Gereja Katolik tertua di dunia

Gereja Katolik tertua di dunia merupakan sebuah peninggalan sejarah yang membawa kita pada perjalanan luar biasa mengenang zaman-zaman yang telah berlalu. Sejak zaman kuno, gereja-gereja ini menjadi saksi bisu dari perubahan zaman, perjalanan spiritual, dan perjalanan iman, hingga menjadi warisan budaya yang tak ternilai.

Beberapa diantaranya bahkan memiliki sejarah yang panjang yang terjalin dengan perjalanan peradaban manusia di dunia, termasuk diantaranya perkembangan Gereja di negara-negara Muslim. Bukti nyata perkembangan Gereja yang berdiri kokoh dan megah di negara bagian Asia Tenggara, di Indonesia yang mayoritas penduduk Muslim terdapat Gereja Katolik pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan sejarah pembangunan yang panjang hingga sekarang kita bisa melihat bangunan Katolik yang megah dan menjadi ikonik cagar budaya Kristiani yang terkenal.

Bukti nyata lainnya bahwa agama-agama yang berbeda dapat hidup berdampingan dan berbagi warisan sejarah yang kaya juga terdapat di belahan dunia lainnya. Dalam artikel ini Cerita berkat akan mengajak Anda untuk mengetahui Beberapa gereja Katolik tertua di dunia dengan bangunan megahnya berdiri di lingkungan mayoritas Muslim.

9 Gereja Katolik Tertua di Dunia

Meskipun dapat di katakan Gereja tertua, namun bangunan tersebut masih berdiri kokoh dan megah di beberapa negara, bahkan di beberapa negara melakukan renovasi pada arsitektur bangunan Gereja yang saat ini telah menjadi destinasi wisata religi  bersejarah dengan warisan budaya Kristiani.

Lebih lanjut, berikut saya rangkumkan 9 Gereja tertua di dunia yang masih berdiri kokoh dan sangat direkomendasikan untuk kita kunjungi.

Hagia Sophia

Yang pertama adalah bangunan yang diberi nama dengan Hagia Sophia, Gereja ini berlokasi di Istambul, Turki.

gereja Hagia Sophia
Hagia Sophia

Meskipun awalnya dibangun sebagai Gereja Kristen pada tahun 532 hingga 537 M, Hagia Sophia kemudian diubah menjadi Masjid setelah penaklukan Konstantinopel oleh Utsmaniyah pada tahun 1453. Hal ini yang menyebabkan Hagia Sophia sangat populer dan melekat bagi ketiga agama di Turki.

Namun setelah sekian lama, pada tahun 1935, Mustafa Kemal Atatürk mengubahnya menjadi museum. Baru-baru ini, pada tahun 2020, Hagia Sophia kembali diubah menjadi Masjid atau rumah ibadah oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Ini adalah contoh unik dari perubahan peran dan identitas Gereja sepanjang sejarah.

Etchmiadzin Cathedral

Selanjutnya Gereja Etchmiadzin Cathedral merupakan Gereja Katedral untuk umat Protestan. Gereja ini hingga saat saya membuat tulisan ini masih merupakan sebuah tempat ibadah yang aktif. Gereja yang berlokasi di Vagharshapat, Armenia merupakan Katedral pertama yang di bangun pertama kali pada tahun 301 M oleh St. Gregory the Illuminator.

Namun bangunan tersebut di kabarkan bukanlah bangunan asli dari arsitektur Etchmiadzin Cathedral, maka pada tahun 483 M kembali dibangun menjadi Gereja yang sekarang ini masuk dalam situs peninggalan dunia yang di lindungi oleh UNESCO. 

Basilica of San Lorenzo

Di urutan ke tiga ada sebuah bangunan Gereja bersejarah ditengah kota Italia, Basilica of San Lorenzo adalah sebuah Gereja yang terletak di pusat sejarah Florence, Italia. Di dirikan pada abad ke 4 oleh Santo Ambrosius dan Uskup Milan. Kemudian, Gereja ini di renovasi dan dibangun kembali oleh arsitek terkenal pada masanya Renaissance yaitu Filippo Brunelleschi pada abat ke 15. 

Berkunjung ke Gereja yang terkenal sebagai pusat sejarah di Italia, dengan arsitektur yang megah dan kokoh, didalam bangunan juga terdapat koleksi seni yang kaya seperti, makam anggota keluarga Medici yang merupakan seorang bankir dan politikus terkenal pada abad ke 16. Selain itu juga terdapat perpustakaan yang menyediakan berbagai buku langka dan kitab yang berharga. Sehingga pengunjung dapat mengagumi keindahan di setiap sisi ruangan dan hasil karya seni yang ada.

Cathedral of Trier

Berkunjung ke Negara Jerman jangan lupa untuk menikmati destinasi wisata religi dari Gereja bersejarah di Jerman. Cathedral of Trier berlokasi di Trier, Jerman saat ini menjadi Gereja tertua di dunia, dibangun pada tahun 340 M menjadi pusat agama dan budaya di wilayah tersebut, hingga saat ini bangunan Gereja masih aktif sebagai tempat ibadah umat Kristen Katolik.

Masuk dalam Gereja Katolik tertua di dunia, Cathedral of Trier memiliki banyak hal yang menarik dari arsitektur bangunannya yang megah, dan didalam Gereja memiliki beberapa artefak berupa bentuk pakaian Yesus Kristus yang belum dijahit. Pakaian yang di pamerkan tersebut diduga merupakan pakaian yang digunakan Yesus Kristus sebelum menjalani penyaliban. 

