Bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW

Hallo teman-teman! Kali ini kita akan membahas salah satu hari besar Islam di Indonesia yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid nabi Muhammad merupakan momen yang penuh makna bagi umat islam di seluruh dunia. Maulid Nabi merupakan Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini menjadi kesempatan untuk mengenang sejarah hidup beliau yang luar biasa, serta sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan atas kehadiran Sang Nabi sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam dan kehidupan di dunia. Dalam merayakan Maulid Nabi, banyak umat muslim yang mengisi acara dengan membaca doa-doa khusus yang menggambarkan keagungan dan kemuliaan beliau. Kumpulan bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW beserta artinya menjadi suatu sumber inspirasi spiritual bagi umat Islam, mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Artikel ini akan membahas beberapa doa Maulid Nabi beserta terjemahannya, sebagai sarana untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta dan meneladani ajaran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Doa Maulid Nabi Muhamma SAW

Dalam Al-Quran surat Al-Azhab ayat 56, menjelaskan bahwa para Malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana sholawat merupakan pujian dan doa yang dilakukan umat Islam. Di lansir dari laman Zakat.or.id, sepenggal kata sholawat merupakan bentuk jamak dari “sholla” yang artinya doa, sholawat adalah bentuk doa dan pujian untuk Nabi sebagai ibadah Allah SWT.

Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa atau sholawat. Sholawat memiliki makna bahwa kita memohon keselamatan, kedamaian, sejahtera dan aman sentosa. Membaca sholawat di tujukan semata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memberikan pahala dan berkah, memperteguh keimanan, serta dalam riwayat hadist menjelaskan sholawat Nabi dapat mengabulkan permohonan bagi orang yang mengamalkannya.

Ada banyak jenis bacaan sholawat Nabi yang bisa kamu baca berdasarkan lafadz versi pendek ataupun sholawat panjang. Berikut sholawat Nabi Muhammad SAW beserta artinya.

Sholawat Ma’tsuroh

Sholawat yang pertama merupakan sholawat Ma’tsuroh yang di contohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW, berikut bacaan sholawat Ma’tsuroh arab, latin beserta artinya.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Bahasa latin :  Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.

 

Artinya : “Ya Allah, Limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurahkan kepada segenap keluarganya.”

Sholawat Ma’tsuro biasanya dibaca dengan suara merdu, dan dapat di lantunkan saat pengajian, untuk kultum ramadhan, setelah membaca Al-Quran dan ketika Anda hendak menjadikannya untuk berzikir.

Sholawat Al-Fatih 

Keistimewaan sholawat Al -fatih ketika umat Islam membacanya dengan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan membantu mengatasi masalah hidup dibebaskan dari siksaan api neraka serta mendapatkan tempat yang mulia sisi-Nya kelak. Sholawat ini dapat kita amalkan dan membacanya dalam kehidupan sehari-hari, setelah sholat, ketika hendak berzikir atau sedang dalam menghadapi masalah. Karena membaca sholawat Al-fatih memberikan keutamaan dalam membacanya, maka mulailah Anda untuk membaca sholawat yang mulia ini.

Berikut bacaan Sholawat Al-fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ

الْمُسْتَقِيمِ وَعَلَى آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ

Bacaan latin : “Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, wan nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal

mustaqim,  Shallallāhu ‘alayhi, wa ala alihi haqqo qodrihi wa miqdarihil adzim”

 

Artinya : ” Ya Allah, Limpahkanlah shalawat atas junjungan kami, Nabi Muhammad SAQ, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah terjadi sebelumnya, pembela dengan apa kebenaran, petunjuk kepada menuju jalan-Mu yang lurus. dan melimpahkan shalawat kepada keluarganya dan para sahabat dengan hak dan kedudukan yang agung”.

