Manfaat

Manfaat Manggis untuk Kesehatan: Rahasia Buah Ajaib

Manfaat Manggis untuk Kesehatan – Aku sangat peduli dengan kesehatan. Terus-menerus mencari cara agar badanku tetap fit. Akhir-akhir ini, aku tertarik pada buah manggis. Meski wujudnya unik, manggis punya zat aktif hebat yang bagus untuk kesehatan kita1.

Manggis asal buah tropis, penuh dengan antioksidan, seperti xanthone. Para peneliti tahu bahwa xanthone melindungi sel tubuh kita dari radikal bebas1. Buah ini juga mengandung banyak vitamin C dan B kompleks, yang baik bagi imunitas tubuh kita1.

Lebih hebat lagi, xanthone dalam manggis juga bersifat anti-kanker. Ini artinya, buah manggis dapat membantu mencegah dan bahkan mengobati kanker1. Betapa ajaibnya buah ini, ya?

Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Manggis sangat kaya antioksidan, terutama xanthone. Xanthone melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit2.

Kaya Antioksidan yang Luar Biasa

Buah manggis mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B2 dan C. Xanthone dalam manggis jauh lebih kuat sebagai antioksidan dibandingkan vitamin C dan E3.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Xanthone dalam manggis tidak hanya melawan radikal bebas. Ia juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dibuktikan dengan meningkatnya sel darah putih dan sel pembunuh alami2.

Serat dalam manggis mendukung bakteri baik di saluran pencernaan. Ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh3.

Manggis kaya akan nutrisi dan antioksidan, menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi manggis secara rutin mendukung sistem kekebalan. Ini menjaga kesehatan dan mencegah penyakit234.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Buah manggis diduga sangat baik dalam mencegah dan mengobati kanker. Dalam manggis terdapat senyawa xanthone yang membantu. Senyawa ini dipercaya dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Xanthone juga dapat mencegah sel kanker dengan cara yang disebut apoptosis. Proses ini membuat sel kanker berhenti berkembang5.

Menurut Kementerian Pertanian, kulit manggis efektif melawan sel kanker. Studi menunjukkan bahwa xanthone juga baik untuk meredakan gula darah tinggi. Ini artinya, baik untuk orang yang diabetes5.

Kandungan xanthone dari manggis juga membantu menjaga jantung kita sehat. Ini karena xanthone dapat menurunkan kadar kolesterol5.

Kulit manggis juga kaya akan antosianin. Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit. Mereka membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan diabetes5.

Lebih dari itu, kulit manggis mengandung tanin. Tanin membantu tubuh menurunkan lemak. Kandungan seratnya yang tinggi juga baik untuk diet dan pencernaan5.

Penelitian menunjukkan buah manggis bermanfaat untuk kesehatan kita. Khususnya dalam mencegah dan mengobati kanker. Konsumsi manggis bisa membantu menjaga kita sehat dari penyakit kronis itu567.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah manggis kaya akan serat, penting untuk kesehatan pencernaan8. Dalam 196 gram mangkuk buah, ada 3,5 gram serat. Ini membantu lancarkan pencernaan dan cegah sembelit. Juga, antibakteri di manggis lawan bakteri jahat di usus8.

Kaya Serat untuk Melancarkan Pencernaan

Serat manggis ampuh jaga kesehatan pencernaan9. Dalam satu mangkuk (196 gram), ada 3,5 gram serat. Ini tingkatkan keteraturan usus dan cegah sembelit9. Serat larut mantap jaga fungsi pencernaan dan cegah masalah pencernaan.

Membantu Menjaga Keseimbangan Mikroflora Usus

Lebih dari serat, manggis punya senyawa antibakteri yg penting untuk keseimbangan mikroflora usus10. Penelitian pada hewan tunjukkan ekstrak manggis baik untuk mikrobiom usus. Ini kurangi pertumbuhan bakteri jahat10. Dengan keseimbangan mikroflora usus, manggis dukung pencernaan sehat.

