Keutamaan shalat beserta makna shalat lima waktu

Sebagai seorang Muslim sudah sepatutnya kita mengetahui dasar dari ajaran agama Islam, Yaitu perintah akan shalat, dan setiap keutamaan shalat beserta makna shalat lima waktu itu sendiri.

Namun, walaupun kita memahaminya, dan mampu menerapkan dalam kehidupan, tapi tidak sedikit dari umat Muslim yang dengan sadar meninggalkan setiap ajaran dan perintah Allah SWT terutama dalam ibadah Shalat.

Namun, banyak juga diantara kita yang paham dan mengerti keutamaan shalat, dan selalu mengerjakan shalat tepat waktu dan ia mengerti setiap makna dalam ibadahnya, akan tetapi seseorang tidak bisa menjelaskan apa yang dirasakan oleh umat Muslim yang benar-benar menerapkan ibadahnya.

Perihal ini, mungkin kita tidak bisa menjelaskan bagaimana seseorang umat Muslim kenapa harus menunaikan shalat lima waktu hingga hikma kita dalam menuaikan ibadah shalat karena Allah SWT.

Baik saat kita menjelaskan dan mengajarkan anak kita tentang ajaran agama Islam, atau bahkan kita harus memperkenalkan pada buah hati kita tentang makna shalat bagi Umat Islam.

Dan artikel ini akan membantu kalian untuk menemukan penjelasan untuk si buah hati dalam makna shalat, tidak hanya sampai disitu saja.

Artikel ini juga lebih bisa diakses oleh siapa saja yang ingin mengenal Agama Islam dalam ajarannya, dimana shalat bagi umat Islam adalah tiang agama.

Agama Islam sama halnya dengan agama-agama yang diakui dunia lainnya, dimana menjunjung tinggi keberagaman agama dan tidak memiliki unsur paksaan terhadap keyakinan spiritual, namun jika seseorang ingin mempelajari sesuatu dalam agama Islam terutama tentang makna shalat, maka hal ini sangat terbuka untuk mereka.

Langsung saja kita akan membahas setiap detail dari shalat lima waktu.

Keutamaan Shalat Beserta Makna Shalat Lima Waktu

shalat merupakan tiang agama Islam bagi umat Muslim
shalat merupakan tiang agama Islam bagi umat Muslim

Sebelum mengenal makna, kita penting banget mengetahui seberapa penting shalat itu bagi umat Muslim di dunia?

Sebagai umat muslim, Selain sebagai kewajiban yang dituntut oleh agama, shalat juga memiliki makna spiritual yang mendalam dan memiliki dampak positif dalam kehidupan kita. Melalui shalat, kita dapat berkomunikasi langsung dengan Allah, memperkuat hubungan dengan-Nya, dan memperbaiki diri kita secara keseluruhan.

Setiap gerakan shalat menjadikan kita lebih dekat dengan Allah, Hal tersebut yang menjadikan “shalat adalah tiang agama mu”

Selain menjadi tiang agama, perintah shalat juga tertuang dalam hadist Rasulullah, dijelaskan bahwa shalat mampu menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat, serta mencegah kita dari perbuatan-perbuatan yang buruk.

Shalat lima waktu memiliki banyak keutamaan. Rasulullah pernah bersabda, “Amal yang paling utama adalah shalat tepat waktu.” Dari hadis tersebut, kita dapat memahami betapa pentingnya shalat dalam menjaga hubungan kita dengan Allah dan sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya.’

Shalat lima waktu merupakan sarana utama untuk mengingat Allah dan mengisi hati kita dengan cahaya iman.

Ketika kita memulai hari dengan shalat Subuh, kita memulai harimu dengan semangat dan ketaatan kepada Allah.

Shalat Zhuhur mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan ibadah.

Shalat Ashar mengajarkan keutamaan kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup.

Shalat Maghrib mengingatkan kita akan pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah berikan.

Terakhir, Shalat Isya mengajarkan kita untuk merenungkan dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Dengan demikian setiap waktu shalat dan gerakan shalat merupakan jalan untuk menuju kemuliaan di hadapan Allah.

Keutamaan Shalat

Mencegah dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Melalui shalat, kita tidak hanya mengingat Allah, tetapi juga mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar serta menghapus kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat.

Sebagai contoh, bagi umat Muslim yang menjalankan shalat lima waktu akan merasakan ketenangan dan kedamaian hati.

Ketika kita merasakan kegelisahan, kesakitan, dan kekecewaan terhadap seseorang di kehidupan kita, maka saat itulah kita langsung mengingat Allah SWT dan bergegas mengambil wudhu sesuai syariat Islam.

Baca juga :  9 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang yang Ikonik

Kemudian, shalatlah, mendekatkan dirilah pada Allah SWT, dengan begitu, perasaan kecewa, marah yang kita rasakan tadi, semata-mata akan hilang dengan kedamaian ibadah Shalat, dan ini akan menghindari kita dari perbuatan keji, dan mungkar atas keamarahan kita sebelumnya.