Baca juga :  Candi Gambar Wetan, Candi yang Berada di Tengah Hutan

St. Peter’s Basilica

Salah satu Gereja tertua di dunia berikutnya adalah St. Peter’s Basilica yang berlokasi di negara Vatikan. Gereja tersebut dibangun sekitar tahun 326 M dan selesai pada 360 M. Dab menjadi Gereja Katolik terbesar di dunia hingga saat ini. 

Gereja yang dibangun di atas makam Santo Petrus yang merupakan Rasul besar dalam agama Kristen dan juga Katolik, menjadi salah satu tempat paling suci dalam agama Katolik. Meskipun berada di negara independen yang dikelilingi oleh Italia, Gereja ini menjadi tempat peribadatan dan kegiatan agama bagi umat Katolik hingga saat ini.

Church of the Nativity

Gereja Church of the Nativity merupakan salah satu Gereja paling menarik di kunjungi oleh setiap orang Kristen dan juga Katolik. Karena Gereja tersebut dibangun di atas tempat kelahiran Yesus Kristus yang berlokasi di Betlehem, Palestina. 

Di perkirakan pembangunan pada tahun 325 M hingga saat ini bangunan tersebut masih dalam tahap pembangunan untuk restorasi penyempurnaan. Namun begitu, Gereja Church of the Nativity masih tetap aktif menjadi tempat ibadah umat Kristen di dunia.

Sebagai salah satu tempat bersejarah sudah pasti Gereja ini di lindungi oleh UNESCO sebagai peninggalan dunia yang bernilai. Hingga saat sekarang Gereja ini menjadi destinasi wisata religi sembari mengenal perjuangan Yesus Kristus pada masa pengorbanannya.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk melihat langsung artefak tersebut, Anda akan memiliki kenangan masa lalu dalam perjalanan dan pengorbanan Yesus Kristus kepada umat manusia.

Mar Sarkas

Di urutan ke tujuh Gereja Katolik tertua di dunia adalah Mar Sarkas, sebuah Gereja di Lebanon yang memiliki sejarah yang sangat tua. Gereja ini menjadi salah satu bangunan Kristen dengan arsitektur indah Timur Tengah dan menjadi pusat agama bagi komunitas Kristen Maronit di Lebanon hingga saat ini.

Meskipun kita tahu persis, bahwa Lebanon merupakan negara dengan mayoritas Muslim, akan tetapi, dengan adanya Gereja ini yang merupakan salah satu warisan sejarah yang penting bagi Kristen di sana. Ini membuktikan bahwa toleransi antar agama yang sangat kuat tidak hanya di negara kita Indonesia, namun toleransi ini menyeluruh hingga dunia antar umat beragama.

Aqaba Church

Di negara Yordania, kita akan menemukan Aqaba Church, sebuah Gereja Katolik yang terletak di Aqaba, sebuah kota pelabuhan di Laut Merah.

Apakah Anda tahu bahwa negara Yordania merupakan negara dengan mayoritas berpenduduk Muslim. Meskipun begitu, Gereja ini adalah salah satu tempat peribadatan bagi umat Katolik di daerah tersebut. Itu adalah contoh lain dari harmoni antara agama-agama yang berbeda.

Megiddo Church

Yang terakhir sebagai Gereja Katolik tertua di dunia adalah Megiddo Church terletak di Israel, dekat dengan situs arkeologi Megiddo yang terkenal.

Gereja ini adalah contoh lain dari Gereja Katolik yang bertahan di tengah lingkungan yang beragam secara agama. Ini adalah bukti bahwa warisan sejarah Gereja-Gereja ini adalah milik semua orang.

Sebagian besar Gereja-gereja telah kita bahas telah mengalami perubahan peran dan identitas sepanjang sejarah mereka, mencerminkan perubahan politik dan sosial di lingkungan sekitarnya, hingga menjadi cagar budaya terkenal di dunia.

FAQ

1. Dimana Gereja Katolik Terbesar di dunia?

Jawab : terdapat Gereja Katolik terbesar di dunia adalah Basilika St. Petrus (St. Peter’s Basilica) yang terletak di Kota Vatikan.

2. Siapa Pemimpin Gereja Katolik di dunia?

Jawab : Paus Fransiskus, lahir sebagai Jorge Mario Bergoglio di Argentina pada tahun 1936, adalah pemimpin spiritual Gereja Katolik yang diakui secara global. Dia menjadi Paus pada tahun 2013 setelah terpilih sebagai Paus ke-266 dalam sejarah Gereja Katolik.

3. Bagaimana Gereja-gereja ini dapat bertahan di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim?

Jawab : Gereja-gereja ini telah mengambil berbagai bentuk dan peran sepanjang sejarah mereka, dan sebagian besar telah diterima oleh masyarakat setempat sebagai bagian dari warisan sejarah yang kaya.

Melalui perjalanan singkat mengenal Gereja tertua di dunia yang dibangun dengan arsitektur megah ditengah-tengah mayoritas penduduk Muslim, ini menggambarkan sebuah harapan yang tinggi akan perdamaian dan harmoni antara agama-agama yang berbeda.

Mengagumi keindahan dan keajaiban Gereja-gereja ini, kita diingatkan akan pentingnya menjaga warisan sejarah untuk generasi mendatang, sehingga mereka juga dapat merenungkan perjalanan setiap manusia dari masa ke masa.

Semoga bermanfaat.

By Cerita Berkat

Menggali potensi diri dan mengejar kesuksesan dengan mempraktikkan manfaat kebaikan dan menerapkan motto kehidupan inspiratif.