akan menampilkan buah roh yang terdiri dari kasih, sukacita, damai sejahterah, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan. 

Buah Roh yang di maksud disini dapat mengenal sembilan buah Roh, tetapi satu buah Roh dengan sembilan rasa atau sembilan ciri. Bila kita memberi diri kita dikendalikan oleh Roh Kudus, sembilan ciri itu akan muncul dalam hidup kita. Roh Kudus di dalam diri kita akan mempengaruhi relasi kita dengan Allah. Kedekatan kita dengan Allah akan membuat kita mengalami dan dipenuhi oleh kasih, sukacita, dan damai sejahtera yang selanjutnya terpancar dalam kehidupan kita. Roh Kudus di dalam diri kita juga akan mempengaruhi relasi kita dengan sesama, yaitu membuat kita bisa menampilkan kesabaran, kemurahan, dan kebaikan.

Roh Kudus menyatukan semua orang percaya menjadi satu tubuh Kristus, yaitu gereja-Nya. Dia mengingatkan orang percaya akan pentingnya hidup dalam kasih, saling mengasihi, dan saling melayani. Roh Kudus juga memberikan berbagai karunia kepada setiap anggota gereja untuk memperkuat dan membangun tubuh Kristus.

Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Sebagai Sumber Hikmat dan Pengertian Ilahi

Peran Roh Kudus dalam kehidupan

Pentingnya peran roh Kudus dalam kehidupan Kristen sebagai sumber hikmah. Di dalam Al-Kitab, roh Kudus di gambarkan sebagai pembimbing, guru dan pemberi hikmat dalam hidup kristiani. Roh Kudus memimpin orang percaya akan kebenaran. Dalam Yohanes 16:13, Yesus berkata, Tetapi apabila Dia, Roh Kebenaran, datang, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.” Roh Kudus membimbing kita dalam memahami dan menghayati Firman Allah, membantu kita untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Dalam 1 korintus 2:10-12, Paulus mengajarkan bahwa roh Kudus memberikan hikmat kepada orang percaya. Roh Kudus memberikan pengertian, pemahaman, dan ketajaman pemikiran untuk membuat keputusan bijaksana dan menghadapi tantangan hidup dengan kecerdasan rohani. 

Roh kudus sebagai penolong dalam doa, yang memberikan hikmat kepada kita dalam menghadapi berbagai situasi. “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus”. (Roma 8:26-27).

 Mengikut Teladan Kristus

Sebagai kristiani dalam agama Kristen kewajiban dalam Mengikuti teladan Kristus, Kristus adalah contoh sempurna kehidupan yang patut dicontoh dalam kehidupan rohani kehidupan kita. Ketaatan penuh kepada kehendak Bapa-Nya. “Bukan kehendak-Ku yang Kukejar, tetapi kehendak Bapa yang mengutus Aku” (Yohanes 6:38). Mengikuti teladan Kristus berarti hidup dalam ketaatan kepada Firman Allah dan melakukan kehendak-Nya dalam segala hal.

Kristus datang bukan untuk dilayani, namun Kristus datang untuk melayani (Matius 20:28). Ia mengajarkan kita untuk menjadi hamba bagi sesama, mengasihi mereka, dan melayani mereka dengan rendah hati. Mengikuti teladan Kristus berarti hidup dengan sikap pelayanan, memperhatikan kebutuhan orang lain, dan berusaha untuk menjadi berkat bagi mereka.

Kristus hidup dalam kesalehan dan ketaatan penuh kepada hukum dan perintah Allah. Ia mengajar kita untuk hidup sesuai dengan prinsip-prinsip kerajaan Allah dan mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa, pikiran, dan kekuatan (Markus 12:30).

Mengikuti teladan Kristus bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi dengan mempelajari ajaran-Nya, mengikuti contoh pada kehidupan Kristus dan ajaran-ajaran-Nya, dan bergantung pada kekuasaan dan Peran Roh Kudus dalam kehidupan, kita akan dapat tumbuh dan menjadi serupa dengan-Nya. Ini merupakan panggilan ajaran Kristus yang mengubah hidup dan mempengaruhi segala aspek kehidupan kita selanjutnya.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.