Sholawat Nabi Khawwasher

Sholawat Khawwasher tergolong pendek di bandingkan dengan bacaan sholawat lainnya. Solawat ini memiliki khasiat yang luar biasa, jika kita rutin mengamalkan sholawat maka kamu akan diberi keberkahan usaha, memperoleh rezeki yang diluaskan hingga dicintai oleh orang-orang mukmin. Berikut bunyi bacaan dari shalawat Khawwasher :

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Bahas latin : Shallallahu ‘ala Muhammadin 

 

Artinya : “Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad”

Sholawat Munjiyat

Sholawat Mujiyat merupakan bacaan sholawat penyelamat bagi umat muslim, yang artinya siapa saja yang melafalkannya, maka dalam hakikatnya akan mendapatkan harapan pertolongan dari Allah SWT. Sholawat ini seringkali di bacakan dengan suara merdu dan syahdu, penuh penghayatan, berikut bunyi bacaan shalawat Mujiyat :

الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ صَلَتً تُنْـجِـنَا بِهَا مِنْ جَـمِيـْعِ اَلْاَ هـوَالِ وَاَلْاَ فاَتِ, وَتـَقْضِى لَنَا بِـهـَا جَـمِيْعَ الْحَا جَاتِ، وَتُـطَـهِـرُنَا بِهاَ مِنْ جَمِيعِ السَّـيِئاَتِ
وَتَرْفَعُناَ بِهاَ عِنْدَكَ اَعْلىَ الدَّ رَجاَتِ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الخَيرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ

Bahasa latin :  Allahuma sholli ‘ala syayyidina Muhammadin sholatan tunjina biha min jami’il ahwali wal afat, wataqdilana biha jami’il hajat, watutohhiruna,

biha min jami’is syayyiat, watarfa’una biha ‘indaka a’lad darojat, watuballi ghuna biha aqshol ghoyat min jami’il khoiroti fil hayati waba’dal mamat.

 

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu, engkau bisa menyelamatkan kita dari semua cobaan yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan kepada kita hajat, yang dengan rahmat itu, Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat kita setinggi-tinggi derajat. Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kita kepada kesempurnaan semu, akan kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati”.

Sholawat Nabi Ta’dzhimul Qiyam

Slalawat yang umum dan paling penting di baca di saat shalat maupun di hari raya Islam Hari Maulid Nabi Muhammad adalah sholawat Nabi Ta’dzhimul Qiyam, shalawat ini ketika menghafal dan melantunkan bacaan shalawat Nabi Ta’dzhimul Qiyam dan dalam kehidupan sehari-hari bisa melimpahkan kesejahteraan dalam kehidupan.

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

Bacaan latin : “Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sallim”.

 

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya.

Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah harus dibaca dengan segenap hati yang tulus, ini bertujuan untuk mengharapkan ridha dan pahala dari Allah SWT. Berikut lafadz dari bacaan shalawat Nariyah beserta artinya :

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي

تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ

الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ

وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Bacaan latin : Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju

bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa

shohbihii fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.

 

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, yang telah melimpahkan rahmat serta karunianya dalam kesulitan kamu, semua kesusahan dapat di lenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang di ketahui oleh Engkau”.

Sholawat Nabi Bani Hasyim

Berikut bacaan sholawat Nabi Bani Hasyim yang menjadikan doa sebagai penyelamat dalam kehidupan kita.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِىِّ الْهَاشِمِىِّ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Bacaan latin : Allahumma shalli ‘alan-nabiyil hasyimiyyi Muhammadin wa’ala alihi wa sallim tasliman.

 

Artinya : “Ya Allah, berikanlah rahmat dan salam kepada seorang Nabi keturunan bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera.

Sholawat Ibrahimiyah 

Sholawat Ibrahim adalah sebuah doa yang mengandung permohonan untuk mendapatkan limpahan rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Berikut lafadz pendek dari sholawat Ibrahimiyah :

اللهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلى إِبْرَاهِيمَ وَعَلى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bahasa latin : Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama shallayta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka Hamidun Majid.