Menghapus Kesalahan-Kesalahan

Sebagai manusia biasa tentunya kita tidak lepas dari perbuatan dosa, baik dosa kecil hingga dosa besar yang pernah kita lakukan dikehidupan saat ini.

Salah satu sarana memohon ampunan kepada Allah adalah dengan menjalin komunikasi dan berdoa melalui shalat lima waktu, disanalah umat Muslim meminta pengampunan dan berdoa akan kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan dimasa lalu.

Melalui shalat, pikiran, hati dan perasaaan akan berbaur menjadi tenang, dan tidak bisa dipungkiri Allah maha pengampun segala dosa-dosa umatnya, hal ini tercatat di dalam Al-Quran dan Hadist-hadist Rasulullah, yang berbunyi :

dijelaskan bahwa shalat mampu menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat, serta mencegah kita dari perbuatan-perbuatan yang buruk. Dengan demikian, shalat merupakan jalan untuk menuju kemuliaan di hadapan Allah.

Mendapat Cahaya dan Petunjuk di Hari Kiamat

Janji Allah pada umatnya tertuang dalam Al-Quran tentang shalat lima waktu.

Yang berbunyi:

مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ: رُكُوعِهِنَّ، وَسُجُودِهِنَّ ، وَوُضُوئِهِنَّ ، وَمَوَاقِيتِهِنَّ ، وَعَلِمَ أَنَّهُنَّ حَقٌّ مِنْ عِنْدِ اللهِ، دَخَلَ الْجَنَّةَ أَوْ قَالَ: وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ
وقال محققو المسند : ” صحيح بشواهده .

“Barang siapa yang telah menjaga shalat lima waktu, ruku’nya, sujudnya, wudhu’nya, waktunya, dan ia mengetahui bahwa semua itu adalah hak dari Allah maka akan masuk surga atau ia berkata: “Maka ia wajib masuk surga”. (Para peneliti Musnah: Shahih dengan beberapa bukti”.

 Membersihkan Diri dan Dosa

Kesalaha yang pernah kita perbuat dimasa lalu merupakan sebuah kesahalan yang berujung pada dosa. Dimana kesalahan tersebut terkhusus pada kesalahan seseorang umat Muslim sering kali meninggalkan shalatnya di kehidupan sehari-hari.

Dengan menunaikan shalat, maka umat Islam menjalankan sarana untuk menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang kita perbuat.

Saat kita melaksanakan shalat dengan penuh kesadaran dan ikhlas, kita akan mendapatkan ampunan dari Allah.

Selain itu, Jika seseorang ketika menunaikan shalat dengan khusuk dan mengakui segala kesahalannya, hingga tanpa sengaja mengeluarkan air mata, maka shalatnya dan pengampunan diri atas segala dosa yang pernah ia lakukan di ampuni oleh Allah SWT.

Namun, dalam melakukan shalat, kita tidak dianjurkan untuk menangis ketika shalat hingga tersedu-sedu didalam setiap gerakan, apalagi ketika  membaca ayat-ayat suci Al-Quran, namun tetap lah fokus dalam ibadah dan mengingat Allah.

Dengan begitu, kita akan menjadi lebih dekat dengan-Nya. Kita juga akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian dalam hati, serta dapat memperbaiki diri secara keseluruhan.

Membuat Hati Menjadi Tenang

Shalat dalam Al-Quran mengajarkan kita tentang ketenangan dalam beribada

Jadi, jangan pernah meremehkan keutamaan dan makna shalat lima waktu.

Dalam kehidupan sehari-hari, shalat lima waktu memiliki keutamaan yang sangat penting bagi umat muslim.

Selain sebagai kewajiban yang dituntut oleh agama, shalat juga memiliki makna yang dalam dan memiliki dampak positif dalam kehidupan kita.

Sebagai umat muslim, shalat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita dan harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Mari kita terus berusaha untuk memperbaiki diri melalui shalat dan menjaga hubungan kita dengan Allah. Karena dengan menjaga shalat, kita juga menjaga kehidupan kita di dunia serta di akhirat.

Oleh karena itu, mari kita terus berusaha untuk melaksanakan shalat dengan penuh kesadaran dan ikhlas demi menjaga hubungan kita dengan Allah.

Dengan memahami makna dari setiap rukun shalat lima waktu, kita akan semakin mendekatkan diri kepada-Nya dan mendapatkan berkah dalam kehidupan kita.

Dengan itu, kita dapat merasakan pentingnya shalat bagi umat muslim dan mempertebal keimanan kita kepada Allah.

Semoga untaian kata demi kata di dalam artikel ini memberikan kita pengertian akan makna dalam shalat, dan meneguhkan keimanan kita sebagai umat Muslim dalam praktik ibadah terutama shalat lima waktu yang kita tunaikan.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.