Manggis sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Serat, antibakteri, dan zat lainnya di manggis bantu cegah sembelit dan jaga mikroflora usus8109. Mengonsumsi manggis rutin bantu pelihara kesehatan saluran pencernaan8109.

Menurunkan Berat Badan

Buah manggis sangat baik buat yang pengen turun berat badan. Ia rendah kalori tapi penuh serat. Ini bikin kita kenyang lebih lama, jaga nafsu makan, dan hindari makan berlebihan11. Kandungan vitamin B kompleks-nya juga tingkatkan metabolisme. Jadi, membakar kalori lebih efisien11.

Rendah Kalori dan Tinggi Serat

100 gram manggis cuma 63 kalori saja11. Kaya serat, ia bikin kita kenyang lebih lama. Mencegah kita makan terlalu banyak11. Manggis bagus buat cemilan sehat selama diet.

Membantu Meningkatkan Metabolisme

Manggis tingkatkan metabolisme kita11. Ini berkat vitamin B kompleks di dalamnya11. Senyawa anti-inflamasi-nya juga menolong proses metabolisme. Mencegah tubuh kumpulin lemak12.

Kandungan Gizi ManggisJumlah per 100 gram
Kalori63 kkal
Serat2.5 gram
Vitamin B kompleksKaya
AntioksidanTinggi

111213

Manfaat Manggis untuk Kecantikan Kulit

Buah manggis tak hanya menguntungkan bagi kesehatan. Ia juga sangat bermanfaat untuk keindahan dan kesehatan kulit14. Kandungan tinggi antioksidan dan vitamin C berperan melindungi kulit dari kerusakan14. Ini termasuk kerusakan oleh sinar UV dan polusi14. Manggis mengandung polifenol, yang menawarkan sifat antioksidan. Ini berarti dapat menjauhkan kulit dari kerusakan akibat penuaan dini14.

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Ekstrak buah manggis telah terbukti melindungi kulit dari UVB lewat studi pada tikus14. Antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya juga bisa memperbaiki kulit rusak akibat faktor lingkungan14. Manggis memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, mampu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya14.

Baca juga :  9 Hikmah dan Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan Menurut Islam

Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C dari manggis meningkatkan produksi kolagen, menjaga kulit tetap elastis dan lembut14. Xanthone dan antioksidan dalam manggis juga membantu produksi kolagen melawan tanda-tanda penuaan15.

Dengan kemampuan melindungi dan meningkatkan produksi kolagen, manggis adalah pilihan alami yang bagus untuk kulit kita1415.

Menyokong Fungsi Otak

Manfaat Manggis untuk Otak

Buah manggis terkenal dengan senyawa alami yang bermanfaat untuk otak16. Senyawa xanthone dalam manggis bisa melindungi sel-sel saraf dan mencegah penyakit kognitif17. Buah ini juga menambah aliran darah ke otak. Ini membuat otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik17.

Xanthone juga bekerja secara neuroprotektif. Ini artinya, senyawa ini melindungi sel-sel otak dari radikal bebas18. Hasilnya, kemampuan berpikir dan ingatan kita bisa terjaga dengan baik17.

Manggis tidak hanya mengandung xanthone. Ia juga kaya serat dan vitamin C yang bermanfaat untuk otak kita18. Serat membantu menjaga saluran pencernaan kita, sementara vitamin C memperkuat kekebalan tubuh. Dengan semua kandungan nutrisinya, manggis sangat baik untuk otak kita16.

Manfaat Manggis dari Kulit Buahnya

Kulit manggis bukan cuma penampilan indah, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan19. Dalamnya, terkandung senyawa xanthone. Senyawa ini tak hanya antioksidan, tapi juga anti-inflamasi yang kuat20.

Manfaat pengurangan peradangan dari xanthone di kulit manggis sangat membantu. Ini penting buat kesehatan kita secara menyeluruh.