 

Artinya : ” Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Muhammad dan kelaurganya sebagaimana Engkau limpahkan rahmat dan salam kepada Ibrahim dan keluarganya. Sungguh, Engkaulah yang Maha terpuji lagi Maha Mulia.

 Sholawat Thibbil Qulub

Berikut bacaan sholawat dengan mengunakan bahasa arab, latin beserta artinya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Bahasa latin : Allohumma sholli ala sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa ‘afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa

ala alihi wa shohbiho wa sallim

Artinya : ” Ya Allah, curahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai obat hati dan menyembuhkannya, penyehat badan dan kesembuhan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga shalawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga dan para sahabatnya.

 Sholawat Ummi

Mengamalkan shalawat Ummi harus haruslah dengan kondisi hari yang istiqomah dan sungguh-sungguh, diniatkan untuk mengharapkan ridha Allah. Berikut lafadz shalawat Ummi di versi pendek yang bisa Anda amalkan kapanpun.

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى

الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Bahasa latin : Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai hamba, Nabi dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan para sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya”.

 Sholawat Tarhim

Bacaan Tarhim merupakan bacaan yang seringkali di kumandangkan di Mesjid sesaat sebelum azan yang bertujuan untuk memberikan aba-aba kepada kaum muslim yang hendak menunaikan shalat. Bunyi bacaan Shalawat Tarhim beserta artinya.

الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَاإمَامَ الْمُجَاهِدِيْنَ ۞ يَارَسُوْلَ اللهْ
الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَانَاصِرَ اْلهُدَى ۞ يَا خَيْرَ خَلْقِ اللهْ
الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَانَاصِرَ الْحَقِّ يَارَسُوْلَ اللهْ
الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَامَنْ اَسْرَى بِكَ مُهَيْمِنُ لَيْلًا نِلْتَ ۞ مَا نِلْتَ وَالأَنَامُ نِيَامْ
وَتَقَدَّمْتَ لِلصَّلَاةِ فَصَلَّ كُلُّ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاَنْتَ الْإِمَامْ وَاِلَى الْمُنْتَهَى رُفِعْتَ كَرِيْمًا وَ سَمِعْتَ نِدَاءً عَلَيْكَ السَّلَامْ
يَا كَرِمَ الْأَخْلَاقْ ۞ يَارَسُوْلَ اللهْ ۞ صَلىَ اللهُ عَلَيْكَ ۞ وَ عَلىَ عَلِكَ وَ اَصْحَابِكَ أجْمَعِيْنَ

Bacaan latin : Ash-sholatu was-salamu”alayk, ya imamal mujahidin ya Rasulullah, ash-sholatu was -salamu ‘alayk, ya nashiral huda ya khayra khalqilaah

Ash-sholatu was-salamu alayk, ya nashiral haqqi ya Rasullulah, ash-shalatu was-salamu’ alayk, ya Man asro bikal muhayminu laylan nitta ma nitta wal-anamu niyamu

Wa taqaddamta lish-shalati fashalla kulu man fis-samai wa antal imamu, wa ilal muntaha rufi’ta kariman wa sai’tan nida ‘alaykas salam. ya karimal akhlaq ya Rasulullah. Shallalahu ‘alayka wa ‘ala alika wa ashabika ajma’in.

Artinya : “Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu, duhai pemimpin para pejuang, ya Rasulullah.

Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu, duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhkuk yang terbaik.

Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu, duhai penolong kebenaranmu ya Rasulullah.

Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu, wahai yang memperjalankanmu di malam hari dialah yang maha melindungi.

Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur, semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu dan engkau menjadi Iman.

Engkau di berangkatkan ke Sidratul Muntaka karena kemuliaanmu, dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu, duhai yang paling mulia akhlaknya, ya Rasullulah.

Semoga shalawat selalu tercurahkan Padamu, pada keluargamu dan sahabatmu.

