Kisah Inspiratif

Apa Saja Tradisi yang Akan Dilakukan saat 17 Agustus 2023?

Hallo teman-teman! Pada tanggal 17 Agustus 2023, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 78. Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari Kemerdekaan Indonesia selalu di sambut dengan meriah oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Perayaan 17 Agustus 1945 diisi dengan berbagai tradisi dan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah Indonesia. Pada tahun ini (2023), akan ada banyak tradisi unik dan kegiatan lomba yang dilaksanakan untuk memeriahkan peristiwa bersejarah ini. Artikel ini akan membahas sejarah singkat Kemerdekaan Indonesia, serta mengulas tradisi apa saja yang biasanya dilakukan pada hari bersejarah tersebut.

Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang di mulai pada tahun 1945, yang merupakan deklarasi independensi bangsa Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945 , di Jakarta, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, dua tokoh proklamator Indonesia, menyatakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang. Proklamasi Kemerdekaan tahun 1945 ini menjadi titik awal bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan secara penuh.

Setelah proklamasi kemerdekaan dan terlepas dari penjajahan Belanda dan Jepang, Indonesia masih harus menghadapi perjuangan panjang untuk mendapatkan pengakuan internasional dan mempertahankan kemerdekaan.

Setiap tahun pada hari kemerdekaan, bendera merah putih dikibarkan dan lagu kebangsaan dinyanyikan pada saat melaksanakan upacara 17 Agustus dari sabang sampai merauke. Begitupun dengan parade dan festival budaya yang dimeriahkan oleh keberagaman bangsa Indonesia. Setiap daerah memiliki tradisi yang unik dan berbeda dalam memperingati momen bersejarah ketika Indonesia merdeka.

11 Tradisi Unik 17 Agustus 2023 di Berbagai Daerah Indonesia

Hari kemerdekaan 1945 menjadi hari libur Nasional di Indonesia, di mana hari itu berbagai daerah mengadakan berbagai kegiatan dan tradisi diantaranya kegiatan upacara bendera, mengadakan pawai festival hingga perlombaan untuk merayakan hari Kemerdekaan. Tradisi-tradisi ini merupakan bagian dari warisan budaya yang harus dilestarikan. Beberapa tradisi unik yang mungkin akan di lakukan saat perayaan Kemerdekaan 2023 di antaranya :

Barikan, Malang

Tradisi 17 Agustus untuk daerah Malang adalah tradisi Barikan, Barikan merupakan tradisi ritual yang dilakukan sebagai ungkapan rasa masyarakat setempat akan mengadakan upacara adat untuk memohon berkah dan kemakmuran. Tradisi ini melibatkan masyarakat yang diadakan pada tanggal 16 Agustus malam, dalam acara ini, biasanya warga mengadakan doa bersama dan merenungkan semangat para pahlawan kemardekaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Acara ini menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat persaudaraan antara masyarakat di lingkungan.

Sepakbola Durian, Kebumen

Sepakbola Durian, Kebumen
Sumber :jogja.tribunnews.com

Bulan Agustus memang identik dengan banyaknya macam perlombaan, lomba 17 Agustus 2023 yang diadakan di kota Kebumen, Jawa Tengah. Tradisi ini akan menjadi turun-temurun di setiap generasi. Tradisi unik yang menggabungkan sepakbola dengan buah durian yang terkenal di daerah tersebut. Pada perayaan 17 Agustus, masyarakat Kebumen akan mengadakan pertandingan sepakbola di lapangan yang ditutupi dengan durian matang. Peserta pertandingan harus bermain sepakbola tanpa menginjak atau merusak durian yang ada di lapangan. Tradisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Telok Abang, Palembang

Di Palembang, Sumatera Selatan, terdapat tradisi unik yang disebut “Telok Abang”. Tradisi karnaval mainan yang melibatkan kreasi telur yang cangkangnya di beri warna dengan pewarna merah. Telur yang telah diwarnai akan di jadikan sebagai mainan berbentuk kapal, pesawat, becak atau benda lainnya. Biasanya mainan ini sudah ramai di jual di saat acara Kemerdekaan berlangsung.

Pawai Jampana, Bandung

Di Bandung, Jawa Barat, terdapat tradisi unik yang disebut “pawai Jampana”. Pawai ini melibatkan masyarakat yang mengenakan pakaian adat Sunda dan membawa jampana, sebuah tandu tradisional yang diisi dengan makanan dengan hiasan lainnya. Pawai Jampana diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan dan juga sebagai upaya melestarikan budaya Sunda.

Baca juga :  5 Perjuangan Martin Luther King Jr yang Wajib Kamu Tahu!