Sumber Antioksidan Xanthone

Kulit manggis punya zat penting seperti vitamin C dan magnesium21. Xanthone di kulit manggis juga punya manfaat antibakteri dan antijamur21.

Kulit manggis bisa bantu kurangi peradangan di tubuh lho21.

Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kolesterol dan mengendalikan lemak darah21. Xanthone di dalamnya berkhasiat hambat kanker, termasuk payudara, paru, dan usus21.

Ekstrak kulit manggis bantu atasi peradangan penyakit dan kontrol gula darah21.

Suplemen dari kulit manggis tingkatkan kekebalan badan dan turunkan peradangan21. Ini juga bantu kulit jadi elastis dan lindungi dari sinar matahari21.

Buah manggis kaya antioksidan dibanding buah lain20. Kulitnya penuh dengan senyawa xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin yang bermanfaat20.

Kulit manggis efektif turunkan kolesterol, dukung imunitas, hambat kanker, atasi peradangan, dan turunkan gula darah20. Saat memasaknya, bersihkan, potong, kukus, haluskan, dan rebus20.

Konsultasikan dengan dokter sebelum konsumsi produk herbal kulit manggis20. Halodoc merekomendasikan dokter spesialis terkemuka dengan rating tinggi20.

Manggis adalah nama ilmiahnya, sering ada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia19. Kulit manggis dikenal punya manfaat luar biasa untuk kesehatan19.

Xanthone dalam kulit manggis bertarung lawan kanker. Itu kaya vitamin C, folat, dan xanthones19.

Kulit manggis perbaiki daya pikir di Alzheimer19. Bantuin turun berat badan juga lo, efek anti-inflamasi naikkin metabolisme19.

Ini mengurangi stres dan depresi dengan antioksidan dan anti-inflamasi19. Manggis juga akuat waktu siklus menstruasi wanita19.

Kulit manggis kontrol diabetes dengan jaga gula darah19. Pola hidup sehat tambah manfaatnya19.

Kulitnya baik untuk tulang, sendi, dan usus karena kalsium dan serat19. Nutrisi di kulit manggis juga tingkatkan imunitas melawan infeksi19.

Kulit manggis bisa masuk teh, suplemen, atau perawatan kulit19. Manfaatnya didukung riset atas senyawa xanthone dan antioksidan19.

Cara Mengonsumsi Buah Manggis

Buah manggis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaatnya, kita bisa mengonsumsinya dengan beberapa cara.

Mari kita mulai dengan memilih buah manggis yang segar. Pastikan buah anda berwarna ungu kehitaman. Kulitnya juga sedikit kenyal saat ditekan22. Anda bisa makan langsung atau buat jus, smoothie, atau salad dari daging buahnya.

Jangan buang kulitnya ya. Kulit manggis bisa diolah jadi teh herbal kaya antioksidan22. Antioksidan xanthone di dalamnya baik untuk kesehatan kita.

Memakan buah manggis teratur memberi banyak kebaikan23. Isi buahnya kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya. Hal ini baik untuk metabolisme, imunitas, dan kadar gula darah23. Xanthone juga melawan kanker23.

Jadikan buah manggis rutin dalam gaya hidup sehat. Nikmati manfaatnya baik untuk tubuh luar dan dalam.

Cara Menyiapkan Teh Kulit Manggis

  1. Ambil beberapa lembar kulit manggis yang sudah dikeringkan.
  2. Masukkan kulit manggis ke dalam teko atau panci.
  3. Tuangkan air panas ke dalam teko atau panci hingga kulit manggis terendam.
  4. Biarkan kulit manggis dalam air panas selama 5-10 menit untuk mengekstrak senyawa antioksidannya.
  5. Saring teh kulit manggis dan sajikan selagi hangat.

Konsumsi buah manggis dan teh kulitnya untuk manfaat kesehatan maksimal242322.