 Sholawat Badar

Shalawat ini disebut juga dengan sholawat Badriyah atau Badariyah. Bagi umat muslim yang mengamalkannya maka akan mendapatkan banyak keutamaan dan fadhilah dari Allah SWT. Berikut lafadz dari sholawat Badar beserta artinya:

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

تَوَ سَـلْنَا بِـبِـسْـمِ اللّهِ وَبِالْـهَادِى رَسُـوْلِ اللهِ وَ كُــلِّ مُجَـا هِـدِ لِلّهِ بِاَهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

اِلهِـى سَـلِّـمِ اْلا ُمـَّة مِـنَ اْلافـَاتِ وَالنِّـقْـمَةَ وَمِنْ هَـمٍ وَمِنْ غُـمَّـةٍ بِاَ هْـلِ الْبَـدْرِ يـَا اَللهُ

اِلهِى نَجِّـنَا وَاكْـشِـفْ جَـمِيْعَ اَذِ يـَّةٍ وَا صْرِفْ مَـكَائـدَ الْعِـدَا وَالْطُـفْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

اِلهِـى نَـفِّـسِ الْـكُـرَبَا مِنَ الْعَـاصِيْـنَ وَالْعَطْـبَا وَ كُـلِّ بـَلِـيَّـةٍ وَوَبـَا بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

فَكَــمْ مِنْ رَحْمَةٍ حَصَلَتْ وَكَــمْ مِنْ ذِلَّـةٍ فَصَلَتْ وَكَـمْ مِنْ نِعْمـَةٍ وَصَلَـتْ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

وَ كَـمْ اَغْـنَيْتَ ذَالْعُـمْرِ وَكَـمْ اَوْلَيْـتَ ذَاالْفَـقْـرِ وَكَـمْ عَافَـيـْتَ ذِاالْـوِذْرِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

لَـقَدْ ضَاقَتْ عَلَى الْقَـلْـبِ جَمِـيْعُ اْلاَرْضِ مَعْ رَحْبِ فَانْـجِ مِنَ الْبَلاَ الصَّعْـبِ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

ا َتَيـْنَا طَـالِـبِى الرِّفْـقِ وَجُـلِّ الْخَـيْرِ وَالسَّـعْدِ فَوَ سِّـعْ مِنْحَـةَ اْلاَيـْدِىْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

فَـلاَ تَرْدُدْ مَـعَ الْخَـيـْبَةْ بَلِ اجْعَلْـنَاعَلَى الطَّيْبـَةْ اَيـَا ذَاالْعِـزِّ وَالْهَـيـْبَةْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

وَ اِنْ تَرْدُدْ فَـمَنْ نَأْتـِىْ بِـنَيـْلِ جَمِيـْعِ حَاجَا تِى اَيـَا جَـالِى الْمُـلِـمـَّاتِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

اِلهِـى اغْفِـرِ وَاَ كْرِ مْنَـا بِـنَيـْلِ مـَطَا لِبٍ مِنَّا وَ دَفْـعِ مَسَـاءَةٍ عَـنَّا بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

اِلهِـى اَنـْتَ ذُوْ لُطْـفٍ وَذُوْ فَـضْلٍ وَذُوْ عَطْـفٍ وَكَـمْ مِنْ كُـرْبـَةٍ تَنـْفِىْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

وَصَلِّ عَـلَى النـَّبِىِّ الْبَـرِّ بـِلاَ عَـدٍّ وَلاَ حَـصْـرِ وَالِ سَـادَةٍ غُــــرِّ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

bahasa latin :

Shalaatullaah Salaamullaah ‘Alaa Thaaha Rasuulillaah, shalaatullaah Salaamullaah ‘Alaa Yaa Siin Habiibillaah

Tawassalnaa Bibismillaah Wabil Haadi Rasuulillaah, wakulli Mujaahidin Lillaah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Sallimil Ummah Minal Aafaati Wanniqmah, wamin Hammin Wamin Ghummah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Ilaahi Najjinaa Waksyif Jamii’a Adziyyatin Wahrif, makaa idal ‘idaa wal thuf Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Naffisil Kurbaa Minal’Ashiina Wal’Athbaa, wakulli Baliyyatin Wawabaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Fakam Min Rahmatin Washalat Wakam Min Dzillatin Fashalat, wakam Min Ni’matin Washalat Bi Ahlil Bailri Yaa Allaah