Tirakatan, Jawa

Tirakatan adalah tradisi Jawa dan Yogyakarta yang masih dijaga secara turun-temurun, tirakatan biasanya di laksanakan pada 16 agustus malam. Acara ini biasanya di hadiri oleh para sesepuh dan penjabat desa serta masyarakat setempat, rangkaian dalam melakukan ritual doa dan ziarah ke makam para pahlawan Nasional.

Tirakan merupakan bentuk penghormatan yang dalam terhadap perjuangan para pahlawan.

Peresean, Lombok

Di lombok, Nusa Tenggara Barat, terdapat tradisi unik yang disebut dengan “peresean”. Tradisi ini merupakan pertarungan tradisional antara dua orang pria dengan mengunakan sebatang kayu atau bambu yang merupakan budaya dari suku sasak yang hingga kini masih dilakukan.

Tradisi ini melibatkan keterampilan bela diri dan kekuatan fisik, pertarungan dalam tradisi peresean Lombok bukan sembarang pertarungan. Terdapat nilai patriotisme yang begitu mendalam yang berkaitan dengan sejarah suku sasak Lombok. Pertarungan menunjukkan nilai-nilai kesabaran, kerendahan hati, dan sebagai simbol keberanian bangsa Indonesia.

Obor Estafet, Semarang

Di Semarang, Jawa Tengah, terdapat tradisi unik yang disebut “obor estafet”. Pada perayaan 17 Agustus, masyarakat akan membentuk kelompok yang berlari mengelilingi kota sambil membawa obor yang dinyalakan. Obor tersebut kemudian akan diserahkan dari satu kelompok ke kelompok lain sebagai simbol semangat perjuangan yang terus menyala dalam mengisi kemerdekaan.

Tradisi Pacu Kude, Aceh

Di Aceh, terdapat tradisi unik yang disebut “pacu kude”. Tradisi ini melibatkan pacuan kuda yang menjadi bagian dari perayaan 17 Agustus. Pacu Kude diadakan sebagai bentuk perayaan yang meriah dan menghibur masyarakat. Masyarakat Aceh akan menyaksikan pacuan kuda yang dihias dengan ornamen tradisional dan peserta lomba yang berlomba-lomba menjadi yang tercepat.

Lomba Sampan Layar, Batam

Di Batam, Kepulauan Riau, terdapat tradisi unik yang disebut “lomba sampan layar”. Tradisi ini telah menjadi tradisi tahunan di kota Batam sejak 1959.¬† Tradisi unik tersebut melibatkan sampan yang dilengkapi dengan layar di perairan sekitar Batam. Peserta lomba akan menggunakan keahlian mereka dalam mengendalikan sampan layar untuk berkompetisi mencapai garis finish. Lomba sampan layar menjadi acara yang mendapatkan perhatian khusus dan memilih

Lomba Dayung, Banjarmasin

Di Banjarmasin terdapat tradisi unik saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang disebut dengan “lomba dayung”. Tradisi ini melibatkan perahu dayung tradisional di sungai Martapura. Dimana peserta lomba akan berusaha mendayung perahu mereka secepat mungkin dalam perlombaan yang seru dan kompetitif.

Lomba dayung menjadi simbol semangat persaingan sehat dan kebersamaan dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.

Karapan Kambing, Jawa Timur

tradisi unik karapan Kambing
Sumber :merdeka.com

Ada tradisi paling unik yang digelar masyarakat Probolinggo, Jawa Timur, saat memasuki acara 17 Agustus yang menjadi perlombaan desa, yakni tradisi “karapan kambing”. Perlombaan ini melibatkan kambing-kambing yang menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Hari Kemerdekaan di Jawa Timur. Tradisi warga Purbolinggo merupakan hasil asimilasi budaya Jawa dan Madura yang tersebar di pesisir pantai Utara Jawa Timur. Tradisi ini rutin digelar setiap tahunnya, kambing-kambing yang telah dilatih akan dihias dengan pakaian tradisional dan diikatkan kain di lehernya sebagai simbol perlombaan.

Dengan demikian, perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini (2023) mendatang akan digelar sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di hari bersejarah ini mari kita bersatu dan bergotong-royong memperingati hari kemerdekaan dengan penuh sukacita. Marilah kita junjung tinggi nilai-nilai kemerdekaan dan semangat kebangsaan. Dengan ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan dan perlombaaan Kemerdekaan 17 -05- 1945 yang diadakan di daerah setempat Anda, maka Anda merupakan bagian semangat perjuangan dan persatuan, kebanggaan akan kemerdekaan terus hidup dan tumbuh di hari setiap warga negara Indonesia.

Majulah Indonesia ku! Tradisi apa lagi yang mungkin ada di daerah kalian dalam perayaan Kemerdekaan Indonesia? Tulis di kolom komentar yuk! Sampai Jumpa.

Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.

Related Articles

Back to top button