Potensi Buah Manggis sebagai Obat Herbal

Buah manggis tidak hanya enak, tapi juga bermanfaat sebagai obat herbal. Ini karena kandungan senyawa aktifnya, seperti xanthone25. Senyawa ini bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Maka dari itu, manggis menarik untuk dijadikan obat herbal di masa depan.

Selama lima tahun terakhir, penelitian menunjukkan ekstrak kulit buah manggis berkhasiat. Ia efektif melawan bakteri penyebab bisul26. Ekstrak ini mengandung senyawa α-mangostin dan xanthone. Mereka berperan sebagai antibakteri, terutama melawan bakteri sulit dikendalikan (VRE) dan (MRSA)26. Kulit manggis juga memiliki lebih dari 60 xanthone, termasuk pentingnya α-mangostin dan γ-mangostin yang antiinflamasi26.

Buah manggis sangat kaya akan nutrisi esensial untuk kesehatan, seperti serat dan vitamin27. Dengan berbagai senyawa bioaktif dan nutrisi itu, manggis sangat berpotensi. Mampu dikembangkan sebagai obat herbal alami yang ampuh. Penggunaan manggis ke depannya bisa jadi alternatif menarik.

Link Sumber

  1. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/1710377-menguak-manfaat-ajaib-buah-manggis-untuk-kesehatan-tubuh
  2. https://www.alodokter.com/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan
  3. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/segudang-manfaat-sehat-buah-manggis-untuk-anda
  4. https://health.kompas.com/read/2020/07/20/090000468/12-manfaat-manggis-untuk-kesehatan?page=all
  5. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6759723/10-manfaat-kulit-manggis-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-bisa-mengobati-kanker
  6. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5149739/7-manfaat-kulit-manggis-yang-belum-diketahui
  7. https://kesehatan.kontan.co.id/news/bisa-melawan-kanker-ini-manfaat-penting-buah-manggis
  8. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/919/khasiat-buah-manggis-untuk-kesehatan
  9. https://hargorejo-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2023/7/21/memetik-khasiat-buah-manggis-untuk-kesehatan
  10. https://bnp.jambiprov.go.id/12-manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan/
  11. https://www.kompas.com/food/read/2022/01/05/171147875/10-manfaat-makan-manggis-bisa-turunkan-berat-badan
  12. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-manggis/
  13. https://health.grid.id/read/353918943/mulai-dari-menurunkan-berat-badan-hingga-menjaga-kesehatan-mental-inilah-manfaat-kulit-manggis-untuk-wanita?page=all
  14. https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/manfaat-manggis-bagi-kecantikan-kulit
  15. https://diricare.com/artikel/manfaat-buah-manggis
  16. https://fahum.umsu.ac.id/blog/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan/
  17. https://iainbukittinggi.ac.id/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan-tubuh/
  18. https://radarmagelang.jawapos.com/khazanah/684390309/ini-10-manfaat-buah-manggis-bagi-kesehatan-sehat-tak-perlu-obat?page=2
  19. https://bnp.jambiprov.go.id/13-manfaat-kulit-manggis-untuk-kesehatan-dalam-menjaga-keseimbangan-tubuh/
  20. https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-manfaat-kulit-manggis-dan-cara-mengonsumsinya
  21. https://www.alodokter.com/klaim-manfaat-kulit-manggis-dan-kebenarannya
  22. https://kumparan.com/ragam-info/6-manfaat-kulit-manggis-bagi-kesehatan-dan-cara-mengonsumsinya-20cksB8vIBh
  23. https://www.halodoc.com/artikel/apa-saja-manfaat-mengonsumsi-buah-manggis
  24. https://fimela.com/lifestyle/read/5251981/cara-mengolah-kulit-manggis-jadi-makanan-dan-minuman-yang-menyehatkan
  25. http://repository.uki.ac.id/6511/1/MANFAATDANBIOAKTIVITASDARIMANGGIS.pdf
  26. https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/wsnf/article/download/60/58/187
  27. https://www.gramedia.com/best-seller/kandungan-gizi-buah-manggis/

Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.

Related Articles

Back to top button