Wakam Aghnaita Dzal ‘Umri Wakam Autaita D’Zal Faqri, wakam’Aafaita Dzal Wizri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Laqad Dlaaqat’Alal Oalbi Jamii’ul Ardli Ma’ Rahbi, fa Anji Minal Balaas Sha’bi Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Atainaa Thaalibir Rifdi Wajullil Khairi Was Sa’di, fawassi’ Minhatal Aidii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Falaa Tardud Ma’al Khaibah Balij’Alnaa’Alath Thaibah, ayaa Dzal ‘lzzi Wal Haibah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Wain Tardud Faman Ya-Tii Binaili Jamii’i Haajaati, ayaa jalail mulimmaati Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahighfir Wa Akrimnaa Binaili Mathaalibin Minnaa, aadaf i Masaa-Atin ‘Annaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahii Anta Dzuu Luthfin Wadzuu Fadl-Lin Wadzuu ‘Athfin, wakam Min Kurbatin Tanfii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Washalli ‘Alan Nabil Barri Bilaa ‘Addin Walaa Hashri, wa Aali Saadatin Ghurri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Artinya : “Rahmat dan Keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi utusan Allah, rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi Yasin kekasih Allah.

Kami berwasilah dengan berkah basmalah, dan dengan Nabi yang menunaikan lagi utusan Allah, dan seluruh orang yang berjuang karena Allah, karena berkahnya ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, semoga engkau menyelamatkan ummat dari bencana dan siksa, dan dari susah juga kesulitan, karena berkah ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, semoga engkau menyelamatkan kami dari segala yang menyakitkan, dan semoga engkau menjauhkan dari berbagai tipu daya musuh-musuh dan semoga engkau mengasihi kami, karena berkah ahli ya Allah.

Ya Allah semoga Engkau menjauhkan beberapa kesusahan, dari orang-orang yang bermaksiat dan membuat kerusakan. Dan semoga Engkau menghilangkan semua bencana dan wabah penyakit, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Maka sudah banyak rahmat yang telah sampai, dan sudah banyak kenistaan yang dihilangkan, dan sudah banyak dari nikmat yang telah sampai, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sudah berapa kali Engkau memberi harta orang yang makmur, dan berapa kali Engkau memberi nikmat kepada orang yang fakir, dan berapa kali Engkau mengampuni orang yang berdosa, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sungguh hati manusia yang merasa sempit di atas tanah yang luas ini, karena banyaknya marabahaya yang menakutkan dan malapetaka yang menghancurkan, semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang menakutkan, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Kami datang dengan memohon pertolongan, dan memohon kebaikan dan keberkahan, semoga Allah meluaskan anugerah yang melimpah-limpah, karena berkahnya ahli Badar ya Allah.

Maka janganlah Engkau menolak kami dari kerugian, bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik dan selalu berbahagia, wahai Dzat yang punya kebesaran dan keagungan, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya Allah semoga Engkau mengampuni segala kesalahan kami dan memuliakan kami dengan beberapa permohonan, dan menolak kesalahan-kesalahan kami, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya Allah, Engkaulah yang mempunyai belas kasihan dan punya anugerah dan kasih sayang, sudah banyak kesusahan yang sirna dari sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Demikian adalah beberapa doa atau shalawat yang bisa kita baca di saat hari Maulid Nabi Muhammad 2023 mendatang, Bacaan doa shalawat ini dapat memberikan makna dan peningkatan iman dalam kehidupan yang membangun spiritual lebih baik kedepannya bagi umat muslim. Semoga artikel ini bermanfaat dan Sampai jumpa.

Baca juga :  Apa Penyebab Wanita Ingin Merokok? Ini 7 Alasannya

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.